Skip to main content

10 Cara Memilih Printer Yang Bagus dan Awet

10 Cara Memilih Printer Yang Bagus dan Awet

10 Cara Memilih Printer Yang Bagus dan Awet - Kebutuhan mesin pencetak berupa printer saat ini menjadi hal yang lumrah, bahkan produsen printer saat ini mampu untuk melihat pangsa pasar dimana printer tidak lagi hanya sebatas alat untuk mencetak, melainkan alat untuk bisa melakukan pemindaian data dan sebagai mesin fotokopi.

Pada artikel ini saya akan mencoba memaparkan tentang 10 cara memilih printer yang bagus dan awet, untuk sobat yang memiliki keilmuan akan teknologi pencetakan berupa printer, mungkin tidak akan terasa bingung apabila diharuskan untuk memilih jenis dan merk apa printer yang harus dibeli. Namun bagi masyarakat umum printer masih di ibaratkan barang yang sama dan memiliki fungsi yang sederhana, sementara produsen telah menciptakan berbagai jenis dan juga merk yang cukup beragam.

Dari penjelasan di atas saya sebagai penulis sedikit memberikan pengalaman kepada sobat semua, untuk sekiranya dari beberapa jenis dan merk printer yang ada. Bisa memilih barang yang bagus dan awet.

Saat ini jenis printer yang digunakan sudah memiliki banyak fitur pelengkap, berikut ini adalah beberapa fitur yang bisa di dapatkan dalam suatu printer:

  • Fitur mencetak foto berwarna hingga ukuran besar.
  • Mencetak dengan cepat (pada laser jet printer).
  • Fungsi melakukan pemindaian atau scanning dokumen.
  • Printer wireless.
  • Printer portable.
  • Mini Printer (untuk ukuran kertas kurang dari A4).


Baca juga artikel tentang :


10 Cara Memilih Printer Yang Bagus dan Awet

Kita sebagai konsumen hendaknya memiliki kejelian dan ketelitian untuk dari memperhatikan spesifikasi dari produk printer yang ditawarkan oleh toko.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih printer :

1. Membeli printer dengan latar belakang kebutuhan

Sebelum hendak membeli printer, pastikan sobat memiliki tujuan untuk apa. Jika hanya untuk pencetakan dokumen dari aplikasi office dan jumlah dokumen yang tidak terlalu banyak, maka pilihan printer jenis inkjet, deskjet yang dibekali catridge yang bisa menjadi pilihan terbaik.

2. Membeli printer dengan merk yang sudah terkenal

Yang saya maksud disini adalah sobat harus memperhatikan merk yang sudah dikenal seperti canon, epson, brother, epson, fuji xeroc. Bila terdapat merk lain cari tahu sebelumnya tentang keunggulan dan kekurangan yang bisa menjadi pertimbangan sobat untuk membelinya.

3. Membeli printer yang masih baru

Setiap barang elektronik pati akan memiliki penurunan kinerja setelah lama digunakan, begitu juga dengan printer hindari untuk membeli bekas karena sobat tidak akan dirugikan manakala printer tersebut sudah memiliki jam kerja tinggi, dan kemudian rentan terhadap kerusakan.

4. Membeli printer yang banyak digunakan orang lain

Berkomunikasi dengan orang yang sudah pernah membeli merk printer tertentu, atau mencari tau dari forum, group tentang jenis perinter yang banyak digunakan orang lain sebagai pertimbangan untuk membeli. Sehingga sobat memiliki informasi dan tempat bertanya apabila terjadi sesuatu terhadap printer yang sobat miliki.

5. Membeli printer dengan menyimak feedback dari orang lain

Poin ini sebenarnya masih terkait dengan nomor 4 di atas, lakukan riset terhadap merk printer yang akan sobat beli, tinjau komentar-komentar negatif yang muncul dari merk perinter yang hendak sobat beli.

6. Membeli printer dengan kualitas cetak yang bagus

Dalam memilih printer, anda juga harus menentukan kualitas percetakan. Di pasar printer, kini telah banyak beredar printer printer yang memiliki kualitas biasa hingga kualitas photo, biasanya untuk printer kualitas bagus memiliki seri seri “Photo / image” seperti Epson Stylus Photo R2000.

Perbedaan keduanya terletak saat mencetak dokumen atau gambar, bila pada printer seri photo hasil cetakannya lebih bagus, terkesan seperti kerapatan pixel yang sangat kecil dan tidak tampak. Sedangkan pada printer biasa, akan terasa pixel pecah yang mencolok ketika mencetak gambar yang sangat besar. Umumnya bila anda tidak membutuhkan printer seri photo, sebaiknya gunakan printer model biasa agar menghemat budget. Bila anda masih penasaran dengan produk printer seri photo dan biasa, silahkan kunjungi

7. Membeli printer dengan kecepatan cetak yang tinggi

Pernahkah anda menemui pelayanan percetakan? Bisnis digital printing ini sangat membutuhkan sekali kecepatan tinggi dalam mencetak, bahkan rata rata dibutuhkan percetakan dengan kecepatan yang lebih dari 50 halaman per menit-nya. Salah satu printer yang sering digunakan seperti printer multifungsi HP PageWide Enterprise, dengan kecepatan rata rata hingga 70 halaman permenit.

8. Membeli printer dengan ketahanan terhadap usia

Sebagai konsumen, anda juga tidak perlu malu untuk menanyakan kisaran usia tahan lamanya printer yang akan anda beli. Dikarenakan ada beberapa printer yang memang cepat rusak, kerusakan biasanya terletak pada cartridge yang tidak tahan lama dan harganya cartridge lebih mahal dari printer itu sendiri.

Lebih baik, konsultasilah terlebih dahulu kepada customer service atau penjual yang berpengalaman terhadap feedback dari penjualannya.

9. Membeli printer dari toko yang tidak jauh dari kita

Sepertinya setiap membeli produk lebih baik bila sobat mencari tempat atau penjual yang dekat dengan tempat tinggal, dengan tujuan agar sobat dapat mudah untuk berkomunikasi apabila terdapat kendala apapun.

10. Membeli printer yang mudah dalam purnajual atau service.

Sales atau seorang yang melayani pembelian anda, seharusnya anda harus berhati hati pada sales yang menjual barang saja dan tidak menerima berbagai komplain semenjak barang diterima. Bagi anda yang ingin membeli printer, sebaiknya kenali toko terlebih dahulu dan lihat penawaran lebih yang diberikan kepada anda

Demikian artikel ini saya buat tentang 10 Cara Memilih Printer Yang Bagus dan Awet, semoga dapat bermanfaat untuk sobat semua.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar