Skip to main content

Membeli Tang Crimping Yang Bagus dan Awet

Membeli Tang Crimping (crimping tools) Yang Bagus


Membeli Tang crimping (crimping tools) Yang Bagus - Artikel kali ini saya tulis dari pengalaman sendiri saat mengerjakan pekerjaan jaringan, yang pada saat itu tidak ada tang crimping lain yang dapat digunakan, dengan terpaksa berkorban menghabiskan banyak konektor untuk menyelesaikan pekerjaan saya. Membeli Tang Crimping Yang Bagus adalah suatu hal yang mutlak bagi seorang teknisi jaringan.

Sehingga dari peritiwa tersebut kali ini saya akan menuliskan beberapa hal terkait dengan tang crimping, terlebih bagaimana kita memilih dan membeli Tang Crimping yang bagus. Kalo harus jujur sih kata orang beli tang crimping cari aja yang harganya mahal. 

Tapi tidak begitu juga menurut saya, karena saat ini banyak sekali jenis dan merk tang crimping yang ada di pasaran, bisa-bisa malah kebingungan untuk memilih tang crimping mana yang memiliki kualitas terbaik.

Fungsi Tang  Crimping

Bagi sobat yang bekerja di bidang IT atau dunia komputer dan jaringan, benda yang satu ini tidak akan pernah terlupakan, namun perlu saya jelaskan kembali bagi sobat yang memang belum mengetahui fungsi dari tang crimping.

Tang crimping (Crimping Tools) berfungsi untuk memotong, mengupas, dan menjepit kabel ke konektor jenis Rj11 maupun Rj45.

Tang crimping ternyata memiliki fungsi lebih dari satu, selain memotong kabel, mengupas kabel juga menjepit kabel jenis UTP (Unsielded Twisted Pair) maupun STP (Sielded Twisted Pair). Jadi alat ini cukup lengkap, sehingga bagi seorang teknisi jaringan atau yang biasa bekerja pada bidang jaringan, merupakan alat yang wajib untuk dimiliki.

Jenis-jenis Tang Crimping

Tang crimping yang ada di pasaran terbagi menjadi 2 jenis :
1. Tang Crimping 3 in 1 (Tiga fungsi dalam satu alat) 
Jenis Tang Crimping yang memiliki 3 fungsi dalam satu alat yaitu memotong, mengupas, dan menjepit yang paling banyak digemari oleh konsumen. Karena dengan harga yang sudah terjangkau sudah bisa melakukan 3 fungsi tadi.

Tang Crimping
Tang Crimping 3 in 1


2. Tang Crimping 2 in 1 (Dua fungsi dalam satu alat)
Jenis Tang Crimping yang memiliki 2 fungsi ini memang hargnya jauh lebih mahal bila dibandingkan dengan yang jenis 3 in 1 dikarnakan biasanya dikeluarkan oleh produsen ternama. Tang crimping 2 in 1 hanya untuk mengupas dan menjepit saja.

Tang Crimping
Tang Crimping 2 in 1


Nah yang menjadi pertanyaan saat ini adalah.

Jenis Tang Crimping Terbaik seperti apa ?


Ciri-ciri Tang Crimping Yang Bagus

Terdapat hal yang harus sobat perhatikan ketika hendak memilih dan kemudian membeli Tang Crimping.
  • Pilih jenis Tang Crimping 2 in 1 saja : kenapa demikian karena tentunya produsen yang membuat akan lebih focus tehadap kehandalan Tang Crimping dalam mengupas dan terlebih pada proses menjepit.
  • Perhatikan lubang penjepit pada tang crimping : lubang di tang crimping perlu sobat perhatikan baik dari bagian male maupun female dari tang tersebut, kualitas tang crimping yang baik akan terlihat tidak terdapat rongga atau terlihat goyang, sehingga pada proses menjepit konektor akan betul-betul di pres dengan baik.
  • Lihat harga dari Tang Crimping : kalo berbicara harga memang variatif, namun sedikit saya kasih bocoran bahwa kualitas tang crimping yang baik tidak kurang dari 100k, itu merupakan pengalaman saya saja, tentunya sobat semua yang akan menentukan dengan budget keuangan yang dimiliki.
  • Lihat merk yang terkenal : untuk masalah merk sobat bisa saja tidak mengetahuinya, dan disini saya kasih bocoran juga misal merk (Talon, Krisbow, TrendNet), namun kembali sobat yang akan menentukan.


Demikian artikel tentang Membeli Tang Crimping (Crimping Tools) Yang Bagus, semoga bisa bermanfaat bagi sobat semua.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar