Skip to main content

Pengertian VoIP : Manfaat dan Cara Kerja Bagi Pemula


Pengertian VoIP : Manfaat dan Cara Kerja Bagi Pemula - Selamat datang sobat semua di buatkuingat.com, sebuah website yang memberikan informasi dan tutorial teknologi komputer dan jaringan. 

Saat ini saya sedang mencoba untuk mempelajari sekaligus share kepada sobat semua tentang sebuah artikel VoIP yang mungkin sebelumnya sudah banyak artikel lain dibuat. Namun disini tidak ada salahnya saya mencoba untuk menuangkan kembali dengan tulisan saya sendiri.

Oke sobat semua kita akan mulai dari hal paling mendasar.

Pengertian VoIP

Apa yang dimaksud dengan VoIP ?

VoIP (Voice Over Internet Protocol) adalah teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media jaringan baik intranet maupun internet.

Data suara diubah menjadi kode digital dan dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan paket-paket data, dan tidak melalui sirkuit analog seperti telepon biasa. Dalam bahasa yang sederhana VoIP adalah teknik untuk melakukan telekomunikasi pada jaringan intranet ataupun internet.

Baca juga artikel :

Teknologi voip

Teknologi yang dikembangkan memungkinkan untuk membangun sentral telepon sendiri hingga pesawat teleponnya. Teknologi VoIP menjadi dasar dari Next Generation Network (NGN) maupun jaringan seluler 4G yang digunakan oleh operator telekomunikasi. Teknik VoIP diadopsi oleh Amatir Radio untuk menggunakan internet sebagai relay jarak jauh yang dikenal dengan sebagai eQSO

Dalam komunikasi VoIP, pemakai melakukan hubungan telepon melalui terminal yang berupa PC, dengan menggunakan aplikasi untuk melakukan telepon.

Voice Over Internet Protocol (VoIP) juga dikenal dengan sebutan IP telepon, diartikan sebagai sebuah sistem yang menggunakan jaringan internet untuk mengirim data paket suara dari suatu tempat ke tempat lain, menggunakan perantara protokol IP (Internet Protokol). Dengan kata lain bahwa teknologi ini mampu melewatkan lalu lintas suara yang berbentuk paket melalui jaringan lokal maupun global yang berbasis paket-switch network.

Protokol penunjang VoIP diantaranya :
1. TCP/IP (Tansfer Control Protocol / Internet Protocol)
TCP/IP merupakan sebuah protocol yang digunakan pada jaringan internet. Standarisasi diperlukan agar antar komputer terjadi kesepakatan tentang tata cara pengiriman dan penerimaan data sehingga dapat dikirim dan diterima dengan benar.

2. SIP (Session Initiation Protocol)
SIP adalah suatu protokol signalling pada layar aplikasi yang berfungsi untuk membangun, memodifikasi, dan mengakhiri suatu sesi multimedia yang melibatkan satu atau beberapa pengguna. Sementara Sesi multimedia adalah pertukaran data antar pengguna yang bisa meliputi suara, video dan teks.

3. H.323
VoIP dapat berkomunikasi dengan sistem lain yang beroperasi pada jaringan packet switch. Agar bisa berkomunikasi, dibutuhkan suatu standarisasi sistem komunikasi yang kompetible satu sama lain. Salah satu standar komunikasi pada VoIP menurut ITU-T adalah H.323. Standar H.323 terdiri dari komponen protokol dan prosedur yang menyediakan komunikasi multimedia melalui jaringan berbasis paket. Contohnya adalah Internet PAcket Exchange (IPX)

Protocol H.323
Protocol H.323

Aplikasi voip

Untuk menjalankan VoIP sobat harus memerlukan aplikasi tertentu. Berikut adalah aplikasi VoIP yang dapat digunakan :
a. Skype
Saat ini aplikasi VoIP yang banyak digunakan masyarakat salah satunya adalah Skype, Skype adalah software aplikasi komunikasi suara berbasis IP melalui internet antara sesama pengguna Skype. Skype menggunakan protocol HTTP (Hyper Teks Transfer Protokol) untuk saling berkomunikasi.

b. Netmeeting
NetMeeting adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Microsoft, yang merupakan salah satu aplikasi pendukung VoIP dan juga Video Confrence. Aplikasi ini menggunakan protocol H.323 untuk video dan audio confrence. Netmeeting memerlukan registrasi berupa Username dan Password agar dapat saling berkomunikasi.

c. Xite
X-lite adalah sebuah aplikasi open source pendukung VoIP yang menggunakan teknologi SIP (Session Initiation Protocol). X-Lite versi 3 kini sudah memiliki fitur suara dan video sehingga lebih kaya fitur dan bila sobat ingin menggunakan aplikasi VoIP, X-lite inilah yang lebih sederhana dan tidak berbayar.


Kelebihan dan Kelemahan Menggunakan voip

Setiap apapun aplikasi tentu terdapat kelebihan dan kekurangan, terkait VoIP di bawah ini akan saya jelaskan :
a. Kelebihan VoIP
  • Biaya lebih rendah untuk sambungan jarak jauh
  • Memanfaatkan infrastruktur jaringan data yang sudah dilengkapi suara dan video
  • Menggunakan bandwidth yang lebih kecil bila dibanding dengan telepon
  • Memungkinkan untuk di sandingkan dengan telepon
  • Bisa menjadi jaringan yang cukup besar.

b. Kekurangan VoIP
  • Terkadang kualitas suara tidak sejernih PSTN (Telepon)
  • Terdapat sedikit jeda atau delay dalam berkomunikasi
  • Regulasi pemerintah adanya pembatasan pengguna VoIP untuk dihubungkan dengan telepon
  • Peralatan relatif mahal

Cara Kerja VoIP

Cara kerja VOIP
Cara kerja VOIP


Cara kerja dari gambar di atas adalah sebagai berikut :
  1. Komputer klien-1 melakukan dial ke komputer klien-2 dengan memanfaatkan layanan yang diberikan oleh server IPBX
  2. Komputer klien-2 menerima panggilan dari komputr klien-1
  3. Mikrofon klien-1 menangkap gelombang suara dari user 1 (pengirim)
  4. Gelombang suara tersebut dibuah menjadi paket data dgital
  5. Kemudian dikirim ke server IPBX melalui hub
  6. Setelah itu diteruskan oleh IPBX ke klien-2 melalui Hub
  7. Paket data digital tersebut akan diubah menjadi data analog, sehingga akan menjadi gelombang suara yang akan dikeluarkan melalui speaker di klien-2

Baca juga artikel :

Demikian artikel singkat tentang Voice Over Internet Protokol (VoIP), nantikan artikel lain yang masih berkaitan dengan teknologi VoIP, semoga dapat bermanfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar