Skip to main content

Cara Memasukan Users dan Teacher ke Course (Enrolled Users) Pada Moodle

Cara Memasukan Users dan Teacher ke Course (Enrolled Users) Pada Moodle

Kembali bersama saya di www.buatkuingat.com, sebuah website yang saya buat untuk mendokumentasikan berbagai tutorial tentang dunia komputer kepada sobat semua, agar dapat bermanfaat.

Pada artikel sebelumnya telah saya tulis tentang moodle, dari mulai Pengenalan Moodle hingga implementasi aplikasi moodle untuk e-leaning di lembaga pendidikan seperti sekolah atau perguruan tinggi.

Kali ini saya akan melanjutkan pembahasan masih tentang penggunaan moodle untuk e-learning. Sementara pada artikel yang lalu saya menuliskan Cara Mudah Membuat Category dan Course.

Apa itu Category dan Course ?. 

Sedikit saya mengulang bahwa Categori itu seperti Kelas atau Jurusan, sementara Course adalah Mata Pelajaran, di Category bisa kita buat untuk Sub-Category sedangkan di Course tidak dia hanya berdiri sendiri. Pembuatannya identik seperti membuat folder di windows explorer.

Nah...pada artikel ini saya akan menjelaskan Cara Menambah User dan Teacher pada Moodle atau dikenal dengan istilah Enrolled Users.

Baca juga artikel tentang :

Bagaimana Cara Enrolled Users ke Course ?

Enrolled users adalah proses memasukan user atau siswa ke dalam mata pelajaran atau course, sebuah course dapat diakses dan berlangsung aktivitas di dalamnya apabila terdapat siswa dan guru.

Mari kita lihat langkah-langkah untuk melakukan Enrolled Users di bawah ini :

(Ke-1) - Masuklah ke halaman administrator Site Administration kemudian Course dan klik Manage Course and Categories
Manage course and categories
Manage course and categories

(Ke-2) - Silahkan klik Category Akuntansi lalu Kelas X AK1, akan sobat lihat Course untuk Pendidikan Agama Islam di samping sebelah kanan lalu di klik.
Managed Category and Course
Managed Category and Course

(Ke-3) - Scroll ke atas lihat di bagian bawah, akan muncul kotak dari Course Pendidikan Agama Islam, silahkan di klik menu Enrolled Users
Enrolled users
Enrolled users

(Ke-4) - Sobat akan masuk ke halaman Participan, disini kita bisa melihat siapa saja yang memiliki akses ke Course Pendidikan Agama Islam, sobat bisa filter berdasarkan alfabet A sampai Z. Oke..klik tombol Enrol Users
Halaman Participants
Halaman Participants

(Ke-5) - Kita Enrol untuk student Klik Combo Box Select User, akan keluar sendiri users yang telah kita buat pada artikel sebelumnya tentang Cara Mudah Menambah User Baru Moodle. Klik beberapa user yang dimaksud kemudian klik Enrol users
Enrolment options user
Enrolment options user

(Ke-6) - Berikut adalah beberapa user atau siswa yang telah kita Enrol ke Course Pedidikan Agama Islam, dan terlihat cakep dan cantik yah dengan penampilan fotonya. Karena pada artikel sebelumnya telah saya bahasa Cara Upload Foto Masal ke Moodle.
user sudah enroll masuk ke course
User sudah enroll masuk ke course

(Ke-7) - Enrol juga untuk Teacher, lakukan hal yang sama pada langkah ke-6.
Enrolment option teacher
Enrolment option teacher

teacher sudah enroll ke course
Teacher sudah enroll ke course

Selesai sudah cara Enrolled Users ke Course atau menambahkan Siswa dan Guru ke dalam Mata Pelajaran 'Pendidikan Agama Islam'. Sobat bisa buat kembali Course atau mata pelajaran yang lain yah... kemudian jangan lupa lakukan Enrolled Users seperti itu.

Baca juga artikel tentang :

Demikian artikel ini saya buat tentang Cara Memasukan Users dan Teacher Ke Course (Enrolled Users) Pada Moodle. Semoga bisa bermanfaat untuk sobat semua.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar