Skip to main content

Cara Membuat User Masal di Moodle Dengan Format File CSV

Cara Membuat User Masal di Moodle Dengan Format File CSV

Apa cara upload banyak user di moodle ?

Pada artikel sebelumnya telah saya bahas Cara mudah untuk menambah user baru moodle melalui halaman back-end, penambahan user moodle dapat dilakukan dengan cara satu persatu atau cara masal.

Dua cara tersebut dapat sobat pilih, tergantung pada kasus yang dihadapi, apabila user yang akan dibuat jumlahnya sedikit, mungkin secara manual merupakan solusi yang tepat.

Tetapi berbeda halnya apabila sobat harus menambah user moodle dalam jumlah banyak, tentunya sangat perepotkan dan membuang banyak waktu.

Baca juga artikel tentang :

Bagaimana cara upload user banyak di moodle ?

Pada artikel ini saya akan memberikan cara membuat user masal di moodle dengan format csv. Format csv adalah format yang bisa sobat buat dengan aplikasi microsoft excel. Oke kita langsung saja ke TKP supaya tidak bingung.

Perhatikan tahapan-tahapan di bawah ini :
(Ke-1) Field atau judul kolom yang harus di buat diantarnya username, password, firstname, lastname, email (lihat tampilan gambar excel di bawah ini)
format file csv
Format file csv

Pada tampilan gambar di atas, saya kasih tanda panah yang artinya bagian lastname  isinya diberikan sebuah identitas kelas, hal ini untuk memudahkan untuk menambahkan user/siswa/mahasiswa ke dalam komuitasnya/mata pelajarannya.

(Ke-2) Simpan file excel ke dalam format .CSV, bila ada tampilan kotak dialog klik saja No kemudian Cancel
simpan file csv
Simpan file csv
keep using format csv
Keep using format csv

(Ke-3) Masuk ke halaman dashboard moodle, klik menu Site Administration lihat di bagian kanan Klik Tab User lalu Upload User
menu upload users
Menu upload users

(Ke-4) Klik tombol Choose file, cari lokasi file .CSV yang sobat tadi simpan. Kemudian pilih CSV Delimiter dengan karakter "," (koma) untuk sebagian bisa juga gunakan ";" (titik koma). Jika sudah klik tombol Upload users maka sobat semua sudah bisa menambahkan user baru moodle secara masal.
upload user baru moodle
Upload user baru moodle
lanjutan proses upload user baru moodle
Lanjutan proses upload user baru moodle

(Ke-5) Akan ditampilkan hasil upload file .CSV, seperti pada gambar di bawah ini. Periksa kembali data user yang di tampilkan, bila sudah benar klik tombol Upload User pada bagian bawah, lanjutkan dengan klik Continue.
Tampilan user yang akan di upload
Tampilan user yang akan di upload

preview user baru
Tampilan Akhir user baru

Lihat pada bagian User created untuk jumlah user yang dibuat, dikurangi dengan judul kolom, apabila sesuai maka user yang akan di buat aman.

Baca juga artikel tentang :

Demikian cara membuat user baru masal di moodle dengan format file CVS, kemudian akan saya jelaskan cara memberikan hak akses user terhadap materi/mata pelajaran/mata kuliah yang diikutinya. Semoga bermanfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar