--> Skip to main content

Mengenal Kabel Jaringan Jenis Straight dan Cross

 

Mengenal Kabel Jaringan Jenis Straight dan Cross
Mengenal Kabel Jaringan Jenis Straight dan Cross

Dalam dunia jaringan komputer, terdapat beberapa jenis kabel yang digunakan untuk menghubungkan antarperangkat.


Salah satunya adalah kabel straight dan kabel cross, yang menggunakan kabel UTP Cat5 atau Cat6. Pada artikel ini kita akan membahas secara detail mengenai apa itu kabel jaringan jenis cross dan straight serta perbedaannya.


Apa Itu Kabel UTP?


Sebelum memasuki pembahasan seputar kabel cross dan kabel straight, kita dapat mempelajari mengenai kabel UTP dan fungsi-fungsinya pada jaringan komputer.


Kabel UTP atau Unshielded Twisted Pair merupakan jenis kabel yang sangat populer dalam penggunaan jaringan komputer.


Kabel UTP terdiri dari beberapa pasangan kawat tembaga yang dililit dan diisolasi. Setiap pasangan kawat ini terdiri dari dua kawat yang saling melilit satu sama lain.


Fungsi Kabel UTP


Fungsi utama kabel UTP adalah untuk menghubungkan perangkat-perangkat dalam jaringan komputer. Beberapa fungsi utama kabel UTP adalah sebagai berikut:


Mengirimkan Data


Kabel UTP digunakan untuk mengirimkan data antara perangkat-perangkat dalam jaringan komputer. Data seperti file, pesan, gambar, dan video dapat dikirimkan melalui kabel UTP dari satu perangkat ke perangkat lainnya.


Membentuk Jaringan Lokal (LAN)


Kabel UTP digunakan untuk membentuk jaringan lokal (LAN) di dalam suatu gedung atau area tertentu.


Dengan menggunakan kabel UTP, perangkat-perangkat seperti komputer, printer, dan server dapat saling terhubung dalam jaringan dan berbagi sumber daya serta informasi.


Menghubungkan ke Internet


Kabel UTP juga digunakan untuk menghubungkan perangkat dalam jaringan lokal ke internet. Kabel UTP ini biasanya terhubung ke modem atau router yang kemudian terhubung ke jaringan internet yang lebih luas.


Mendukung Komunikasi Voice-over-IP (VoIP)


Kabel UTP juga dapat digunakan untuk mendukung komunikasi suara melalui protokol Voice-over-IP (VoIP).


Dalam implementasi VoIP, kabel UTP digunakan untuk menghubungkan telepon IP atau perangkat komunikasi suara lainnya ke jaringan data.


Menghubungkan Perangkat Jaringan


Kabel UTP juga digunakan untuk menghubungkan perangkat jaringan seperti switch, router, dan hub.


Kabel UTP ini memungkinkan transfer data antara perangkat-perangkat ini, memungkinkan jaringan komputer beroperasi secara efisien.


Ketahui juga cara memasang konektor RJ-45 pada kabel UTP dengan konfigurasi Straight dan memahami IP statis dan dinamis dalam jaringan komputer.


Susunan Kabel Straight

Mengenal Kabel Jaringan Jenis Straight dan Cross

Pada kabel jenis straight, terdapat dua susunan yang umum digunakan. Pertama adalah tipe T568A, dimana susunannya dimulai dari pin 1 warna oranye putih, oranye, putih hijau, biru, putih biru, hijau, putih coklat, dan coklat.


Trik untuk menghafal susunan ini adalah dengan mengingat empat warna utama, yaitu oranye, biru, hijau, dan coklat.


Pasangan untuk setiap warna tersebut ditambahkan dengan warna putih. Sebagai contoh, oranye diikuti oleh oranye putih, hijau diikuti oleh hijau putih, dan seterusnya.


Selanjutnya, terdapat susunan tipe T568B yang juga sering digunakan. Susunan ini mirip dengan tipe T568A, tetapi ada beberapa perbedaan.

Mengenal Kabel Jaringan Jenis Straight dan Cross

Pada susunan ini, pin 1 diawali dengan hijau putih, diikuti oleh hijau, oranye putih, biru, biru putih, oranye, coklat putih, dan coklat.


Baik pada kabel tipe T568A maupun T568B, posisi warna biru, biru putih, coklat putih, dan coklat tidak pernah berubah.


Jadi, yang berbeda dari kabel tipe T568A maupun T568B adalah urutan warna putih oranye, oranye, putih hijau, dan hijau.

Mengenal Kabel Jaringan Jenis Straight dan Cross

Jika sudah menghafal warna dasarnya, yaitu oranye, biru, hijau, dan coklat, maka menghafal susunan ini tidaklah terlalu sulit.


Susunan Kabel Cross


Pada kabel cross, terjadi perbedaan susunan antara sisi kanan dan sisi kiri kabel. Misalnya, jika kita menggunakan susunan T568A pada satu sisi kabel, maka sisi lainnya harus menggunakan susunan T568B, dan sebaliknya.

Mengenal Kabel Jaringan Jenis Straight dan Cross

Dengan kata lain, keduanya harus memiliki susunan yang berbeda. Contohnya, jika susunan kabel pada sisi kiri menggunakan tipe T568A, maka susunan pada sisi kanan harus menggunakan tipe T568B. Kabel cross ini memiliki fungsi khusus.


Itulah pembahasan mengenai kabel jaringan jenis straight dan cross yang banyak digunakan dalam jaringan komputer dan perlu kamu ketahui.


Terima kasih telah membaca artikel tentang jaringan komputer ini dan sampai jumpa di pembahasan pada artikel berikutnya.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar