Skip to main content

Cara Buat Flashdisk Bootable Windows 10 Profesional Dengan Rufus

Cara Buat Flashdisk Bootable Windows 10 Profesional Dengan Rufus


Pada artikel sebelumnya saya sudah pernah menuliskan tentang Cara membuat bootable USB untuk Windows 7 versi 32 bit dengan rufus, nah, pada artikel ini saya akan mencoba menjelaskan satu artikel tentang pembuatan flashdisk bootable untuk windows 10 profesioanal, karena terkait penginstalan pada laptop berjenis Bios UEFI.

Membuat bootable windows

Aplikasi Bootable windows

Dengan aplikasi yang sama yaitu Rufus, saya akan mencoba menjelaskannya dan pastikan sobat sudah memiliki file windows 10 profesional dalam bentuk .iso. Bila belum he.. silahkan untuk di cari atau mendownload terlebih dahulu, mohon maaf saat ini saya belum bisa sediakan link untuk download.
  • Baiklah pertama sobat download aplikasi Rufus di halaman resminya https://rufus.ie Hingga saat artikel ini dibuat rufus yang dapat dipergunakan adalah versi 3.6.0 , dengan kapasitas yang hanya 1.1 MB
  • Kemudian sobat sediakan 1 buat flashdisk dengan kapasitas 16 GB dan direkomendasikan untuk yang sudah support USB 3.
  • Bila sudah di install rufusnya silahkan untuk dibuka, jangan lupa hubungkan flashdisk ke PC atau laptop
Buat bootable dengan Rufus
Buat bootable dengan Rufus
  • Klik tombol Select kemudian klik file sistem operasi, pastikan arahkan ke flashdisk yang sudah terdetek di PC atau laptop sobat anda.
  • Untuk yang BIOS UEFI sobat bisa pilih UEFI pada bagian File System
  • Kemudian klik Start dan akan muncul kotak dialog Warning bahwa semua data yang ada di flashdisk akan di hapus.
  • Proses pembuatan flashdisk bootable ini kurang lebih 20 menit dan sobat bisa melihat progres bar yang berwarna hijau sebagai indikator keberhasilan.
  • Jika sudah klik tombol Close dan lepaskan flashdisk dari PC atau Laptop.
  • Untuk mengecek keberhasilan sobat bisa menghubungkan kembali ke PC atau laptop dan melihat apakah muncul drive baru dan bagi yang UEFI maka akan terdapat 2 partisi pada flashdisk.

Baca juga artikel tentang :

Sampai disini semoga artikel ini bisa membantu sobat semua untuk melakukan instalasi sistem operasi yang saat ini sudah tidak zamannya untuk menggunakan CD atau DVD installer. Tetapi jangan sampai dilupakan yah, karena mungkin suatu saat nanti masih sobat butuhkan CD/DVD Installer tersebut. Semoga bermanfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar