Memahami perbedaan teknologi USB pada Flashdisk



Universal Serial Bus (USB) adalah sebuah standar media pengiriman data dalam bentuk serial sebagai perangkat penghubung. USB dibuat dengan maksud untuk menghilangkah penambahan expansion card pada ISA atau PCI serta memiliki kemampuan plug and play (pasang dan mainkan), dengan mengijinkan perangkat di pasang atau di lepas tanpa harus melakukan reboot/restart. Selain itu USB juga memposisikan diri agar ketika di pasang, sistem akan secara otomatis mengenalnya tanpa harus menginstall driver.

USB dapat menghubungkan berbagai peralatan seperti mouse, keyboard, printer, scanner, camera digital, komponen network dan lain-lain. Saat ini USB telah menjadi sebuah standar yang mutlak bagi peralatan multimedia.

Beberapa versi USB yang sudah ada diantaranya :
  1. USB 1.1 (OHCI) Open Host Control Interface : Dirilis pada bulan januari 1996, memiliki kecepatan rendah, dengan kebutuhan tegangan listrik yang cukup tinggi yaitu 4,4 volt, menggunakan 4 pin konektor, jenis ini hanya mendukung sistem 32 bit dan kadang terjadi permasalah bila di paksa untuk di gunakan pada sistem 64 bit dan saat ini dipasaran sudah tidak beredar
  2. USB 2.0 (EHCI) Enhanced Host Control Interface : Dirilis pada bulan April 2000, memiliki kecepatan medium transfer, dengan kebutuhan tegangan listrik 4,4 volt, menggunakan 4 pin konektor, jenis ini telah support untuk sistem 32 maupun 64 bit, kondisi di pasaran saat ini masih banyak dan sering kita gunakan terutama pada perangkat flashdisk, orang sih lihat warnanya hitam itulah USB versi 2.
  3. USB 3.0 (XHCI) Extensible Host Control Interface : Dirilis pada bulan November 2008, kecepatan transfer pada posisi tinggi, dengan kebutuhan tegangan listrik yang rendah hanya 4v, menggunakan 8 pin konektor, memiliki keunggulan mendukung sistem operasi 32 dan 64 bit, kondisi di pasaran saat ini banyak dicari orang dan bahkan perangkat terbaru, sudah pasti menggunakan versi ini, kita bisa lihat secara fisik versi ini memiliki warna biru.
Sobat bisa lihat perbedaan USB versi 1 2 dan 3, pada tabel di bawah ini :

Dari beberapa versi USB di atas, intinya sobat tidak perlu khawatir bila masih menggunakan USB versi 2 misalnya, yang paling penting adalah bila sobat nanti memiliki perangkat dengan USB 3, jangan lupa untuk dihubungkan pada USB 3 di PC/Laptopnya, supaya mendapatkan kinerja yang baik. Sampai disini artikel tentang USB, semoga menjadi pengetahuan baru dan tentunya bermanfaat buat sobat semua.

Saya seorang penulis berusaha mengabadikan setiap pengalaman dan keahlian. Karena ilmu pengetahuan akan tetap abadi hingga manusia tidak bisa berdiri lagi dimuka bumi ini.

Pergunakan komentar yang bijak, saran yang baik dan kritikan yang membangun.
EmoticonEmoticon