--> Skip to main content

Cara Mudah Install Windows 7 versi 32 bit Untuk Pemula

Cara Mudah Install Windows 7 versi 32 bit Untuk Pemula

Tentang Windows 7

Windows 7 adalah sistem operasi versi windows yang terakhir menggunakan menu start yang menggantikan versi windows sebelumnya yaitu windows vista. Windows 7 dibuat untuk pabrikan pada tanggal 22 Juli 2009, yang dirilis untuk publik pada tanggal 22 Oktober 2009, selisih tiga tahun setelah windows vista

Windows 7 lebih focus pada pengembangan dasar windows, dengan tujuan lebih kompetibel terhadap aplikasi-aplikasi dan perangkat keras komputer windows vista sebelumnya. Beberapa aplikasi standar yang disertakan pada versi sebelumnya dari microsoft windows, seperti windows calendar, windows mail, windows movi maker, dan windows photo gallery tidak di sertakan lagi di windows 7.

Spesifikasi Minimum Hardware Windows 7

Untuk melakukan instalasi pada arsitektur 32 bit diperlukan processor dengan kecepatan 1 Ghz dengan RAM 1 GB serta kapasitas ruang penyimpanan harddisk sebesar 16 GB. Baiklah sobat semua saya jelaskan cara mudah install windows 7 versi 32 bit.


Baca juga artikel tentang :

Proses Installasi Windows 7

Masukan DVD installer windows 7 32 bit ke dalam DVD Rom
Setting BIOS untuk dapat booting melalui DVD Rom
Tampil kotak dialog untuk memilih bahasa, waktu dan format currency serta metode input keyboard.

proses installasi windows 7
Proses installasi windows 7

Tampilan berikutnya untuk memulai proses instalasi, klik Install Now


Berikutnya sobat harus memilih 2 arsitektur yang ada di kotak dialog
x86 adalah arsitektur yang hanya dapat membaca RAM hingga 4 GB
x64 adalah arsitektur yang dapat membaca RAM lebih dari 4 GB
Bila sudah dipilih Klik Next untuk melanjutkan


Selanjutnya tampilan lisensi windows 7, klik next 


Pemilihan type instalasi :
Upgrade adalah type instalasi untuk meningkatkan versi windows, tanpa instalasi baru
Custom  adalah melakukan instalasi baru
Untuk melakukan instalasi baru saya sarankan sobat pilih custom


Selanjutnya akan ditampilkan kondisi harddisk yang sobat miliki
Contoh yang saya miliki untuk kapasitas harddisk memiliki kapasitas 10GB


Selanjutnya mungkin sobat perlu membagi atau mempartisi harddisk, langkahnya adalah dengan memilih harddisk kemudian klik new, tentukan kapasitas untuk pembagiannya kemudian klik Apply.


Setelah di Apply tadi, akan tampil seperti gambar di bawah ini
Sobat bisa lihat di Disk Partition 2 telah memiliki kapasitas 7,9 GB, dan pastinya pada Disk Partition 3 adalah sisa dari pembagian.


Pilih Disk Partition 3 kemudian klik Apply


Silahkan sobat pilih Disk Partition 2 untuk melanjutkan proses instalasi, mengapa memilih Disk Partition 2, agar System yang di simpan nantinya berada pada Drive C: sementara Drive D: sebagai Data. Klik Next untuk melanjutkan.


Sementara tahapan ini sobat bisa rilek, untuk menunggu proses instalasi yaitu proses melakukan copy file sistem dari DVD Windows 7 ke dalam harddisk. Proses ini memerlukan waktu yang lumayan lama, itu semua tergantung dari seberapa Cepat Processor dan seberapa besar RAM yang sobat miliki. Jadi intinya bila ingin instalasi dengan cepat, maka sobat harus memilki Processor dengan kecepatan tinggi dan RAM yang besar.

  
Setelah proses instalasi selesai, maka tampilan berikutnya sobat harus mengisi username dan secara otomatis computer name adakan terisi. Bila sudah klik Next


Dilanjutkan dengan mengisi password (bila hendak tidak di password, boleh sobat kosongkan)


Selanjutnya permintaan dari type produk key windows, bila sobat tidak memilikinya, silahkan hilangkan tanda ceklik pada "Automatically active windows when I'm online" ini dilakukan agar sistem tidak otomatis melakukan activasi. Klik next untuk melanjutkan.


Kemudian tampil pemilihan jenis proteksi terhadap windows sobat semua, saya sarankan agar memilih "Use recommended settings".


Pilih zona waktu indonesia +7 Bangkok,Hanoy,Jakarta atur juga tanggal dan waktu untuk disesuaikan dengan kondisi sobat semua. Bila sudah klik Next


Tahapan berikutnya sobat diharuskan memilih jenis type jaringan sesuai lokasi dan kondisi, saya sarankan untuk memilih "Home Network" agar lebih aman.


Baiklah hingga sampai tahapan akhir selesai instalasi Windows 7, dengan tampilan seperti gambar di bawah ini





Demikian artikel Cara Mudah Install Windows 7 versi 32 bit untuk Pemula. Semoga bermanfaat untuk sobat semua, dan apabila ada hal yang kurang dipahami silahkan isi pesan pada kolom komentar.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar