Cara Buat Bootable Usb Windows 7 Versi 32 Bit Dengan Rufus


Saat ini sudah tidak zaman sepertinya bila sobat melakukan instalasi sistem operasi windows ataupun linux dengan media instalasi menggunakan DVD, selain buat ribet harus melakukan burning dulu sistem operasi ke DVD, juga harus dipastikan bahwa DVD RW nya dalam kondisi bagus.

Artikel ini mungkin terlihat jadul juga membahas tentang cara buat bootable dengan USB, sudah juga banyak orang membahas hal yang sama, namun tidak salah juga saya bahas ulang untuk sobat semua.

Terdapat banyak software untuk membuat USB bootable, disini saya hanya akan mencoba menjelaskan cara buat bootable usb windows 7 versi 32 dengan rufus. Oke sobat sudah tidak terlalu panjang lebar, mari kita langsung saja ke TKP.

Sobat semua pastikan memiliki file ber-ekstensi .iso windows 7 versi 32 bit
Selanjutnya siapkan paling minimal sebuah flashdisk berkapasitas 4 Gygabit yang telah di format dengan formating type NTFS

Selanjutnya buka deh program Rufusnya, jangan lupa tancapkan flashdisk-nya.
Jika sobat belum punya program Rufus, download dulu aja di https://rufus.ie
Sampai saat ini artikel di buat Rufus sudah sampai pada versi 3.3 dengan ukuran hanya 1 Mb

Bila persiapan di atas sudah lengkap, berikut gambar tampilan rufus beserta file .iso windows 7 versi 32 bit. Pastikan kapasitas dari flashdisk yang akan di masukan sistem operasi sebagai media bootable ukurannya tidak kurang dari sistem operasi tersebut.


Klik tombol Select untuk memilih file .iso
Pastikan pada Device telah di arahkan ke Drive Flashdisk yang sobat miliki, posisi flshadisk saya disini pada drive H: Jika sudah klik Start kemudian akan muncul Warning !!, bahwa semua data akan terhapus klik OK

Nah, tunggu sekitar 20 menit untuk proses pembuatannya. Bila sudah tandanya pada Status progres bar warna hijau telah penuh. Bila sudah Klik Close

Cek keberhasilan dengan membuka windows explorer, bila tampilannya seperti gambar di bawah ini, maka flashdisk sobat sudah dapat digunakan untuk instalasi windows 7 versi 32 bit.

Nah itulah tadi sobat sedikit tutorial untuk membuat USB bootable, bukan hanya untuk windows 7 yah, bisa juga untuk wndows XP, Windows 8, Windows 10 bahkan juga beberapa distro linux. Hanya pastikan kapasitas dari sebuah sistem operasi dengan kapasitas flashdisk yang dimiliki yah. Oke sampai disini julu sobat, semoga bermanfaat.


Saya seorang penulis berusaha mengabadikan setiap pengalaman dan keahlian. Karena ilmu pengetahuan akan tetap abadi hingga manusia tidak bisa berdiri lagi dimuka bumi ini.

Pergunakan komentar yang bijak, saran yang baik dan kritikan yang membangun.
EmoticonEmoticon