Cara Mengatasi Gambar Artikel Tidak Muncul Saat Di Share Facebook

Cara Mengatasi Gambar Artikel Tidak Muncul Saat Di Share Facebook

Facebook adalah media social yang memiliki anggota yang cukup banyak, mengalahkan media sosial lain yang sejenis, tak heran menjadi peluang besar untuk melakukan promosi atau hanya sekedar mempublikasi informasi baik produk maupun jasa.

Bagi seorang blogger, media sosial seperti facebook adalah tools yang tepat untuk memperkenalkan setiap artikel yang ditulis, untuk dapat meraih simpati dan kunjungan dari banyak orang. Terkadang banyak yang sampai merogoh koceknya sendiri untuk sekedar mempromosikan web yang dimiliki, dengan niat dapat kebanjiran trafik kunjungan dari orang orang yang ada di facebook.

Konten yang disuguhkan adalah media yang berisi teks, gambar bahkan video menjadi trik dalam mempromosikan sesuatu, hal wajar memang, karena manusia lebih suka sesuatu yang menarik dengan adanya imajinasi gambar atau video itu lebih asyik.

Namun celaka duabelas bila artikel yang di tulis hanya dapat di share ke facebook tanpa keberadaan gambar di sampingnya, itu sangat menjengkelkan bukan ?.  Nah pada kesekmpatan ini saya akan mencoba menjelaskan Cara mengatasi gambar artikel tidak muncul saat di share ke facebook.

Baca juga :

Mengapa gambar tidak muncul ketika di share ke facebook ?

Pahamilah beberapa penyebab tidak munculnya gambar saat di share ke facebook di bawah ini :

1. Pahami ukuran gambar ideal untuk postingan


Cara Mengatasi Gambar Artikel Tidak Muncul Saat Di Share Facebook

Artikel yang baik adalah artikel yang berguna untuk pengunjungnya, disampaikan dengan gaya bahasa yang mudah dipahami, dan di tulis dengan penuh keyakinan bukan copy paste dari artikel orang lain. 

Tapi semuanya itu tidak cukup bila artikel tidak disertai dengan gambar sebagai petunjuk atau hanya sebatas ilustrasi, bagaikan sayur tanpa garam, begitulah pengunjung pun tidak akan bertahan lama untuk membacanya.

Apa format gambar yang ideal untuk postingan ?

Beberapa format gambar yang dapat digunakan untuk menyertai sebuah artikel diantaranya : 
  1. Format gambar JPEG : Joint Photographic Experts Group, sering kita lihat dan paling banyak digunakan untuk blog dengan topik fotografi, wisata, travel dan lain lain
  2. Format gambar PNG : Portable Network Graphics, digunakan untuk jenis blog tutorial karena jenis PNG dapat dikompres hingga 70%, tanpa mengurangi kualitas dari gambar.
  3. Format gambar GIF : Graphics Interchange Format, ukuran gambar kecil yang biasa dipergunakan untuk logo, icon dan lain lain.

Tiga format gambar di atas, dapat sobat pergunakan secara flexible menyesuaikan dengan kondisi artikel yang dibuat.

Berapa ukuran image yang ideal untuk postingan ?

Berbicara masalah ukuran gambar pada artikel yang dibuat pada blog, semua merujuk pada jenis dan fitur template yang digunakan. Beberapa diantaranya sebagai berikut :
  1. Ukuran template dengan resolusi 1080 x 720 pixel dapat digunakan ukuran gambar 700 x 480 pixel
  2. Ukuran template dengan resolusi 700 x 360 pixel dapat digunakan ukuran gambar 600 x 400 pixel
  3. Ukuran template dengan resolusi 600 x 400 pixel dapat digunakan ukuran gambar 600 x 320 pixel
  4. Ukuran template dengan resolusi 400 x 360 pixel dapat digunakan ukuran gambar 400 x 280 pixel
Yang perlu diperhatikan pada penggunaan gambar adalah kapasitasnya, semakin tinggi kapasitas gambar dan semakin banyak gambar pada sebuah artikel, maka akan berakibat artikel sulit dibuka oleh pengunjung, kadang beberapa pengunjung tidak sabar membuka dan akhirnya meninggalkan halaman artikel sobat.

Berapa ukuran gambar agar tampil pada share facebook ?

Ukuran maksimum gambar yang dapat di upload ke facebook, termasuk tampil pada artikel yang hendak di share adalah 1200 x 630 pixel. Sementara ukuran yang direkomendasikan adalah di bawah 600 x 315 pixel. Untuk ukuran thumbnail 200 x 200px, biasanya tampil di sebelah kiri dari judul dan isi artikel yang akan di share ke facebook.

2. Pahami meta kode image dalam postingan


Cara Mengatasi Gambar Artikel Tidak Muncul Saat Di Share Facebook

Selain pembahasan tentang gambar, yang menjadi penyebab tidak munculnya gambar saat di share ke facebook adalah faktor kode image yang tidak ada di dalam template, atau penulisan yang kurang tepat. Penulisan kode gambar yang tepat pada blog adalah sebagai berikut :

Kode image adalah : og:image

Kasus pertama :
Bila sobat menemukan kode : 
<meta expr:content='data:blog.postImageUrl'>
Tambahkan properti og:image, menjadi
<meta expr:content='data:blog.postImageUrl' property='og:image'/ >

Kasus kedua :
Bila sobat menemukan kode :
<meta expr:content='data:blog.postThumbnailUrl' property='og:image'/>
Tambahkan script berikut sebelum dan sesudah script di atas.
<b:if cond='data:blog.postImageThumbnailUrl'>.....</b:if>

3. Pahami cara menggunakan facebook debugger

Cara ketiga ini adalah cara terakhir yang dapat sobat lakukan, agar gambar artikel mucul saat di share di facebook. Namun perlu diketahui, 2 cara diatas harus dilalui dulu, karena percuma melakukan Facebook Debugger, sementara format dan ukuran gambar tidak sesuai, atau tidak adanya script pada template sobat, yang dapat memunculkan gambar.

Dibawah ini adalah langkah-langkah untuk melakukan facebook debugger.
Cara Mengatasi Gambar Artikel Tidak Muncul Saat Di Share Facebook
  • Masukan URL dari artikel sobat, pada form yang tersedia, kemudian klik Debug
  • Tampilan di atas menandakan URL yang dimasukan belum pernah di share ke facebook, silahkan klik Mengambil Informasi Baru (Fetch new scrape information)
  • Jika masih error seperti tampilan di bawah ini 
  • Klik Kurangi Lagi
  • Hingga nanti muncul tampilan seperti di bawah ini
Cara Mengatasi Gambar Artikel Tidak Muncul Saat Di Share Facebook
  • Bila pada proses Facebook Debugger ini masih tetap tidak berhasil, sobat harus sabar untuk kembali melakukan pengecekan gambar atau script yang terdapat pada template. Kemudian ulang proses Facebook debugger seperti di atas.
  • Bila sudah berhasil, maka dijamin ketika sobat share artikel gambar pasti tampil
Cara Mengatasi Gambar Artikel Tidak Muncul Saat Di Share Facebook


Baca juga :

Demikian penjelasan saya tentang Cara mengatasi gambar artikel tidak muncul saat di share facebook. Semoga bermanfaat.

Saya seorang penulis berusaha mengabadikan setiap pengalaman dan keahlian. Karena ilmu pengetahuan akan tetap abadi hingga manusia tidak bisa berdiri lagi dimuka bumi ini.

Pergunakan komentar yang bijak, saran yang baik dan kritikan yang membangun.
EmoticonEmoticon