10 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Sebelum Ganti Template Blog

10 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Sebelum Ganti Template Blog

Disaat kondisi merasa bosan dengan penampilan blog yang terlihat kaku dan sederhana, ditambah dengan lamanya blog saat dibuka karena begitu banyaknya scripting yang membebaninya, menyebabkan jumlah trafik kunjungan menjadi menurun, salah satu faktor sobat untuk melakukan ganti template blog.

Mengapa harus ganti template blog ?


Sebuah template harus dipilih dan dianalisa agar memiliki kemampuan dalam Search Engine Optimizer (SEO), karena template yang baik adalah yang mampu meningkatkan kinerja blog, semakin ringan dan responsive template blog yang dimiliki, maka blog akan semakin disenangi mesin pencari seperti google, hal tersebut biasanya sangat disenangi oleh para master SEO.

Namun biasanya setelah mengganti template blog, tak jarang memiliki kebiasaan buruk untuk tidak memperhatikan kualitas template yang digunakan, tak jarang pula, trafik blog menjadi anjlok setelah mengganti template. Namun banyak orang yang berfikiran kalau template tidak mempengaruhi SEO, lalu mana yang benar?

Akan tetapi beberapa kasus terjadi, setelah melakukan penggantian template trafikkunjungan blog menjadi turun, hal ini terjadi karena template yang digunakan tidak lebih baik dari template sebelumnya. Oleh karena itu muncullah pernyaan


Baca juga :


Apakah template dapat meningkatkan trafik kunjungan blog ?

Pada artikel ini saya akan mencoba menjelaskan 10 hal penting yang harus diperhatikan sebelum ganti template blog.

1. Pilih template yang baik

Bila mengganti template blog dilakukan dengan baik dan benar, efek positif yang akan dirasakan adalah kinerja blog akan maksimal disertai dengan meningkatnya trafik kunjungan secara drastis. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih template yang baik :

a. Kecepatan template

Kecepatan akses pada sebuah template baru merupakan hal yang wajib diperhatikan, blog yang dapat diakses cepat oleh pengunjung, dapat meningkatkan rating blog itu sendiri, sehingga apakah blog dapat dikatan SEO atau tidak. Bila SEO makan mesin pencari google dapat dengan mudah melakukan index, alhasil blog sobat dibanjiri pengunjung.

Terdapat banyak tools berbayar yang dapat digunakan untuk mengetes kecepatan template, namun ternyataan google memiliki tools gratis yang dapat sobat gunakan. Silahkan kunjungi alamat URL :


Ganti kata domain yang berwarna merah dengan domain sobat, disini saya akan perlihatkan hasil pengecekan domain saya sendiri. Masukan URL pada form yang disediakan.

10 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Sebelum Ganti Template Blog

Klik tombol Analisis tunggu beberapa saat untuk mengetahui hasilnya

10 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Sebelum Ganti Template Blog

10 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Sebelum Ganti Template Blog

Dari hasil analisis terlihat bahwa web yang saya memiliki nilai 100 untuk pembukaan melalui dekstop dan 78 melalui seluller

Rentang indikator penilaian adalah 0-49 dikatakan Lambat, 50-89 dikatakan Rata-rata dan 90-100 adalah Cepat. Sehingga sobat dapat dengan mudah menentukan apakah template baru lebih baik dari template yang lama ?. Bila dilihat dari sisi kecepatan blog itu diakses, baik melalui dekstop maupun seluler.



b. Responsive atau mobile friendly

Setiap orang saat ini baik usia muda maupun dewasa pastinya memiliki gadget, jika dulu tahun 90an seorang pubisher membidik trafik dari sumber komputer dekstop, saat ini jaman milenial sobat harus menyuguhkan blog untuk gadget yang responsive atau mobile friendly. 

Sesuai dengan istilah Mobile Friendly artinya bersahabat dengan tampilan gadget, blog yang sobat miliki harus memiliki tampilan yang baik untuk perangkat mobile.

Sama halnya dengan kecepatan google juga telah menyediakan sebuah tools untuk mengecek, apakah blog sobat responsive atau tidak. Silahkan ketik alamat URL di bawah ini.


Masukan alamat URL blog sobat pada form yang disediakan.

10 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Sebelum Ganti Template Blog

Tunggu beberapa saat untuk melihat hasilnya.

10 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Sebelum Ganti Template Blog

Terlihat hasil pemeriksaan "Page is mobile friendly" artinya bahwa blog sudah baik atau responsive untuk dibuka pada perangkat seluler atau gadget.

c. Struktur data template

Memilih template yang baik dari template sebelumnya selain dari sisi kecepatan dan responsive, juga sobat harus melakukan pengecekan terhadap struktur data template. Template yang baik adalah yang memiliki scripting tidak berbelit-belit atau bertumpuk.

Penggunaan scripting pada template yang baik, dapat meningkatkan kecepatan dan kemudahan mesin pencari dalam melakukan penelusuran halaman blog sobat. Hal ini tenttunya juga akan berimbas pada peningkatan trafik kunjungan blog.

Lagi-lagi google memiliki tools gratis yang dapat sobat gunakan, silahkan kunjungi halaman URL diberikut :


Masukan alamat URL blog, kemudian klik Run Test

10 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Sebelum Ganti Template Blog

Hasilnya sebagai berikut

10 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Sebelum Ganti Template Blog

Bisa sobat lihat sisi bagian kanan, terlihat tidak terlalu banyak hal yang harus menjadi perhatian lebih untuk struktur data. Karena dari hasil analisis tidak di temukan adanya error ataupun warning.

2. Gunakan template premium

10 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Sebelum Ganti Template Blog

Template premium artinya adalah template yang berbayar, dengan menggunakan template yang berbayar kualitas dari template akan terjamin, namun pertanyaannya adalah. Apakah dengan template premium dapat meningkatkan kinerja dan trafik kunjungan blog ?

Jawabannya adalah template premum maupun yang gratisan, tidak dapat menjamin 100% bahwa blog yang sobat miliki dapat berkinerja baik. Namun terdapat beberapa hal bila sobat menggunakan template premium :

  • Terhindar dari scripting hidden yang di tempatkan pada template oleh si pemilik, agar mendapatkan backlink dari blog sobat
  • Biasanya banyak fitur yang ditawarkan, termasuk fitur SEO dan Responsive template
  • Template premium memerikan update path secara rutin
  • Struktur data lebih tertata dengan baik
Bagi sobat blogging yang baru mungkin masih berpikir untuk membeli template premium, tidak masalah sih asalkan sobat dapat terus mempelajari scripting dan mengecek template tersebut, agar postingan yang dibuat dapat terpublikasi dengan maksimal.

Berikut beberapa template premium yang dapat sobat gunakan :
  1. Kompi Ajaib Templates : karya mas Adhy Suryadi, dapat langsung saja berkomunikasi di www.kompitemplate.web.id
  2. Sugeng Templates : karya mas Sugeng dengan jenis EvoMaz, dapat dipesan melalui www.sugeng.id
  3. Arlina Design Templates : karya mba Arlina Fitriyani, dapat dihubungi di www.arlinadzgn.com
  4. Bamz Templates : karya mas Bamz, dapat dikunjungi websitenya di www.bamz.com
  5. Frangki Templates : karya mas Frangki, websitenya di www.bungfrangki.com


3. Perhatikan meta tags template

10 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Sebelum Ganti Template Blog

Ada yang mengatakan bahwa mesin pencari saat ini tidak lagi memperhatikan meta atau tag, namun nyatanya masih banyak orang yang mempelajari dan menerapkannya, bagi kita sobat tidak ada salahnya juga untuk tau dan bisa menerapkannya, karena tidak ada resiko jelek yang akan diterima.

Meta atau tag adalah sebuah script yang disematkan pada template blog, dengan tujuan agar mesin pencari dapat dengan mudah melakukan perayapan atau meng-index blog sobat, penyematan meta dan tag ini adalah bagian dari optimasi SEO.

Beberapa hal yang harus diterapkan untuk Meta dan Tag pada template sebagai berikut :

  • Tittle Tag SEO Friendly : judul pada title bar blog contoh penulisan pada blog :
<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
<title><data:blog.pageTitle/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageName/></title>
</b:if>
  • Meta Description : Deskripsi pada sebuah blog adalah cerminan dari isi blog itu sendiri, sehingga sobat bisa isi deskripsi pada menu setting di halaman dashboard blogger sebanyak 150 kata, agar mesin pencari mudah untuk mengenal jenis blog apa yang sobat buat. Jangan lupa selesai membuat deskripsi, lihat di bagian scripting blog seperti berikut :
<b:include data='blog' name='all-head-content'/>
  • Heading Tag : pemilihan jenis huruf berdasarkan heading H1 sampai H6, biasanya H1 digunakan secara otomatis untuk judul dari artikel dan H2 sampai H6 di buat oleh sobat dalam menulis artikel.

4. Siapkan waktu luang kondisi badan yang prima


10 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Sebelum Ganti Template Blog

Mengganti template sama halnya berpindah rumah, selain barang barang yang harus di bawa, juga rumah baru yang harus di tata dan di atur hingga pastinya memerlukan banyak waktu. Dengan kondisi badan yang prima dan waktu luang yang dimiliki, penggantian template dapat terselesaikan dengan tuntas.

Bila penggantian template terbengkalai dan memakan waktu yang lama, maka sudah dipastikan trafik kunjungan ke blog sobat dapat terganggu, hal ini juga dapat berimbas pada index pada kerja mesin pencari.

Beberapa hal yang harus di atur di template baru :
  • Mengganti favicon : sebuah gambar atau icon yang muncul pada tab bagian kiri browser
  • Mengganti logo : keberadaan logo pada blog, menandakan profesional dan keseriusan si pemilik blog
  • Mengganti menu : menu pada template baru perlu di isi atau di atur link-nya, sehingga tidak terjadi null-link atau link yang kosong
  • Link RSS Feed/Subrcibe : sebuah layanan untuk mempermudah mesin pencari melakukan perayapan sementara subscribe adalah layanan pengumpul email untuk berlangganan artikel bagi pengunjung.
  • Kode adsense pembuat : kode ini sangat penting di sematkan pada template baru, bila tidak maka iklan dari adsense tidak akan tampil.
  • Cek Link Search : fitur pencarian dalam halaman blog perlu di cek
  • Cek Link Copyright : dengan menyertakan copyright pada blog artinya mematenkan hak milik template tersebut. 

5. Persiapkan koneksi internet yang stabil

Koneksi internet di Indonesia saat ini adalah antara 3G maupun 4G, dua teknologi ini dapat digunakan untuk melakukan penggantian template secara online, manakala sinyal dalam kondisi stabil.

Sinyal Internet dari modem lebih rekomendasi lagi, karena koneksi internet ini diberikan dari layanan operator secara langsung menggunakan fiber optic.

Intinya adalah baik melalui koneksi menggunakan smartphone secara wifi maupun jalur kabel layanan internet, yang perlu diperhatikan adalah ke stabilan dari koneksi internet itu sendiri.


6. Backup template blog sebelumnya

Sebelum melakukan penggantian template baru, alangkah baiknya template yang lama di backup sebagai arsip. Hal ini suatu keharusan bagi sobat seorang blogger, karena tidak menutup kemungkinan template yang lama masih kita perlukan.

Untuk melakukan backup di dashboard blogger.com, klik pada menu  Theme - Backup/Restore

Kegiatan backup ini sih semestinya dilakukan bukan hanya ketika mau ganti template, tapi rutin dilakukan dalam jangka waktu tertentu, sebagai bentuk kehati-hatian bila terjadi sesuatu yang tidak dinginkan seperti adanya orang yang jail melakukan "deface blog".


7. Amankan kode penting dari template sebelumnya

Beberapa kode atau script penting yang harus di amankan dari template lama, sebelum beralih ke template baru :
  1. Kode meta tan tag.
  2. Kode javascript dan css
  3. Kode google analytic
  4. Kode bing analityc
  5. Kode yahoo analityc
  6. Kode akun media social
  7. Kode google adsense
  8. Kode lain yang dirasakan perlu.

8. Ganti template disaat kunjungan sepi


10 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Sebelum Ganti Template Blog

Mengapa ganti template harus di waktu kunjungan sepi ?

Sebab bila mengganti template dalam kondisi trafik sedang tinggi, pelanggan akan merasa kecewa bahwa link yang akan dibuka tidak dapat ditemukan.

Hari libur atau pada jam tengah malam, bisa menjadi waktu yang baik untuk mengganti template, karena rata-rata waktu libur, orang lebih cenderung meninggalkan aktifitas dan gadgetnya untuk konsentrasi terhadap keluarga.

Tengah malam itu juga biasanya selain kunjungan sepi juga koneksi internet dalam kondisi stabil, sehingga tepat untuk melakukan penggantian template.

9. Modifikasi warna dan tata letak template

Memodifikasi template baru dari tampilan aslinya, dapat membuat nyaman pengunjung. Tak heran bila template premium yang dimiliki akan mungkin sama dengan orang lain, apabila sobat tidak berusaha untuk menata baik dari warna maupun letak setiap fitur yang ada.

Apakah penataan template berpengaruh terhadap kunjungan blog ?


Kalo saya sih iya, filosopinya seperti rumah saja, bila kondisi rumah nyaman bersih dan indah, orang yang berkunjung bisa berlama-lama tuh tinggal di rumah kita. Pasti juga banyak yang di lihat-lihat. Bila kita terapkan di template blog kita, wow amazing sekali, bisa meningkatkan penghasilan.

Namun sayangnya tidak semua orang bisa menata tampilan blog, dikarnakan keterbatasan kemampuan pemahaman bahasa pemograman, tapi bila sobat punya keinginan coba dari sekarang pelajari minimal bahasa pemogralam HTML, CSS dan Javascript. Itu adalah modal utama untuk dapat memodifikasi template baru.


10. Periksa template dari script atau tag anchor orang lain

10 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Sebelum Ganti Template Blog

Bagian ini memang dirasa sulit untuk mengetahui, apakah terdapat script injeksi yang disembunyikan di template baru atau tidak ?. dengan terus mempelajari dan mencari artikel terkait script-script yang berpotensi sebagai script siluman, pastinya sobat akan menemukannya.

Beberapa contoh penyematan script siluman pada template :

  1. Link ke situs lain : <a href="www.buaktuingat.com" target="_blank">Artikel saya</a>
  2. Bisa juga kode seperti ini : [url=https://buatkuingat.com]Bisnis Online[/url]
  3. Atau juga : Bisnis Online”:https://buatkuingat.com
Menurut kabar terkahir dari seorang Official google adalah orang jail yang menempatkan script dengan berharap untuk mendapatkan backlink tidak berlaku lagi, karena google sudah melakukan update algoritma terbaru sejak Agustus 2018.

Disinilah perlunya sobat menggunakan template premium, karena template yang berbayar pastinya di jamin tidak akan ada script siluman yang disematkan disana, klo ada pastinya kita dapat menanyakan bahkan menggugat, dengan pasal "perilaku tidak mengenakan" he...terlalu lebai.


Baca juga :


Demikian artikel tentang 10 hal penting yang harus diperhatikan sebelum ganti template blog. Semoga bermanfaat.


Saya seorang penulis berusaha mengabadikan setiap pengalaman dan keahlian. Karena ilmu pengetahuan akan tetap abadi hingga manusia tidak bisa berdiri lagi dimuka bumi ini.

1 Comments

This concept is a good way to enhance the knowledge.thanks for sharing. please keep it up selenium Online Training Bangalore

Pergunakan komentar yang bijak, saran yang baik dan kritikan yang membangun.
EmoticonEmoticon