Tips Memilih Tema Blog Yang Benar dan Disukai Google



Selamat bertemu kembali sobat dumay yang saya cintai, kali ini saya akan mencoba memaparkan beberapa pengalaman yang saya miliki, dalam hal pembuatan blog. Blog adalah bagian dari sebuah web yang lebih bersifat pribadi serta memaparkan sebuah informasi tertentu, sehingga mengunjung blog mendapatkan keuntungan atas informasi yang dia baca dari blog.

Kenapa orang harus memiliki blog ?

Blog adalah sebuah media tulisan dalam bentuk elektronik, yang digunakan untuk menuliskan sesuatu yang sudah menjadi hobi atau keahlian seseorang, dengan tulisan tersebut banyak hal yang didapatkan antara lain bagi penulisnya adalah sebuah dokumentasi hidup, dan bagi pembaca tentunya sebuah informasi.

Saat ini setiap orang tidak lepas dari yang namanya “gadget” atau gawai (dalam KBBI), bahkan satu orang bisa 2 atau 3 gawai di milikinya. Sehingga potensi setiap orang mencari sesuatu yang tidak dipahami atau kurang dipahami dalam bentuk elektronik, semakin berkembang, seiring dengan kemajuan teknologi layanan internet.

Nah, pertanyaan selanjutnya : Bagaimana Cara kita Membuat Blog ?

Terdapat beberapa penyedia layanan blog yang saat ini masih gratis diantaranya adalah blogger dan wordpress yang cukup lumayan terkenal. Lalu bagaimana membuatnya, silahkan sobat dapat lihat artikel saya sebelumnya tentang Cara membuat blog dengan mudah di blogger.com.

Lantas bila blognya hendak dibuat. Topik apakah yang cocok untuk saya ?

Tidak dapat dipungkiri bahwa, setiap orang yang menulis sesuatu di blog, tentunya berkeinginan tulisannya dapat dibaca oleh orang lain, sehingga penulis mendapatkan sebuah motivasi yang terus berlanjut, untuk dapat secara konsisten memelihara isi dari blog.

Mari sobat kita filosofikan sebuah blog dalam bentuk toko, toko yang sering kita jumpai sangat beraneka ragam, toko sepatu, sandal, baju, makan, barang bahkan ada juga yang menjual banyak barang dalam satu toko, orang kadang menyebutkan dengan toko “kelontong” atau toko “serba ada”


Coba sobat teliti toko-toko yang ada di sekitar rumah, toko apa yang terlihat laris

Ada yang mengatakan bahwa toko makanan lah yang paling banyak pengunjung, ada juga yang mengatakan bahwa toko serba ada yang pastinya banyak dikunjungi orang.

Asumsi itu tidaklah salah sobat, namun yang paling baik adalah sobat dapat menentukan TOPIK dari blog yang akan sobat buat, merupakan topik yang bersumber dari keinginan berasarkan kebiasaan, profesi atau bahkan hobi sobat semua.

Kenapa begitu, karena bila sobat membuat blog dengan filosofi seperti toko serba ada, maka sobat akan kewalahan dalam membuat artikel-artikel yang banyak kategori di dalamnya, sehingga tak heran dalam 1 atau 2 bulan sudah pasti lelah dalam membuat artikel. Sementara bila sobat membuat dengan satu jenis profesi atau hobi yang digeluti, pastinya akan tetap konsisten dalam menuliskan artikel.

Tapi semua tergantung pilihan kan, jadi saya hanya sharing bahwa menentukan topik blog tidak mutlak harus sesuai profesi atau hobi, tapi lebih ke bagaimana menjaga konsistensi sobat semua, dalam membuat artikel pada blog itu sendiri.

Jadi saran saya “Buatlah blog dengan topik yang disenangi”

Sampai disini dulu menjelasan atau sharing saya tentang menentukan Topik dari Blog, sampai jumpa di lain artikel, semoga bermanfaat.

Saya seorang penulis berusaha mengabadikan setiap pengalaman dan keahlian. Karena ilmu pengetahuan akan tetap abadi hingga manusia tidak bisa berdiri lagi dimuka bumi ini.

Pergunakan komentar yang bijak, saran yang baik dan kritikan yang membangun.
EmoticonEmoticon