Cara Mudah Membuat Share Folder di Virtualbox Host Ke Guest



Pada postingan sebelumnya telah saya jelaskan cara install virtualbox bagi pemula yang sangat memerlukan aplikasi virtual untuk mencoba menginstal sistem operasi. Aplikasi virtualbox ini memang sangat banyak digunakan dikalangan anak-anak sekolah hingga orang yang sedang mulai belajar komputer.

Selain untuk mencoba sistem operasi, di virtualbox sobat juga dapat mencoba instalasi program aplikasi seperti contoh cara mudah install solid converter PDF. Namun biasanya sobat terkendala dengan bagaimana cara untuk memasukan file instalasinya ?. Terdapat 3 cara untuk memasukan file ke dalam sistem operasi yang ada di virtuabox (SO guest) yakni :

  1. Menggunakan DVD Rom
  2. Menggunakan Flashdisk
  3. Menggunakan Folder Sharing
  4. Menggunakan fitur Drag and Drop

Disini saya akan mencoba menjelaskan cara sharing folder host dan guest, yang pada kondisi saya bahwa Host adalah sistem operasi Windows 10 sementara guest adalah sistem operasi windows 7. Namun sebelumnya apakah sobat sudah paham maksud dari Host Guest, jika belum alangkah baiknya baca dulu perbedaan sistem operasi guest dan host.

Oke sobat semua, perhatikan langkah-langkah di bawah ini.
Silahkan sobat buka virtualbox

Sebelum mulai menjalankan sistem operasi, kita masuk masuk dulu ke menu setting kemudian pilih Shared Folder

Lanjutkan dengan tanda tambah pada bagian Shared Folders, lalu akan muncul kotak add share, klik tanda panah pada bagian Folder Path kemudian sobat tentukan Folder apa yang akan di sharing di Sistem Operasi Host.

Bila lokasi telah di tentukan, jangan lupa ceklish bagian Auto-mount agar folder yang di shared nanti secara otomatis muncul.

Lihat bagian kanan virtual box pada menu Shared folders tertulis Shared Folder : 1 artinya bahwa sobat memiliki satu buah folder yang akan di sharing.

Oke sobat, sekarang kita klik start yang ada tepat di bawah menu Help.
Bila sudah masuk ke sistem operasi di virtualbox, lihat menu di atas pada bagian Device klik Insert Guest Additions CD image… Tunggu hingga proses instalasi selesai.

Bila tidak muncul instalasi, bisa kita lakukan dengan cara lain, yaitu dari Windows Explorer. Silahkan buka windows explorer. Lihat pada bagian kiri terdapat Drive : CD Drive (E:) VirtualBox Guest Addtions, Nah, di bagian kanan silahkan sobat double klik VboxWindowsAddtitions-x86

Bila muncul kotak dialog User Acount Control klik Yes
Selanjutnya akan muncul kotak dialog Setup Wizard Guest Additions. Klik Next

Pada bagian selanjutnya, biarkan lokasi penyimpanan program pada keadaan normal. Klik Next
Selanjutnya muncul kotak dialog untuk memilih komponen, ceklish pada bagian Start menu entries. Bila sudah terceklish klik Install

Tunggu hingga proses instalasi selesai.
Di saat proses instalasi biasanya akan muncul kotak dialog Security Windows, silahkan di berikan tanda ceklish lalu klik Install

Bila tampilan sampai disini silahkan lanjutkan dengan memilih Reboot dan klik Finish

Setelah proses Reboot atau Restart selesai dan telah kembali ke dekstop, saatnya kita mengecek di windows explorer.

Pada gambar di atas, Terdapat drive baru yang muncul yakni : 01_KUMPULAN_SOFWARE (\\vboxsrv) (F:) artiya sobat sudah berhasil melakukan sharing folder dari Sistem operasi Host ke Sistem operasi Guest yang ada di virtualbox.

Oke sobat tinggal folder sharingnya di klik lalu lanjutkan untuk proses mengkopi aplikasi dari Host ke Guest.

Sekian artikel panduan cara mudah membuat share folder di virtualbox Host ke Guest, nantikan artikel berikutnya, dan semoga bermanfaat.


Saya seorang penulis berusaha mengabadikan setiap pengalaman dan keahlian. Karena ilmu pengetahuan akan tetap abadi hingga manusia tidak bisa berdiri lagi dimuka bumi ini.

Pergunakan komentar yang bijak, saran yang baik dan kritikan yang membangun.
EmoticonEmoticon