Cara Menggunakan Flashdisk di Sistem Operasi Virtualbox



Pada artikel sebelumnya saya telah menuliskan Cara Mudah Membuat Share Folder di Virtualbox Host Ke Guest. Saat ini daya masih akan membahas tentang hebatnya virtualbox, pada sisi dimana sobat bisa memindahkan file dari sistem operasi Host ke sistem operasi Guest, namun kali ini kita akan menggunakan media lain yaitu USB atau flashdisk.

Selaian sobat dapat mencoba install sistem operasi di virtualbox, sobat juga bisa melanjutkan untuk melakukan instalasi program aplikasi semisal : Microsoft Office, Adobe Photoshop, Corel Draw dan lain-lain, tanpa menggangu sistem operasi yang sobat miliki pada PC/Laptop masing-masing, hebat bukan !!

Baiklah tanpa panjang lebar kita langsung saja ke TKP, disini saya menggunakan virtualbox versi 5.1.26, oh..iya bila sobat belum install virtualbox, bisa ikuti artikel saya tentang Cara Mudah Instalasi VirtualBox Bagi Pemula.

Silahkan buka virtualbox, pada virtualbox yang saya miliki telah terinstall windows 7 sebagai Guest.

Sebelum di mulai hubungkan flashdisk ke PC/Laptop yang sobat miliki
Kemudian arahkan kursor ke tombol Setting, kemudian klik menu USB
Klik tombol plus (+) pada bagian kanan menu USB

Lihat gambar di bawah, terlihat flashdisk saya dengan merk Kingston Data Traveler G2 [0110] silahkan sobat pilih flashdisknya masing-masing.

Sedikit saya jelaskan pada menu USB terdapat 3 pilihan versi USB yang disediakan, dan pastikan sobat telah memilih salah satu diantaranya dengan menceklish terlebih dahulu Enable USB Controller
  1. USB 1.1 (OHCI) Controler ini dipilih bila flashdisk sobat masih versi USB 1
  2. USB 2.0 (EHCI) Controler ini dipilih bila flasdisk sobat versi USB 2
  3. USB 3.0 (XHCI) controler ini dipilih bila flashdisk sobat versi USB 3
Bila sobat tertarik memahami tentang 3 versi USB tersebut, silahkan bisa baca artikel saya tentang Memahami perbedaan teknologi USB pada Flashdisk

Oke jadi lupa deh, bila sudah dipilih flashdis dan versi USB nya, klik tombol OK

Oke, bila sudah silahkan untuk menjalankan sistem operasinya.
Bila langkah-langkah di atas sudah diikuti dengan baik, seharunya flashdisk harus sudah muncul
Silahkan buka Window Explorer

Nah, terlihat bagian kiri bawah pada gambar di atas, terdapat drive Removable Disk (F:), artinya flashdisk sobat sudah terbaca.

Selanjutnya silahkan sobat kopikan aplikasinya ke dalam harddisk, dan mungkin itu yang dapat saya sampaikan untuk saat ini, semoga dapat bermanfaat. 


Saya seorang penulis berusaha mengabadikan setiap pengalaman dan keahlian. Karena ilmu pengetahuan akan tetap abadi hingga manusia tidak bisa berdiri lagi dimuka bumi ini.

Pergunakan komentar yang bijak, saran yang baik dan kritikan yang membangun.
EmoticonEmoticon