--> Skip to main content

Cara Merekam Panggilan WhatsApp di HP

Cara Merekam Panggilan WhatsApp di HP

Berikut panduan cara merekam panggilan WhatsApp di HP. Aplikasi rapat virtual seperti Zoom dan Google Meet memungkinkan Anda merekam panggilan dan rapat dengan mudah.

Tombol rekam pada aplikasi ini cukup mudah diakses dan sangat berguna saat Anda ingin menyimpan rapat, ceramah, atau seminar untuk referensi di masa mendatang.

Meskipun WhatsApp ditujukan untuk komunikasi pribadi, selama beberapa bulan terakhir WhatsApp telah menambahkan fitur yang menyaingi aplikasi seperti Google Meet dan Zoom.

Namun, salah satu fitur yang belum ada dari platform pesan instan ini adalah opsi untuk merekam panggilan. Di masa mendatang, Meta mungkin menambahkannya ke platform, namun untuk saat ini berikut adalah 2 cara teratas untuk merekam panggilan di WhatsApp.

Baca juga: 5 Aplikasi Pembuat Status Whatsapp Gratis Terbaik

2 Cara Merekam Panggilan WhatsApp di HP

Cara paling mudah untuk merekam panggilan di WhatsApp adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi pihak ketiga tidak hanya memungkinkan Anda merekam panggilan lintas platform seperti WhatsApp, Telegram, dan Signal, tetapi juga memberikan kualitas audio yang bagus.

Satu-satunya kendala adalah metode ini hanya berfungsi untuk ponsel Android. Apple sangat ketat dengan izin mikrofon dan aksesibilitas yang diberikan kepada aplikasi pihak ketiga.

Aplikasi pihak ketiga tidak dapat mengakses mikrofon iPhone Anda saat Anda sedang melakukan panggilan. Ini hampir menghilangkan ruang bagi aplikasi untuk merekam panggilan Anda.

Ini memberi Anda satu pilihan lain – menggunakan perangkat lain untuk merekam panggilan Anda. Bisa berupa dictaphone atau smartphone lain yang menjalankan aplikasi perekam suara.

Anda juga dapat menggunakan perangkat keras perekam eksternal seperti RecorderGear PR200 dan EVISTR Magnetic Call Recorder, namun harganya mungkin tidak sepadan jika Anda hanya ingin merekam satu panggilan.

1. Merekam Panggilan WhatsApp Menggunakan aplikasi pihak ketiga (Cube ACR)

Langkah 1: Unduh dan instal aplikasi Cube ACR dari Google Play Store.

Langkah 2: Luncurkan aplikasi dan berikan izin yang diperlukan.

Langkah 3: Anda akan diminta untuk menginstal aplikasi Cube ACR Helper. Tekan Instal Cube ACR Helper.

Langkah 4: Berikan izin yang diperlukan pada aplikasi Cube ACR Helper. Ini termasuk layanan Aksesibilitas.

Langkah 5: Setelah pembantu diatur, kembali ke aplikasi Cube ACR dan tekan menu hamburger di sudut kiri atas layar.

Langkah 4: Nyalakan sakelar sakelar untuk Aktifkan perekaman.

Langkah 5: Buka WhatsApp dan lakukan panggilan. Cube ACR akan secara otomatis merekamnya untuk Anda.

Langkah 6: Rekaman akan otomatis terputus setelah panggilan diakhiri. Buka aplikasi Cube ACR untuk melihatnya.

Langkah 7: Rekaman panggilan WhatsApp Anda akan memiliki ikon WhatsApp di sebelahnya. Ketuk untuk mendengarkannya.

2. Gunakan aplikasi perekam di perangkat lain

Cube ACR adalah aplikasi sempurna untuk merekam panggilan telepon di berbagai platform, tetapi memerlukan beberapa izin agar dapat berfungsi.

Tidak hanya memerlukan izin untuk menggunakan dialer, kontak, mikrofon, perangkat terdekat, dan notifikasi, tetapi juga bergantung pada akses ke layanan aksesibilitas ponsel Anda.

Jika Anda merasa tidak nyaman memberikan akses total pada aplikasi ke perangkat Anda, Anda selalu dapat merekam panggilan dengan cara lama.

Kualitas rekamannya mungkin menurun, tapi itu akan menyelesaikan pekerjaannya. Sebagai permulaan, Anda perlu memastikan bahwa panggilan WhatsApp menggunakan loudspeaker. Ada beberapa langkah tertentu yang dapat Anda ambil untuk meningkatkan kualitas rekaman. Ini ditujukan untuk membatasi kebisingan di sekitar.

Matikan kipas angin dan perangkat lain di sekitar yang mungkin menyebabkan kebisingan latar belakang. Setelah selesai, buka aplikasi perekam suara di perangkat sekunder Anda dan letakkan pada jarak optimal dari loudspeaker ponsel Anda.

Usahakan menempatkannya jangan terlalu dekat atau rekamannya akan terdengar terlalu keras. Setelah Anda merekam panggilan, gunakan alat pihak ketiga untuk membuatnya terdengar lebih jernih dengan menghilangkan kebisingan latar belakang.

Ada alat AI tertentu di Internet yang juga dapat Anda gunakan untuk tugas ini. Alat-alat ini dapat secara akurat memisahkan suara penelepon dari suara membosankan pada umumnya.

Itulah panduan cara merekam panggilan WhatsApp di HP. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar