--> Skip to main content

Memahami Dedicated Hosting Server

Memahami Dedicated Hosting Server
Memahami Dedicated Hosting Server


Pada artikel sebelumnya telah saya coba tuliskan tentang Memahami Virtual Private Server (VPS) Sebagai Sumber Daya Server. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan mecoba untuk melanjutkan materi tentang Dedicated Hosting Server.

Internet saat ini sudah menjadi kebutuhan utama bagi setiap pengguna, baik user maupun administrator. Setiap hari bahkan setiap detik pengguna mencari berbagai informasi yang dibutuhkan guna menyelesaikan segala bentuk permasalahan dalam hidupnya.

Alhasil seorang administrator yang merupakan penyedia content, harus pintar dalam mengelola aset berharga baik untuk kepentingan sosial maupun bisnis. Seperti contoh perusahaan besar seperti google atau facebook, menyuguhkan content yang dapat diakses oleh berjuta-juta orang dalam waktu yang bersamaan.

Perusahaan besar tersebut berupaya untuk menyediakan infrastruktur yang stabil dan handal, karena bila tidak, maka akan mendapatkan kerugian yang cukup besar. Maka diperlukan pemilihan infrastruktur yang tepat agar sistem dapat bekerja secara normal.

Baca juga artikel tentang :

Pengertian Dedicated Hosting Server

Apa itu Dedicated Hosting Server ?

Berangkat dari permasalahan di atas, maka akan saya coba jelaskan salah satu infrastruktur yang banyak digunakan oleh para perusahaan besar saat ini.

Dedicated Hosting Server adalah merupakan sebuah server hosting virtual yang disediakan secara mandiri oleh user maupun sewa dari penyedia layanan server pusat, dedicated hosting server termasuk jenis server pribadi yang hanya digunakan oleh satu seorang user saja, yang berfungsi sebagai media penyimpanan dari perusahan yang dimilikinya.

Dedicated hosting server mampu menangani penyimpanan data dalam jumlah yang banyak, dan menangani trafik kunjungan yang tinggi dalam kisaran juta dalam setiap waktu.

Apa berbedaan antara Dedicated Server dengan Dedicates Hosting Server ?

Dedicated server lebih mengarah kepada server fisik, pengguna dapat menyewa satu server fisik secara keseluruhan sumber daya seperti prosessor, RAM dan Harddisk. Pengguna harus menjalankan sistem operasi didalamnya atau dapat dilayani oleh penyedia layanan server.

Sementara VPS server dan Hosting server adalah aplikasi yang berada pada Dedicated Server, yang dijalankan secara virtual. Jadi jangan salah lagi yah antara Dedicated Server dengan Dedicated Hosting Server itu ternyata berbeda.


Apa Perbedaan Antara VPS dengan Dedicated Hosting Server ?

Bila hanya membaca sekilas dari pengertian antara VPS dan Dedicated Hosting Server, akan berpendapat bahwa keduanya memiliki fungsi yang sama. Hal ini memang benar, namun bila ditinjau dari sisi permasalahan yang dihadapi, akan terdapat perbedaan. Mari kita lihat beberapa perbedaan yang ada :
  1. VPS hanya mampu menangani trafik dalam kisaran ratusan ribu, sementara Dedicated Hosting Server mampu lebih dari juataan dalam satu waktu.
  2. VPS memiliki pengaturan komponen hardware yang masih bersatu dengan user lain dalam satu server, sedangkan Dedicated Hosting Server hanya dimiliki oleh satu user saja (server dikelola sendiri)
  3. Kecepatan VPS masih kalah bila dibandingkan dengan Dedicated Hosting Server karena, komponen hardware VPS masih bersatu dengan user lain dalma satu server.
  4. VPS akan mungkin terjadi gangguan bila terdapat user lain yang mengalami masalah, sementara Dedicated Hosting Server tidak, karena hanya satu user/perusahaan yang memilikinya.
dedicated server vs vps server
Dedicated server vs VPS server


Kelemahan dan Kelebihan Dedicated Hosting Server

Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Dedicated Hosting Server diantaranya sebagai berikut :
  1. Memiliki hak eklusif dari sumber daya utama server yang terdiri atas prosessor, RAM dan Harddisk.
  2. Kebebasan dalam pengelolaan sistem operasi yang dijalankan.
  3. Memiliki kehandalan dan kineja tinggi
  4. Memiliki tingkat keamanna yang tinggi
  5. Reputasi IP lebih baik karena tidak bersifat share sehingga tidak terjadi kesalahan dalam routing.
Sementara kelemahan dari Dedicated Hosting Server diantaranya adalah :
  1. Sisi harga yang sangat mahal
  2. Perawatan hardware secara mandiri dan berkala membuat lebih mahal
  3. Dalam hal maintenance diperlukan tenaga ahli yang memahami berbagai permasalahan.

Cara Kerja Dedicated Hosting Server

Cara kerja dari Dedicated Hosting Server hampir mirip dengan VPS Server, namun yang membedakan adalah hak terhadap sumber daya utama seperti prosessor, RAM dan Harddisk.

Dedicated Hosting Server memiliki hak eklusif terhadap sumber daya yang ada pada server, dengan hak tersebut maka kinerjanya jauh lebih handal bila dibandingkan dengan VPS server.

VPS server berjalan lebih dari satu dalam satu server (memiliki tetangga), sementara Dedicated Hosting Server hanya digunakan untuk satu user atau perusahaan saja (tidak memiliki tetangga dalam satu server).

Cara Memilih Dedicated Hosting Server

Untuk dapat memilih layanan Dedicated Hosting yang baik, diperlukan beberapa indikator yang harus diperhatikan. Dedicated Hosting Server adalah layanan yang berjalan pada Dedicated Server. 


Bagus tidaknya Dedicated Hosting Server yang digunakan tergantung dari sumber daya dari Dedicated Server. Berikut beberapa indikator yang dapat digunakan :
  • Spesifikasi server
  • Kapasitas memori
  • Faktor keamanan
  • Dukungan teknis
  • Harga
Dari 5 indikator di atas bisa dipergunakan sebagai acuan untuk mendapatkan layanan Hosting Server yang baik.

Demikian artikel tentang Memahami Dedicated Hosting Server, semoga anda yang membaca artikel ini diberikan pemahaman dan jangan lupa untukk di share ke orang lain agar dapst bermanfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar