--> Skip to main content

Cara Memilih Penyedia Layanan VPS Yang Tepat di Indonesia

cara memilih penyedia layanan VPS


Pada artikel sebelumnya telah saya bahasa tentang Apa itu VPS ?. Bila anda sempat membacanya saya rasa sudah cukup untuk memahami dasar tentang pemahaman Virtual Private Server. 

Untuk artikel kali ini saya akan mencoba memberikan cara memilih layanan VPS yang tepat di Indonesia, dengan mengacu pada ketersediaan fitur yang dimilikinya. Pertanyaan untuk mengawalinya adalah 

Bagaimana cara memilih layanan VPS yang tepat.

Berbicara tentang VPS maka anda sama dengan mempelajari fitur yang tersedia pada VPS server itu sendiri. Layanan VPS pada masing-masing penyedia menyediakan fitur itu berbeda pada masing-masing server.

Salah satu contoh sederhana saja pada layanan hosting server. Layanan hosting server di indonesia adalah tempat dimana website setiap pengguna yang tersimpan di VPS server Indonesia. Secara mayoritas website tersebut dimiliki oleh kalangan startup perusahaan maupun lembaga pemerintahan. 

Hosting server Indonesia pasti fisiknya berada di beberapa kota besar yang dikelola oleh penyedia layanan hosting. Website yang terletak di server hosting Indonesia biasa disebut dengan Indonesia Internet Exchange (IIX). 

Kecepatan pemanggilan website akan dirasakan cepat, apabila dipanggil dari posisi pengguna yang berada di dalam negeri. Namun sebaliknya akan dirasakan cukup lambah bila dipanggil dari pengguna yang berada di luar negeri. Mengapa demikian, karena routing tergolong pendek dan juga dikarenakan bandwidth internasional lebih lambat bila dibandingkan dengan lokal.

Baca juga artikel tentang : Memahami Virtual Private Server

Komponen apa yang harus diperhatikan pada VPS ?


Kembali pada pembahasan server VPS, terdapat beberapa komponen yang harus diperhatikan dalam memilih VPS server diantaranya :

  1. HDD (Hard Disk Drive)

Ketika anda memilih VPS, menjadi perlu untuk dipertimbangkan jenis HDD apakah yang diperlukan ?. Mengapa demikian, karena harddisk merupakan tempat dimana semua data anda disimpan. Semakin baru teknologi harddisk yang disediakan oleh penyedia VPS, maka akan semakin baik dan tepat untuk dipilih.

Terdapat tiga tipe harddisk yang tersedia berdasarkan teknologi yang dimilikinya :
  •  SATA (Serial Advanced Technology Attachment) 
  •  SAS (Serial Attached SCSI)
  •  SSD (Solid State Drive)
 
Semakin baru penyedia layanna VPS dalam menggunakan teknologi harddisk di atas, maka akan semakin cepat website dapat diakses atau semua fitur dapat berjalan secara optimal, namun sebaliknya bila teknologi harddisk lama yang digunakan, maka akan semakij lambat fitur yang dapat diakses.

  1. Operating Systen (OS)

Prosedur dalam memilih sistem operasi pada VPS umumnya tersedia dalam waktu maksimal dua menit dengan berbagai pilihan sistem operasi yang di tawarkan diantaranya CentOS, Cloud Linux, Debian, Ubuntu, Fedora, Gentoo, Redhat Enterprise, Suse, FreeBSD dll.

Semakin banyak distribusi sistem operasi yang disuguhkan dan semakin cepat sistem operasi diinstall, maka bisa menjadi rekomendasi dalam pemilihan layanan VPS server. 

  1. Backup data

Salah satu indikator untuk memilih layanan VPS adalah pada proses backup. Backup bukan hanya terkait dengan keamanan, juga harus mampu melakukan restore atau mengembalikan data disaat data tersebut tidak sengaja terhapus.

Bila fitur ini tidak tersedia, maka akan mungkin terjadi kehilangan data yang diakibatkan oleh pengguna sendiri, yang pada intinya membuat rugi kalangan pebisnis. 

  1. Lokasi server

Berdasarkan peraturan pemerintah republik Indonesia nomor 82 tahun 2012, tentang Penyelenggaraan Sistem dab Transaksi Elektronik pada pasal 17 disebutkan bahwa "setiap website yang menyimpan data-data keuangan dan digunakan untuk keperluan publik, wajib menggunakan data center di Indonesia.

Oleh sebab itu pemilihan lokasi server untuk dapat lebih menjangkau pelanggan, atau distribusi server yang semakin banyak pada layanan VPS menjadi penting untuk diperhatikan.

Demikian artikel tentang Cara Memilih Penyedia Layanna VPS yang Tepat di Indonesia, semoga dapat bermanfaat untuk anda semua pengunjung setia blog saya ini. Terimakasih.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar