--> Skip to main content

Mengenal Control Panel Hosting

Mengenal Control Panel Hosting

Kembali bersama saya di buatkuingat.com, pada artikel sebelumnya telah di bahas tentang Penyedia Layanan Hosting Terbaik, namun sebelumnya saya akan mencoba menjelaskan tentang Control Panel Hosting kepada sobat semua.

Control panel hosting menyediakan solusi elegan sebagai host dari beberapa situs website yang berjalan pada share hosting VPS (Virtual Private Server) dan Dedicated server. Control panel hosting semacam ini menawarkan kemudahan untuk mengelola perangkat lunak berbasis web untuk menyederhanakan proses penanganan server, tanpa perlu memiliki pengetahuan akan server administration.

Di sampinkg menentukan layanan hosting murah yang sesuai dengan budget, pemilihan control panel hosting pun menjadi pilihan yang tepat. Control panel hosting ini berisikan berbagai fasilitas untuk mengatur semua fungsi dalam server. Salah satu control panel hosting yang populer digunakan adalah cPanel.

Apa itu cPanel ?

Secara sederhana, cpanel identik dengan sebuah web hosting control panel yang digunakan untuk mengatur server yang letaknya sangat jauh (bisa di dalam atau di luar negeri) yang dipakai untuk hosting website dan dapat mengatur beberapa fungsi dari server tersebut dengan udah.

Manfaat cPanel

cPanel disediakan oleh perusahaan pemilik server dan diinstal secara langsung pada server yang bersangkutan. cPanel hingga sekarang hanya dapat support denga server berbasis Linux OS. Beberapa manfaat dari cPanel adalah sebagai berikut :
  1. Tidak perlu bepergian ke server yang bersangkutan yang meng-hosting website untuk aktivitas tertentu. Cukup hanya duduk di depan komputer dan membuka browser.
  2. Mengetahui spesifikasi server yang digunakan seperti processor, RAM, disk termasuk load dari server yang dipakai juga bisa diakses dengan mudah.
  3. Mengatur pemakaian domain, mengatur file dari website, mengatur database dll.

Fitur cPanel

Dengan adanya cPanel sangat membantu blogger dan website developer dalam membuat konten website yang berkualitas, mudah dan juga murah. cPanel sendiri ini berbayar. Pada dasarnya, fitur-fitur dari cPanel tergantung dari ketersediaan pihak penyedia hosting. Namun secara garis besar fitur-fitur cPanel adalah sebagai berikut :
  • Preference
  • Mail
  • Files
  • Logs
  • Domain
  • Database
  • Software

Macam-macam cPanel Hosting

Pada dasarnya cPanel termasuk merek control panel yang populer dan paling banyak digunakan. Ada juga control panel web hosting merk lain seperti Direct Admin, Webmin, Plesk dsb. Terdapat beberapa control panel alternatif yang bersifat open source yang tersedia untuk diunduh secara gratis dengan fitur yang hampir sama dengan yang berbayar. beberapa diantaranya yaitu :

A. cPanel

cPanel adalah control panel hosting yang berbasis Unix/Linux. Antarmuka grafisnya membantu untuk mengelola website berserta account hosting kita dengan sangat mudah dan cepat. cPanel memberi akses penuh atas berbagai elemen pengaturan dari situs web dan administrasi hosting-nya melalui web browser misalnya seperti membuat database, membuat account e-mail, auto responder,
dan mengelola file website.

B. Plesk

Plesk adalah control panel hosting yang mirip dengan cPanel. Plesk memungkinkan kita untuk mengelola account hosting melalui antarmuka berbasis web. Sobat dapat menginstall kontrol panel ini di dalam VPS atau dedicated server. Plesk juga memungkinkan kita untuk mengontrol ribuan virtual host dalam satu mesin. Kontrol panel memungkinkan kita untuk mengotomatisasi banyak tugas yang pada gilirannya mengurangi biaya dan sumber daya. Hal ini juga meningkatkan profabilitas, efisiensi dan kepuasan pelanggan. Fitur yang ditawarkan oleh plesk, yaitu sebagai berikut :
  • Mengelola dan membuat akun e-mail dan database seperti MySQL dan PostgreSQL
  • Membuat akun FTP
  • Menambakan domain dan subdomain
  • Mengelola DNS dan sumber daya lainnya
  • Restore dan backup data

C. ISPConfig

ISPConfig adalah kontrol panel open source multi bahasa yang memungkinkan kita untuk mengelola beberapa server di bawah satu kontrol panel. ISPconfig berlisensi di bawah lisensi BSD. Kontrol panel open source ini juga mampu mengelola FTP, SQL, BIND DNS, database dan virtual server. Fitur yang disediakan oleh ISPConfig adalah sebagai berikut :
  • Antarmuka web yang memudahkan untuk administrator
  • Dapat me-manage lebih dari satu server dari satu kontrol panel
  • Konfigurasi mirroring dan cluster
  • Mendukung web server seperti apache dan nginx
  • Mengelola akun email dan FTP dengan baik

D. Kloxo

Kloxo adalah salah satu kontrol panel website yang terbilang canggih dan disediakan secara gratis untuk distro Redhat dan CentOS. Memiliki fitur seperti FTP, spam filter, PHP, Perl, CGI dan banyak lagi Fitur seperti messaging, backup restore dan modul ticketing juga tersedia dalam kontrol panel ini. Membantu user untuk mengelola dan menjalankan kombinasi Apache dan Bind, dan beralih ke antar muka program tanpa kehilangan data.

E. Zpanel

Zpanel adalah kontrol panel hosting yang disediakan secara gratis dan sangat mudah digunakan pada kontrol panel web hosting kelas enterprise seperti Linux,UNIX, MacOS dan Microsoft Windows. Zpanel ditulis dapat bahasa PHP murni dan berjalan dengan baik pada Apache, PHP dan MySQL. Muncul dengan serangkaian fitur inti penting untuk menjalankan layanan hosting web kita. Fitur inti tersebut meliputi Apache Web Server, Mail Server, MySQL, PHP, Webalizer, RoundCube, phpMyAdmin, phpSysInfo, FTP Jailing dan masih banyak lagi.

F. Webmin 

Webmin merupakan kontrol panel web hosting yang powerfull dan dangat fungsional. Software yang dirancang untuk flatform Unix dan Linux dengan cara yang sederhana. Webmin cukup mampu untuk mengelola berbagai komponen lingkungan berbasis web dari pengaturan web server untuk maintaining FTP E-mail server. Fitur  yang disediakan pada websmin adalah sebagai berikut :
  • Mengkonfigurasi dan membuat server virtual pada apache
  • Mengelola, menginstall atau menghapus paket perangkat lunak (RPM format)
  • Untuk keamanan, kita dapat menyeting fitur firewall
  • Mengubah pengaturan DNS, alamat IP, konfigurasi rouiting
  • Mengelola database, tabel dan field MySQL 

G. EHCP

EHCP (Easy Hosting Control Panel) adalah software kontrol panel gratis untuk menjaga server hosting berbasis web. Dengan penggunaan EHCP cobat dapat mengelola database MySQL, account e-mail, account domain, account FTP dsb. Ini adalah salah satunya kontrol panel yang telah built-in support untuk Nginx dan PHP-FPM yang tidak menggunakan Apache dan memberikan kinerka yang baik untuk server low end.

H. DTC

DTC (Domain Technologies Control) adalah control panel hosting terutama untuk admin dan akuntansi layanan hosting GPL. Dengan bantuan interface web berbasis GUI, DTC dapat mendelegasikan tugas seperti membuat e-mail, account FTP, subdomain, database dan banyak lagi. Ia mengatur database MySQL yang berisi semua infoirmasi hosting.

I. Interworx

Interworx adalah sistem manajemen server linux dan kontrol panel web hosting. Interwork memiliki seperangkat tool yang memberikan kewenangan administrator untuk memerintah servernya sendiri dan end user dapat melihat atau meninjau hasil pengelolaan website mereka. Kontrol panel ini dibagi menjadi dua mode operasi, yaitu sebagai berikut :
  • Nodeworx, yaitu modus administrator yang memabantu mengelola server
  • SiteWorx, yaitu website owner view yang membantu end user untuk mengelola account mereka hosting dan fitur-fitur di dalamnya.

J. Ajenti

Ajenti merupakan satu-satunya kontrol panel berbasis open source yang kaya fitur, kuat dan ringan. Kontrol panel yang menyediakan antarmuka web responsif untuk mengelola server kecil set-up dan juga paling cocok untuk Dedicated dan VPS hosting. Muncul dengan banyak built-in plugin untuk mengkonfigurasi dan mengelola perangkat lunak server dan layanan seperti Apache, Nginx, MySQL, FTP, Firewall, File System, Cron, Munim, Samba, Squid dan banyak program lainnya seperti File Manager, kode Editor untuk developer serta akses Terminal.

K. VestaCP

Kontrol panel lainnya yang juga perlu diketahui oleh pengguna hosting Indonesia adalah VestaCP. Sama seperti EHCP, kontrol panel ini pun berbasis open source, sehingga dapat digunakan secara gratis. Selain hadir dengan fitur untuk dipakai mengelola website secara mudah, vestaCP juga hadir dengan tampilan support bahasa Indonesia.

L. Webuzo

Webuzo merupakan sebuah produk dari softaculous. Kontrol panel ini hadir dengan fitur yang cukup lengkap, termasuk script auto install.Namun, yang menjadi kekurangan Webuzo tidak mendukung DNS cluster dan kebanyakan fitur yang ada harus diinstall secara manual.

M. sPanel

sPanel adalah kontrol panel hosting Unix /Linux yang dikembangkan sendiri oleh salah satu perusahaan web hosting terbesar di indonesia. sPanel memiliki antarmuka web yang cukup sederhana, termasuk versi teks yang ringan bandwith, serta beberapa fitur unik seperti history backup tiga bulan yang dapat di-browse/direstore per file, mekanisme keamanan skript CGI, bila dibandingkan dengan control panel lainnya, penggunaan sPanel lebih mengarah command line daripada GUI.


Demikian artikel tentang mengenal Control Panel Hosting semoga bermanfaat. bila berkenan silahkan untuk di share ke sobat lain yang membutuhkan.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar