--> Skip to main content

Memahami Penjadwalan Proses Pada Sistem Operasi

Memahami Penjadwalan Proses Pada Sistem Operasi

Pengertian proses sebagaimana telah dijelaskan pada materi sebelumnya merupakan program yang dieksekusi. Eksekusi program tersebut dapat berasal dari sistem operasi sendiri,misalnya pada saat komputer pertama kali dihidupkan, dan dari user yang umumnya menjalankan program aplikasi. Sistem operasi saat ini juga telah menyediakan kemampuan penjadwalan proses ini baik oleh sistem operasi sendiri ataupun oleh user.

Penjadwalan proses biasanyya digunakan untuk menyatakan kegiatan penjadwalan yang dilakukan sistem operasi terhadap proses yang berjalan. Sedangkan penjadwalan tugas (task) adalah penjadwalan yang dilakukan oleh user (administrator) untuk menyelesaikan satu atau lebih tugas tertentu

Pengertian Penjadwalan Proses

Penjadwalan merupakan kebijakan dan mekanisme di sistem yang berkaitan dengan urutan kerja yang dilakukan pada sistem operasi, penjadwalan bertugas memutuskan :
  1. Proses yang harus berjalan
  2. Kapan dan selama berapa lama proses itu berjalan
Penjadwalan ini dilakukan oleh sistem operasi untuk mendukung kelancaran kebutuhan kinerja baik oleh sistem maupun user. Ada banyak proses yang dikelola oleh sistem secara bersamaan (pseudoparralleism). Oleh karena itu, perlu adanya pengaturan eksekusi dalam hal ini penjadwalan eksekusi proses agar semuanya dapat berjalan secara optimal. Berikut ini adalah beberapa kriteria yang banyak digunakan untuk menentukan penjadwalan tersebut :

  • Adil (Fairness)

Kriteria ini menunjukan bahwa setiap proses seharusnya dilayani secara merata oleh sistem operasi. Merata disini artinya melakukan pembagian waktu proses yang sama dan tak ada proses yang tidak kebagian layanan pemroses sehingga mengalami startvation. Sasaran penjadwalan seharusnya menjamin tiap proses mendapat pelayanan dari pemroses yang adil.

  • Efisiensi

Efisiensi pemroses ini dihitung dengan menggunakan perbandingan terhadap waktu sibuk pemroses. Efisiensi ini terkait dengan kemampuan sistem operasi untuk memanfaatkan pemroses semaksimal mungkin dalam menyelesaikan semua proses yang ada. Memaksimalkan ini dapat diartikan juga dengan membuat pemroses dalam keadaan selalau sibuk.

  • Waktu Tanggap

Waktu tanggap ini berbeda untuk sistem interaktif dan sistem waktu yang nyata. Pada sistem interaktif waktu tanggap didefinisikan sebagai waktu yang diperlukan untuk menjalankan suatu prosesdari saat karakter terakhir dari perintah atau transaksi dimasukan sampai hasil pertama muncul di layar. Nama lain dari waktu tanggap ini adalah terminal response time.

Pada sistem waktu nyata (real time) waktu tanggap didefinisikan sebagai waktu yang diperlukan oleh sistem operasi untuk menjalankan proses dari saat kejadian, hingga instruksi pertama dari proses tersebut dieksekusi. Waktu ini sering juga disebut dengan istilah event response time.

  • Turn Around Time

Ini adalah waktu yang diperlukan oleh suatu proses diseksekusi oleh sistem operasi,mulai dari saat proses masuk ke sistem hingga eksekusi berakhir. Dalam waktu ini termasuk juga waktu tunggu proses tersebut saat sistem mengalihkan eksekusinya ke proses lain. Sasaran penjadwalan adalah meminimalkan turn arround time

  • Throughput

Dalam kaitannya dengan penjadwalan throughput ini adalah nilai yang menunjukan jumlah proses yang dapat dijalankan oleh sistem operasi pada selang waktu tertentu. Sasaran dari penjadwalan terkait dengan ini adalah memperbesar nilainya. Lenih tinggi throughput,lebih banyak kerja yang dapat dilakukan oleh sistem dalam satu waktu sehingga lebih banyak yang dapat diselesaikan.
Kriteria-kriteria ini dapat memiliki keterkaitan atau pertentangan antara satu dengan yang lainnya, sehingga tidak dimungkinakan optimasi semua kriteria secara simultan. Contohnya, untuk memberi waktu tanggap kecil memerlukan penjadwalan yang sering beralih di antara proses-proses itu. Cara ini akan meningkatkan beban sistem dan mengurangi/mereduksi nilai throughput

Kebijakan perancangan penjadwalan melibatkan kompromi di antara kebutuhan-kebutuhan yang saling bertentangan. Kompromi ini bergantung sifat dan penggunaan sistem komputer.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar