Skip to main content

Google Form Gratis Untuk Membuat Kuisioner Yang Mudah dan Singkat

Mudahnya Membuat Google Form Yang Praktis dan Gratis
Membuat Google Form Praktis

Tentang Google Form

Google Form memiliki fitur yang user friendly atau mudah dipahami untuk membuat survei dan kuis yang dapat disesuaikan dengan keinginan. Google perusahaan besar saat ini yang membuat google forms semakin berkembang memiliki konsep unggul dalam membuat berbagai formulir suvei ataupun kuis. Cara membuat google form sangat mudah serta dilengkapi fitur yang semakin hebat. 

Sejarah Google Form

Google form pada tahun 2008 hanya memiliki spreadsheet sebagai fitur online, kemudian 2 tahun berikutnya diluncurkan fitur formulir spreadsheet namun dalam format terpisah. Google terus meningkatkan fungsi form hingga di tahun 2016 form dibuat secara terpadu antara Google Form dengan Doc, Spreadsheet dan Slide.

Pengertian Google Form

Apa Itu Google Form ?

Google Forms adalah aplikasi administrasi untuk mengumpulkan informasi berupa survei atau kuis, google form masuk dalam kategori perangkat lunak aplikasi yang merupakan satu kesatuan dari aplikasi Google Drive. Formulir yang dibuat dapat berkolaborasi antara document, spreadsheet dan slide.

Manfaat Google Form

Apa sih Manfaat Google Form ?

Manfaat Google Form
Manfaat Google Form 

Bila dilihat dari pengertian dan penjelasan tentang google form sebelumnya, gogle form dapat memudahkan anda untuk mengumpulkan data dari responden kemudian disimpan. Mengapa harus Google Form yang digunakan ?. Karena google form gratis, cepat diakses dan responden bisa secara online bahkan real time.

Bila anda membuat soal pada kertas untuk responden, maka anda harus menyiapkan sejumlah dana untuk membeli kertas dan mencetaknya, namun dengan google form anda cukup membuat dalam bentuk aplikasi, kemudian anda share atau bagikan link-nya agar dapat diisi oleh responden dan secara otomatis anda akan mendapatkan jawaban yang dapat di unduh.

Fitur yang baru Google Form saat ini

Google form saat ini sudah banyak sekali perkembangan untuk dapat mengatasi berbagai pekerjaan secara online. Pada Oktober 2014, Google merilis adanya add-on untuk Google Forms, yang dimungkinkan pihak ketiga dapat membuat alat baru untuk memperkaya fitur pada formulir survei maupun kuis. 

Pada bulan Juli 2017 kembali Google memperbarui fitur pada formulir diantaranya :
1. Validasi respon cerdas pada form untuk meminimalisir kesalahan input data oleh pengguna
2. Dapat menyematkan Upload File dengan lebih besar yang pada awalnya 1GB bisa menjadi 1TB
3. Terdapat form input untuk multi-opsi atau pemilihan jawaban lebih dari Satu
4. Dapat mengumpulkan alamat email pengguna secara otomatis

Cara Kerja Google Form

Google Form adalah sebuah media yang dimungkinkan untuk dapat mengumpulkan informasi dari pengguna melalui survei atau kuis. Informasi itu selanjutnya disatukan pada file spreadsheet secara otomatis. File Spreadsheet tersebut berisi data surver ataupun kuis yang kemudian dapat dikelola sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga artikel tentang :

Kelebihan dan Kelemahan Google Form

Kelebihan Google Form

Berdasarkan kegunaannya, Google form memiliki berbagai kelebihan diantaranya adalah :
1. Mudah sekali untuk digunakan : Google form mudah digunakan bagi anda sebagai pemula, dikarnakan memiliki alur dan fungsi yang simpel dan tidak terlalu kompleks. Sehingga google form ini cocok untuk anda gunakan.
2. Google Form Gratis : Cukup hanya dengan sebuah e-mail di google, anda sudah dapat membuat sesuatu di Google form. Kemudian anda tidak harus repot-repot menyediakan badget untuk membeli aplikasi.
3. Aplikasi yang di buat sangat ringan : Dikarnakan google form ini adalah produk dari perusahaan google, tentunya sudah tidak menjadi kendala donk akan kecepatan aksesnya.
4. Dapat di sematkan di web/blog : Fitur ini cukup memberikan keleluasaan bagi anda untuk bisa menempatkan google form di web atau blog yang dimiliki cukup dengan menyematkan script yang di share dari google form.
5. Menampungan data pada spreadsheet : Data hasil survei atau kuis disimpan pada file spreadsheet yang mana akan tetap ringan dan pada akhirnya anda akan mendapatkan file berupa .CSV atau format Excel untuk di unduh.

Kekurangan Google Form

Berdasarkan kegunaannya, Google form memiliki berbagai kelemahan diantaranya adalah :
1. Bila terdapat File Upload Google Form tidak dapat di sematkan di halaman Web atau Blog yang anda miliki
2. Sampai saat ini google form belum bisa digunakan pada forum atau diskusi online
3. Belum terdapat fitur seperti Equation, sehingga anda akan mendapatkan kendala apabila ingin membuat sebuah kuis yang berisi ilmu matematika.

Cara Buka Google Form

Untuk masuk ke Google Form anda diharuskan memiliki akun e-mail di google, kemudian akses alamat URL drive.google.com, setelah anda masuk di dalam bisa anda pilih menu New – More – Google Form – Kemudian pilih Blank Form. Agar lebih paham tentang bagaimana cara membuat google form, silahkan kunjungi artikel saya tentang Cara Memahami Pembuatan Form di Google Form.

Demikian artikel tentang mudahnya membuat Google Form yang praktis dan gratis, semoga bermanfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar