Skip to main content

Cara Mudah Menginstall Moodle Versi Terbaru Mode Localhost Pada Xampp

Cara Mudah Menginstall Moodle Versi 3

Apa itu Moodle ?

Moodle merupakan salah satu web berbasis Content Management System (CMS), yang digunakan untuk membuat Elektronik Learning (E-Learning), sebuah pembelajaran bersifat daring (dalam jaringan) dengan sistem dan fitur yang telah dimilikinya.

Sistem pembelajaran menggunakan moodle ini biasa disebut dengan Learning Management System (LMS). Sebuah pembelajaran yang diatur dengan baik sehingga kaya akan fitur, namun mudah untuk dipelajari cara install moodle dan konfigurasi moodle itu sendiri.

Baca juga artikel tentang :

Mengapa pilih Moodle ?

Saat ini sudah banyak lembaga pendidikan, pelatihan dan kursus, menggunakan pembelajaran elektronik (e-learning) menggunakan moodle. Selain untuk proses pembelajaran, juga dapat difungsikan untuk proses penilaian berupa evaluasi mengerjakan soal secara online. Terlebih bersipat GNU (General Public License) moodle menjadi primadona aplikasi untuk pembelajaran.

Bagaimana cara menginstall Moodle secara offline di localhost ?

Moodle dapat di install di localhost, dapat di atur dan disiapkan secara offline sebelum moodle di upload ke hosting secara online. Moodle versi 3.7 harus menggunakan PHP versi 7.1.0

Beberapa persiapan yang harus dilakukan untuk menginstall moodle adalah sebagai berikut :
  • Install web server pada PC/Laptop, misal menggunakan Xampp server yang sudah support Apache dan MySQL/MariaDB dan PHP. Disini saya menggunakan aplikasi Xampp versi 7.3.8-2 untuk windows x64 VC15. Bisa di unduh di halaman https://www.apachefriends.org/download.html 
Download Xampp Terbaru
Download Xampp Terbaru
download moodle versi terbaru
download moodle versi terbaru

Baik untuk langkah-langkah instalasinya dapat sobat perhatikan di bawah ini :
(Ke-1) Saya berasumsi sobat telah menginstalkan Xampp server pada PC/Laptop, bila belum ter-install silahakn lihat artikel saya untuk Cara Mudah install Xampp server di Windows.
(Ke-2) Extract file moodle-lates-3.7 menggunakan aplikasi winrar atau sejenisnya
extract file moodle 3.7
Extract file moodle 3.7

(Ke-3) Selanjutnya mengkopikan file aplikasi moodle yang telah di exstract ke folder htdocs (c:\xampp\htdocs), perlu diperhatikan bila terdapat file atau folder di dalam folder htdocs, silahkan agar di backup terlebih dahulu.
copy moodle ke htdocs
Copy moodle ke htdocs

(Ke-4) Buka panel control xampp server, aktifkan Apache dan MySQL dengan mengklik tombol Start.
(Ke-5) Buka browser dan buat database dengan nama moodle di http://localhost/phpmyadmin
Membuat database moodle
Membuat database moodle

(Ke-6) Tahapan selanjutnya adalah mulai untuk membuka halaman install moodle, dengan mengetikan alamat http://localhost pada browser.
(Ke-7) Tahapan ini akan kita mulai untuk menginstall moodle, sebagai tampilan awal akan muncul halaman untuk memilih bahasa (Choose a Language). Rekomendasi saya walaupun terdapat bahasa indonesia, lebih akan dipahami untuk memilih bahasa inggris saja. Klik tombol Next untuk melanjutkan.
memilih bahasa moodle
Memilih bahasa moodle

(Ke-8) Selanjutnya adalah konfirmasi penempatan moodle yang terdiri dari Web address moodle, Moodle directory dan Data directory moodle. Klik Next untuk melanjutkan.
tempat moodle disimpan
Tempat moodle disimpan

(Ke-9) Tampilan berikutnya sobat harus memilih tipe dari database, gunakan jenis database Improved MySQL (nativemysql). Klik Next untuk melanjutkan.
memilih type database moodle
Memilih type database moodle

(Ke-10) Tampilan berikutnya adalah melakukan pengaturan database (database setting). Masukan Database name : moodle, Database user : root dan Database password : dikosongkan. Klik Next untuk melanjutkan.
parameter database moodle
Parameter database moodle

(Ke-11) Klik Continue untuk mengkonfirmasi proses installasi moodle
konfirmasi installasi moodle
Konfirmasi installasi moodle

(Ke-12) Halaman berikutnya adalah pengecekan kesiapan server (Server Checks), dipastikan tidak terdapat kata 'Checks' yang berwarna merah seperti gambar di bawah ini.
server checks installasi moodle
Server checks installasi moodle

Server cek lanjutan

Apabila masih terjadi Error dengan diperlihatkan masih adanya kata checks yang berwarna merah. Maka sobat masih harus memperbaikinya dan bisa melihat postingan saya tentang Cara Mudah Memperbaiki Checks Merah Pada Installasi Moodle di Localhost. Bila tidak diperbaiki sobat tidak bisa melanjutkan proses installasi moodle.

(Ke-13) Bila sudah tidak terapat checks merah pada installasi moodle klik tombol Continue untuk melanjutkan proses installasi moodle.
lanjutkan ke tahapan proses installasi moodle
Tahapan proses installasi moodle

(Ke-14) Tahapan selanjutnya adalah sobat harus menunggu proses instalasi moodle, yang akan memakan waktu kurang lebih 15 menit. Bila sudah klik Continue.
proses installasi moodle
Proses installasi moodle

(Ke-15) Buatlah akun Administrator dengan mengisi dan melengkapi form adminstrator moodle di bawah ini. Klik tombol Update Profile
form profil dan administrasi moodle
Form profil dan administrasi moodle

(Ke-16) Isilah form informasi untuk Front page setting dan lengkapi profil kemudian klik tombol Save Sange.
Front page setting moodle
Front page setting moodle

Langkah-langkah dalam proses installasi moodle yang begitu panjang ini, telah sobat selesaikan dan seharusnya moodle sudah bisa sobat gunakan. Sebagai tampilan awal setelah proses installasi moodle selesai sobat akan melihat halaman dashboard seperti di bawah ini.
halaman dashboard administrator moodle
Halaman dashboard administrator moodle
Installasi moodle sudah berhasil, tinggal sobat melanjutkan untuk melakukan hal lain, seperti Melakukan Pengaturan Moodle untuk E-Learning di Sekolah.

Baca juga artikel tentang :

Demikian artikel ini saya buat, semoga dapat bermanfaat untuk semua. 

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar