--> Skip to main content

Pengertian Softswitch : Fungsi dan Cara Kerja Softswitch

Pengertian Softswitch Fungsi dan Cara Kerja Softswitch


Pengertian Softswitch : Fungsi dan Cara Kerja Softswitch - Saat ini sudah banyak aplikasi yang menyediakan layanan komunikasi data audio dan video baik berbasis PC maupun Smartphone, maraknya layanan tersebut tak heran kadang kita dimanjakan dengan hal itu, disini saya sedikit menuliskan pengalaman tentang bagaimana kita bisa membuat sebuah sistem komunikasi secara mandiri dan terkelola secara lokal. Andaikata sobat bisa merealisasikan hal ini, baik secara pribadi bahkan untuk sebuah lokasi atau lembaga, tentunya sangat bermanfaat.

Layanan komunikasi baik audio maupun video tersebut tidak akan terlepas dari peran aplikasi Softswitch server. Apa yang dimaksud softswitch ?. Mari kita simak pembahasan di bawah ini.

Baca juga artikel :


Pengertian Softswitch

Softswitch merupakan entitas berbagai software yang menjadikan fungsi kontrol panggilan pada jaringan IP (Internet Protocol). 

Softswitch diperkenalkan dan dikembangkan oleh International Softswitch Consortium (ISC), yang identik dengan sebuah alat yang mampu menghubungkan antara jaringan sirkuit dengan jaringan paket, termasuk didalamnya adalah jaringan Public Switch Telephone Network (PSTN), Internet yang berbasis IP, TV Kabel atau Smart TV hingga jaringan seluler melalui gawai.

Topologi Softswitch
Topologi Softswitch


Softswitch merupakan sebuah sistem telekomunikasi masa depan yang mampu memenuhi kebutuhan pelanggan, yakni mampu memberikan layanan tripel play sekaligus, dimana layanan ini hanya mungkin dilakukan oleh sistem dengan jaringan yang maju seperti teknologi berbasis IP.

Softswitch lebih dikenal saat ini dengan istilah IP-PBX dan jaringan komunikasi di masa yang akan datang jelas akan terbagi menjadi dua yaitu teknologi jaringan PSTN dan VoIP.


Fungsi Softswitch

Fungsi softswitch sebagai berikut :
a. Memiliki Fungsi Switching
Teknik switching merupakan salah satu komponen terpenting dalam jaringan telekomunikasi. Dengan switching, komunikasi point-to-point dapat dilakukan tanpa harus menghubungkan langsung antara kedua node tersebut.

Selain untuk melakukan switch (menghubungkan) satu dengan yang lainnya untuk node IP, juga softswitch dapat menghubungkan dan memutuskan antara IP-PBX dengan PSTN, untuk mengatur lalu lintas berupa data, suara dan video.

b. Fungsi Kontrol
Fungsi kontrol pada teknologi softswitch dilakukan oleh Media Gateway Controller (MGC) yang bekerja untuk mengarahkan, memvalidasi dan menyediakan akses bagi pengguna, serta membuat rute pensinyalan ke jaringan PSTN.

c. Fungsi Pensinyalan 
Signalling yang dilakukan antar MGC menggunakan protokol Magaco, H.323 dan SIP. Protokol tersebut menjamin kerja sistem secara optimal. Signalling antara PSTN dengan IP menggunakan jaringan point-to-point.

d. Fungsi Interface
Softswitch memiliki interface yang disebut dengan Application Programming Interface (API) yang membuatnya mampu untuk menambahkan atau mengembangkan server-server yang digunakan untuk menambahkan layanan baru.

Komponen Softswitch

Softswitch terdiri atas komponen-komponen berikut :
  • Media gateway controller (MGC) atau Call Agent
  • Signalling Gateway (SG)
  • Media Gateway (MG)
  • Media Server
  • Feature Server
  • Operating Support System (OSS)

Cara Kerja Softswitch

Cara kerja softswitch
Cara kerja softswitch

  1. Softswitch, customer gateway dan IP telephone mengirimkan sinyal satu sama lain dalam jaringan paket dengan menggunakan protokol telepon, seperti H.323 dan SIP.
  2. Setelah sinyal diterima, softswitch akan mengidentifikasi panggilan masuk yang berasal dari PSTN atau jaringan IP.
  3. Jika pihak yang dipanggil menggunakan IP, maka softswitch akan mengintruksikan customer gateway sumber dan customer gateway tujuan untuk membuat rute secara langsung yang masih dalam jaringan LAN/MAN/WAN
  4. Bila yang dipanggil menggunakan jaringan PSTN, maka softswitch akan mengintruksikan Originating customer gateway untuk membuat rute menuju Media Gateway (MG) yang berhubungan antara lokal dengan sentral trunk dan MG bekerja seiring dengan SG.
  5. Salah satu contoh implementasi softswitch adalah VoIP atau telepon melalui internet.

Demikian artikel tentang Pengertian Softswitch : Fungsi dan Cara Kerja Softswitch, semoga dapat bermanfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar