Cara Ubah Harddisk MBR ke GPT Melalui DOS

Cara Ubah Harddisk MBR ke GPT Melalui DOS

Cara ubah harddisk MBR ke GPT melalui DOS - Selamat datang kembali di buatkuingat.com sobat semua, dengan laju perkembangan teknologi komputer saat ini yang semakin canggih, diharuskan kita untuk dapat mengikuti perkembangannya agar tidak menjadi orang yang gaptek tentunya. proses instalasi pada tahun lalu yang masih banyak menggunakan jenis sistem operasi semisal Windows XP, Windows 7 terasa mudah untuk dilakukan.

Namun saat ini berbeda sobat semua, setelah mulainya para pembuat komputer maupun laptop yang mengusung sistem operasi terbarukan semisal Windows 8.x atau Windows 10 yang menggunakan seri 64 bit, sobat semua harus juga memahami tentang fitur dari BIOS UEFI dan bagaimana cara melakukan install dengan BIOS UEFI.

Baca juga artikel tentang :

Disini saya akan mencoba menjelaskan tentang Cara melakukan convert harddisk dari MBR ke GPT melalui DOS dan begitupun sebaliknya. Sebagai catatan bahwa bila sobat akan melakukan upgrade sistem operasi dari Windows 7 ke Windows 10 64 bit contohnya, maka sobat harus melakukan convert harddisk dari MBR ke GPT, karena Windows 10 64 bit tidak Support dengan format MBR.

Nah, bagaimana cara tersebut bisa kita lakukan, mari kita langsung ke TKP ...

Prasarat untuk melakukan instalasi sistem operasi Windows 10 64 bit sebagai berikut :

  1. Cek driver terlebih dahulu sobat, apakah komputer atau laptop sobat terdapat driver untuk windows 10, tidak jarang banyak yang mengupgrade ke Windows 10 namun ternyata driver untuk Windows 10 tersebut tidak tersedia, alhasil terdapat komponen seperti NIC wireless dll yang tidak berfungsi.
  2. Cek format harddisk, apakah sudah GPT atau masih MBR, karena untuk menginstall windows 10 64 bit, diperlukan harddisk dalam format GPT. Bila masih MBR maka sobat harus melakukan convert ke GPT, dan caranya akan saya jelaskan setelah ini.
  3. Siapkan media instalasi, yang paling saya rekomendasikan adalah flahsdisk, dan tidak semua flashdisk support untuk dijadikan Bootable SO UEFI. Saya telah menguji 2 merk flashdisk yang bisa yaitu Sundisk dan Hp.

Bagaimana cara mengubah format harddisk MBR ke GPT ?

Untuk mengubah format partisi MBR ke GPT maupun sebaliknya melalui Disk Operating System  (DOS) atau orang sering menyebutnya melalui command prompt. Langkah-langkahnya sebagai berikut :
  • Backup semua data yang terdapat di harddisk ke media lain agar aman
  • Sediakan media instalasi baik melalui DVD atau flashdisk 
  • Masukan DVD bootable ke DVD Rom Drive atau tancapkan flashdisk ke komputer/laptop
  • Setting Boot Priority agar di arahkan ke salah satu media instalasi di atas
  • Setelah masuk, jangan lakukan install, namun pilih recovery dan selanjutnya memilih Command prompt
Cara Ubah Harddisk MBR ke GPT Melalui DOS
  • Ketikan perintah Diskpart lihat pada tampilan gambar di bawah ini
  • Lanjutkan list disk
  • Kemudian select disk 0 atau 1 (lihat fartisi yang akan di ubah)
  • Lanjutkan clean
  • Kemudian convert gpt
Cara Ubah Harddisk MBR ke GPT Melalui DOS
  • Proses convert bisa juga dilakukan sebaliknya dari GPT ke MBR
  • Bila sudah terlihat kata "successfully"
  • Ketikan perintah exit
  • Kemudian lanjutkan untuk melakukan instalasi dari media bootable sistem operasi yang telah sobat sediakan.
Membuat media bootable sistem operasi untuk menginstall windows 10 64 bit pada komputer yang BIOS-nya UEFI dapat menggunakan program aplikasi rufus. Akan saya jelaskan Cara membuat flashdisk bootable windows 10 Enterprise 64 bit dengan rufus, pada artikel selanjutnya.

Baca juga artikel tentang :

Demikian artikel tentang cara mengubah format partisi MBR ke GPT maupun sebaliknya, semoga bisa membantu dan menjadi referensi sobat semua.

Saya seorang penulis berusaha mengabadikan setiap pengalaman dan keahlian. Karena ilmu pengetahuan akan tetap abadi hingga manusia tidak bisa berdiri lagi dimuka bumi ini.

1 Comments

Pergunakan komentar yang bijak, saran yang baik dan kritikan yang membangun.
EmoticonEmoticon