Pengertian dan Fungsi Videoscribe Sparkol



Berbagai jenis dan bentuk penyajian sebuah presentasi untuk menjelaskan atau mempromosikan suatu produk atau jasa dibuat semenarik mungkin dengan berbagai aplikasi yang ada. Presentasi adalah tujuan dari sebuah usaha untuk memperkenalkan produk atau jasa kepada khalayak ramai, keberhasilan presentasi di pengaruhi oleh jenis dan bentuk presentasi yang digunakan. 

Umumnya presentasi menggunakan power point menjadi pilihan, sementara dengan laju perkembangan teknologi, ketertarikan seseorang terhadap media gambar saja terus menurun, sehingga si pembuat presentasi harus dapat menyajikan bentuk presentasi yang lebih unik. Nah, pada artikel ini saya akan mencoba menjelaskan tentang jenis presentasi Videoscribe dengan aplikasi Sparkol (animation whiteboard).

Pengertian dan Fungsi Videoscribe Sparkol

Pengertian Videoscribe

Apa itu videoscribe ?

Videoscribe adalah sebuah program aplikasi atau software yang dapat dipergunakan untuk membuat presentasi video, dengan animasi tangan bergerak pada sebuah papan atau white board.

Animasi tangan ini dapat seirama dengan objek berupa teks atau gambar yang ditampilkan pada layar, sehingga bila dilihat seperti tangan sipembuat sendiri yang melakukannya. Keunikan dari videoscribe terletak pada penjelasan suatu topik dengan media gambar dan tulisan yang ditulis atau digambar.


Sejarah VideoScribe

Videoscribe diperkenalkan pertama kalinya pada tahun 2012 oleh perusahaan di Inggris dengan aplikasi Sparkol, setahun peluncuran program aplikasi ini mendapatkan penerimaan yang cukup baik dengan jumlah pengguna mencapai 100.000 orang. Untuk mendapatkan program sparkol trial selama satu minggu, dapat mengunjungi situs resminya di https://www.videoscribe.co


Sparkol Videoscribe

Apa yang dimaksud dengan Sparkol Videoscribe ?

Sparkol videoscribe menggunakan konsep whiteboard animation, yaitu sebuah media presentasi menggunakan layar seperti papan tulis dan animasi tangan yang bergerak menulis atau menggambar sesuatu sesuai objek yang ada di layar. Sparkol saat ini sudah sampai pada versi 3.1.1 yang dapat dibeli dengan harga $24 atau sekitar Rp. 360.000 untuk 3 bulan.

Pengertian dan Fungsi Videoscribe Sparkol

Fungsi Sparkol Videoscribe

Fungsi dari Sparkol Videoscribe adalah untuk membuat presentasi video animasi dengan tangan bergerak menulis atau menggambar sesuatu yang ada di layar, layaknya seperti seseorang menjelaskan secara langsung pada papan tulis, sehingga biasanya dikenal dengan istilah lain yaitu "Whiteboard Animation for Dreating Hand Draw". 

Sparkol videoscribe digunakan bukan hanya untuk masalah bisnis, namun juga banyak digunakan sebagai media pembelajara siswa di sekolah, menurut survey 88% videoscribe mampu meningkatkan prestasi siswa, karena siswa lebih tertarik melihat video animasi whiteboard, dibandingkan dengan seorang guru menjelaskan secara audio dan visual di papan tulis sebenarnya.

Pengertian dan Fungsi Videoscribe Sparkol


Fitur fitur Sparkol Videoscribe

Beberapa fitur yang dimiliki aplikasi Sparkol Videoscribe diantaranya adalah :
  1. Memiliki ribuan gambar yang dapat dipilih, sehingga tidak perlu menggambar atau menjadi seorang seniman, dapat juga mengolahnya dengan format gambar .SVG pada aplikasi lain.
  2. Memasukan musik sebagai backsound dari sparkol maupun musik pilihan sendiri.
  3. Dapat mengatur durasi video yang diinginkan dengan menentukan waktu setiap objek. 
  4. Dapat di publish atau dibuat pada jenis file .mp4, .wav atau membagikan langsung ke jejaring sosial seperti facebook, youtube dan sho.co.
Demikian artikel saya tentang Pengertian dan fungsi Videoscribe Sparkol, nantikan artikel berikutnya tentang topik yang sama, semoga bermanfaat.


Saya seorang penulis berusaha mengabadikan setiap pengalaman dan keahlian. Karena ilmu pengetahuan akan tetap abadi hingga manusia tidak bisa berdiri lagi dimuka bumi ini.

Pergunakan komentar yang bijak, saran yang baik dan kritikan yang membangun.
EmoticonEmoticon