--> Skip to main content

Tutorial Menggunakan Sparkol Videoscribe

Tutorial menggunakan Sparkol Videoscribe


Kembali lagi bersama saya untuk selalu mengingat atau kembali mengingat sesuatu yang harus di ingat, kali ini saya akan mencoba menjelaskan secara bertahap, tentang videosscribe atau banyak orang bilang program presentasi tangan bergerak. Aplikasi yang digunakan adalah Sparkol Videoscribe, sebuah aplikai yang sederhana, namun memiliki keunggulan yang luar biasa, untuk membuat sebuah presentasi video yang menarik dan unik.

Oke sobat semuanya, siapkan diri untuk mencoba aplikasi ini, dijamin sobat akan menjadi seorang yang profesional dalam bidang presentasi. Pada artikel terbelumnya telah banyak saya paparkan tentang penggunaan aplikasi Videoscribe Sparkol :


Baca juga artikel tentang :

Cara Membuka Sparkol Videoscribe

Saya asumsikan bahwa sobat semua sudah mengunduh program sparkol dan menginstallnya di PC/laptop masing masing, serta telah membaca artikel saya tentang Pengertian dan fungsi dari Videoscribe Sparkol. Sekarang silahkan buka aplikasinya.

Tampilan awal Sparkol
Tampilan awal Sparkol


Tampilan di atas adalah tampilan pertama di sparkol, untuk memulai membuat sebuah projeck pada VideoScribe Sparkol, silahkan klik tombol plus (+).

Area Kerja/Canvas Sparkol
Area Kerja/Canvas Sparkol

Nah, halaman kerja dari sparkol sudah terbuka, terlihat sepintas tools yang ada di program tersebut tidak banyak ya sobat, namun bila sobat mau mempelajari terlebih dahulu nama dan fungsi masing masing tools tersebut, silahkan kunjungi artikel saya sebelumnya tentang. Cara Memahami Toolbar Pada Videoscribe Sparkol.


Cara Memasukan Image di Sparkol Videoscribe

Oke obat semua projek pertama akan kita buat dan kali ini akan kita mulai dengan memasukan objek gambar ke dalam halaman kerja, silahkan klik tombol Add an Image to the canvas



Image Category Sparkol
Image Category Sparkol

Memasukan Gambar
Memasukan Gambar


Akan muncul kotak dialog seperti di atas, berbagai kategori yang muncul seperti Arrows, Bussines Icons, .... bisa sobat pilih image yang diinginkan pada setiap kategori yang telah ada, atau bila terdapat koneksi internet, sobat bisa mengetikan sebuah keyword (kata kunci) pada kotak yang disediakan.

Gambar masuk area kerja sparkol
Gambar masuk area kerja sparkol

Bila sudah memilih kategori dan image yang akan dimasukan, silahkan di klik image-nya kemudian akan tampil image di halaman area kerja (canvas). Lakukan hal yang sama untuk image yang lainnya.


Cara Memasukan Teks di Sparkol Videoscribe

Untuk memasukan teks, sama seperti memasukan image, silahkan klik Add Text to The Canvas



Mengatur Font pada Videoscribe Sparkol
Mengatur Font pada Videoscribe Sparkol

Muncul kotak dialog untuk memasukan teks, silahkan ketikan teks pada kotak Your Message.  Terdapat beberapa pengaturan yang ada utuk mengelola teks, diantaranya
  1. Memilih font (huruf) bisa dilihat pada gambar di atas sobat bisa klik tombol minus (-) atau plus (+)
  2. Memasukan font lain : dengan mengklik huruf "F" pada sudut kiri bawah
  3. Memilih warna teks yang akan di masukan, tepat di samping huruf "F".
Bila sudah silahkan klik tombol Ceklish.

Tampilan image Videoscribe Sparkol
Tampilan image Videoscribe Sparkol


Cara Memasukan Grafik di Sparkol Videoscribe

Untuk memasukan grafik-pun tidak terdapat perbedaan, sama persis seperti tombol sebelumnya, silahkan klik tombol Add a chart to the canvas


Membuat grafik di Videoscribe Sparkol
Membuat grafik di Videoscribe Sparkol

Pilih jenis chart atau grafik, Bar/Pie/Line. Kemudian ketikan judul field atau judul kolom misal pada gambar di atas adalah Juni, Juli, Agustus (pisahkan dengan koma). Kemudian tentukan nilai dari setiap judul misal pada gambar di atas 10, 30, 50 jangan lupa ceklsih Show value (agar nilai tersebut tampil pada chart, selanjutnya ceklish juga pada bagian Colour. Bila sudah klik tombol Ceklish


Tampilan grafik di Videoscribe Sparkol
Tampilan grafik di Videoscribe Sparkol



Cara Memasukan Musik di Sparkol Videoscribe

Klik tombol Add or change music track for this canvas




Cara memasukan musik di Videoscribe Sparkol
Cara memasukan musik di Videoscribe Sparkol

Klik tombol folder pada sudut kiri bawah, masukan jenis file music seperti .mp3 atau .wav.


Cara Memasukan Voice di Sparkol Videoscribe

Klo tombol Add or change voiceover for this canvas




Memasukan voice di Videoscribe Sparkol
Memasukan voice di Videoscribe Sparkol

Nah, pada bagian ini sobat dapat memasukan voiceover secara langsung pada canvas (tentunya dengan perangkat headset yang telah disiapkan), atau dengan memasukan voiceover dalam bentuk file. Untuk memasukan voiceover langsung silahkan klik Record, bila sumber dari file klik tombol folder pada sudut kiri bawah.


Cara Mengganti Backgroudn di Sparkol Videoscribe

Klik tombol Change the paper texture and color




Memilih background Videoscribe Sparkol
Memilih background Videoscribe Sparkol

Terdapat beberapa texture yang dapat sobat pilih, kemudian juga sobat bisa menentukan warna setelah texture di pilih. Bila sudah dipilih klik Ceklish


Cara Mengatur Durasi Waktu di Sparkol Videoscribe

Pada bagian ini sobat akan menentukan durasi dari setiap objek yang ada di canvas, durasi dari masing masing objek image, teks dan chart, menentukan lama atau tidaknya sebuah video yang dibuat. Lihat timeline properties pada bagian bawah.

Timeline properties Videoscribe Sparkol
Timeline properties Videoscribe Sparkol

Klik pada salah satu image pada timeline properties


Bisa di lihat terdapat tulisan 1.0s artinya objek tersebut akan di gambar dengan waktu 1 detik, sobat bisa menambah lama pembuatan atau animasi menggambar objek tersebut dengan menekan tombol plus (+). Untuk melihat objek bisa klik tombol play (tombol segitiga), atau sobat akan mengatur kembali objek tersebut silahkan klik tombol gambar paper di sampingnya.


Cara Mempublish Video di Sparkol Videoscribe

Bila sudah selesai memasukan objek, kali ini sobat harus mencoba untuk melakukan publish atau sama dengan menyimpan file dalam format .mp4 atau langsung menuju media sosial seperti youtube, facebook ataupun power point. Silahkan klik tombol publish 


Cara Publish/Render Videoscribe Sparkol
Cara Publish/Render Videoscribe Sparkol

Akan muncul kotak dialog untuk mem-publish projeck, silahkan pilih opsi publish, dan tunggu hingga proses Render selesai, saran saya sih coba simpan saja di harddisk local dulu, agar sobat mendapatkan arip file dari projek sobat


Baca juga :

Kunjungi Channel Youtube saya di :




Oke sobat sampai disini dulu perjumpaan kita, pada tutorial menggunakan sparkol videosribe. Nantikan artikel berikutnya dengan materi lanjutan tentang sparkol videoscribe. Semoga bermanfaat.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar