Skip to main content

Pengertian Web Server dan Cara Kerja Web Server Bagi Pemula

Pengertian Web Server dan Cara Kerja Web Server Bagi Pemula


Kembali bersama saya sobat semua, kali ini saya akan mencoba menjelaskan tentang pengertian web server dan cara kerja web server bagi pemula. Mungkin banyak yang telah menulis artikel yang sama, tapi tidak ada salahnya kan saya coba tulis kembali terutama bagi sobat semua yang masih pemula, artikel yang saya tulis sedemikian mencoba untuk lengkap dan informatif. Oke sobat langsung saja kita ke TKP.


Baca juga :

Definisi Web Server

Apa yang dimaksud dengan web server ?

Web Server adalah sebuah perangkat lunak aplikasi yang memberikan pelayanan terhadap client dalam bentuk web, melalui permintaan Hypertext Transfer Protocol (HTTP) maupun Hypertext Trasnfer Protocol Secure (HTTPS).

Web server ini dapat di akses melalui browser yang terdapat di komputer client seperti google chrome, mozilla firefox dll. Pada umumnya browser dapat menerima pesan dari web server dalam bentuk Hypertext Markup Language (HTML). Jadi web server secara pengertian sederhana adalah mengirimkan data terhadap client dalam format HTML melalui browser.


Sejarah Web Server

Sebuah tim yang diketuai oleh Berners Lee pada perusahaan CERN (European Organization for Nuclear Research) tahun 1929, mengajukan sebuah projek yang memiliki fungsi untuk melakukan pertukaran informasi antar peneliti, dengan menggunakan sistem hypertext. Alhasil projek tersebut menghasilkan sebuah mesin penjelajah yang dinamakan dengan World Wide Web (WWW), yang kemudian dikenal dengan istilah CERN httpd yang berjalan pada sistem operasi NextSTEP.

Kemudian pada tahun 1991 hingga 1994, projek itu di adopsi oleh beberapa sistem operasi dengan tujuan agar dapat dipergunakan lebih luas, dan bidikan pertama dari sistem operasi yang mengusung WWW adalah pada lingkungan pendidikan tinggi, serta beberapa industri bisnis.

Tim Berners Lee melanjutkan pengembangan projeknya dengan meluncurkan World Wide Web Consortium (W3C) di tahun 1994, hal ini dimaksukan untuk melakukan manajemen dalam pengembangan lanjutan teknologi terkait (HTTP,HTML dll), sehingga muncul standarisasi secara global.


Macam macan Web Server

Beberapa macam web server yang banyak digunakan saat ini atara lain :

  1. Internet Information Service (IIS)
  2. Apache Web Server
  3. Apache Tomcat
  4. Zes web server
  5. Lighttpd

Web server yang banyak digunakan baik untuk pribadi hingga perusahaan dan bisnis lain adalah IIS produk Microsoft dan Apache Web Server yang cocok untuk linux.

Fungsi Web Server

Fungsi yang paling dominan atau paling utama dari web server adalah, keunggulan sebuah layanan untuk melakukan transfer data melalui protokol, yang telah berkembang untuk beberapa pengiriman data teks, gambar, audio, dan video. Layanan tersebut telah kita rasakan bersama manfaatnya, selain menerima informasi dalam bentuk teks pada sebuah web, kita juga sekaligus dapat melihat dan mendengar informasi yang disuguhkan dalam format video.

Bahkan dengan teknologi jaringan 4G dan 5G kedepan yang memiliki kecepatan akses internet lebih besar lagi, berimbas terhadap penggunaan HTTP, yang pastinya akan diramaikan oleh banyak penyedia layanan web untuk kegiatan streaming (video on demand). Bagi pelaku bisnis tentu merupakan peluang yang cukup besar.


Cara Kerja Web Server

Cara kerja web server
Cara kerja web server

Berikut adalah beberapa tahapan yang merupakan cara kerja dari web server.
  1. Client melakukan permintaan untuk mengakses sebuah domain Uniform Resouce Locator (URL) yang diketikan pada address bar di sebuah browser
  2. Permintaan tersebut di kirim ke server penyedia DNS.
  3. Bila halaman web tersebut menggunakan database programming, maka akan dihubungkan dengan database server
  4. Apabila domain pada URL tersebut ada di web server, maka web server akan segera melakukan respon, dengan menampilkan web yang diinginkan.
  5. Apabila domain pada URL tersebut tidak ada, maka akan mucul informasi "Page Not Found" artinya halaman tidak ditemukan.
  6. Pengiriman permintaan web dari client tersebut akan di delegasikan melalui DNS server.
  7. Demikian seterusnya, karena setiap perangkat terhubung ke internet dan memiliki spesifikasi yang baik, juga dengan koneksi internet yang cukup, maka proses permintaan web tidak akan berlangsung lama.


Aplikasi Web Server Terbaik

Dilihat dari banyaknya pengguna maka web server yang bagus di sandang oleh Apache Web Server. Beberapa kelebihan dan kekurangan dari Apache Web Server :

Kelebihan Apache Web Server

  1. Aplikasi bersifat Open Source
  2. Proses instalasi mudah
  3. Mudah untuk di modifikasi maupun menambah peripheral dan web server
  4. Dapat dipergunakan pada berbagai flatform sistem operasi
  5. Terdapat komunitas atau forum yang cukup besar, sehingga bila terdapat masalah dapat dengan mudah dicari solusinya.
  6. Telah menggunakan Secure Socket Layer (SSL) 
  7. Otomatis terhubung client untuk mendapatkan tampilan web yang terbaik

Kekurangan Apache Web Server

  1. Tidak dapat mengatur load seperti IIS sehingga sibuk dan banyak memakan RAM
  2. Mudah di serang dengan metode Denial Of Service (DOS) pada beberapa versi
  3. Apache Web Server tidak memproses karakter kutip pada string referer dan user agent
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar