Mengapa Harus Takut Supervisi Kelas Sih.. !



Bagi sebagian guru kata "Supervisi Kelas" kadang membuat suasana menjadi gelisah, tegang, tidak karuan, hal ini memang suatu kewajaran, mari kita pahami arti dari supervisi. Supervisi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) artinya pengawasan utama; pengontrolan tertinggi; jadi, wajar memang bila timbul rasa gelisah, tegang, gundah gulana he.... namanya juga "Pengawasan Utama".

Sementara Supervisi Kelas adalah kegiatan menilai dan membina guru, dalam rangka meningkatkan kualitas proses pembelajaran, agar diperoleh hasil yang lebih baik. Makin bertambah lagi rasa malu dan takut bila kita lihat siapa yang melakukan Supervisi he.., yang biasa melakukan Supervisi tersebut diantaranya adalah Kepala Sekolah dan Pengawas Pendidikan.

Pertanyaanya : Mengapa harus takut ?

Jawabannya yang pasti berada di benak Bapak/Ibu Guru masing-masing, saya disini hanya mencoba menerawang :
  • Mungkin karena belum buat administrasi ....
  • Mungkin jarang masuk kelas ....
  • Mungkin malu bila di lihat atasan saat mengajar ....
  • Mungkin takut sama atasan ....
Banyak alasan yang sampai saat ini di simpan di benar Bapak/Ibu Guru ketika tiba saatnya kegiatan Suvervisi Kelas. Menurut Saya sih...eum..kalo sudah jelas membuat perangkat administrasi pembelajaran dengan sebaik-baiknya pastinya berkurang tuh rasa takut, ditambah bahwa supervisi ini juga kegiatan yang bagus lho...untuk mengukur kita dalam melakukan proses pembelajaran dengan siswa, dan ga perlu takut sama atasa deh lebay...he... Takut sama Allah SWT saja. 

Jadi, persiapkan segala sesuatu sebelum tiba Supervisi Kelas, bukannya juga hidup kita pasti ada ujian, mari persiapkan segala sesuatunya untuk menghadapi ujian nanti. 


Saya seorang penulis berusaha mengabadikan setiap pengalaman dan keahlian. Karena ilmu pengetahuan akan tetap abadi hingga manusia tidak bisa berdiri lagi dimuka bumi ini.

3 Comments

Pergunakan komentar yang bijak, saran yang baik dan kritikan yang membangun.
EmoticonEmoticon