--> Skip to main content

Cara Mengaktifkan Fitur Perlindungan Baterai di HP Samsung Galaxy S24

Cara Mengaktifkan Fitur Perlindungan Baterai di HP Samsung Galaxy S24

Artikel ini menjelaskan cara mengaktifkan fitur Perlindungan Baterai di HP Samsung Galaxy S24 (One UI 6.1). Di era digital ini, smartphone menjadi perangkat penting yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari.

Penggunaan smartphone yang intens dapat memengaruhi kesehatan baterai, sehingga performa dan daya tahannya menurun. Samsung Galaxy S24 dilengkapi dengan fitur Perlindungan Baterai yang membantu menjaga kesehatan baterai agar tetap optimal.

Fitur Perlindungan Baterai pada Galaxy S24 dirancang untuk memperpanjang usia baterai dan mencegah kerusakan akibat pengisian daya yang berlebihan. Fitur ini bekerja dengan membatasi pengisian daya baterai hingga 85%, sehingga baterai tidak mengalami stres dan panas berlebih saat terisi penuh.

Fitur perlindungan baterai One UI 6.1 memiliki 3 opsi seperti Perlindungan dasar, Perlindungan adaptif, dan Perlindungan maksimum.

Perlindungan Dasar

Saat baterai Anda terisi hingga 100%, pengisian daya akan berhenti hingga level baterai turun hingga 95% dan kemudian pengisian daya akan dimulai kembali. Ini akan berulang sampai telepon Anda terputus dari pengisi daya. Ini memberikan perlindungan tingkat dasar untuk baterai Anda dan memastikan bahwa ponsel Anda terisi setidaknya hingga 95%.

Perlindungan Adaptif

Pengisian daya akan dijeda pada 80% saat Anda tidur dan menyelesaikan pengisian daya hingga 100% tepat sebelum Anda bangun. Ini memberikan perlindungan moderat bagi orang yang mengisi daya ponselnya di malam hari.

Perlindungan Maksimal

Baterai Anda akan berhenti mengisi daya sepenuhnya saat mencapai 80% dan tidak akan melanjutkan pengisian kecuali level baterai turun di bawah 80%. Ini memberikan perlindungan maksimal untuk baterai Anda.

Fitur Perlindungan Baterai memungkinkan pengguna untuk:

  • Membatasi pengisian daya: Mengatur batas pengisian daya maksimum untuk mencegah pengisian daya berlebihan yang dapat merusak baterai.
  • Memperpanjang usia baterai: Mengoptimalkan penggunaan baterai dengan menonaktifkan fitur-fitur yang tidak terpakai.
  • Memantau kesehatan baterai: Menampilkan informasi tentang kondisi baterai, seperti sisa daya, temperatur, dan kesehatan baterai.

Baca juga: Cara Menggunakan Mode Interpreter di Samsung Galaxy S24

Cara Mengaktifkan Fitur Perlindungan Baterai di HP Samsung Galaxy S24

berikut langkah-langkah mengaktifkan proteksi baterai di One UI 6.1 berbasis Android 14:

1. Buka aplikasi Pengaturan.

2. Ketuk Perawatan perangkat.

3. Pilih Baterai.

4. Sekarang, ketuk Perlindungan baterai.

5. Aktifkan terlebih dahulu lalu pilih opsi apa pun yang Anda inginkan:

  • Dasar
  • adaptif
  • Maksimum

Manfaat mengaktifkan fitur Perlindungan Baterai

  • Memperpanjang usia baterai
  • Meningkatkan performa smartphone
  • Mengurangi risiko kerusakan baterai
  • Meningkatkan keamanan penggunaan smartphone

Tips Memaksimalkan Fitur Perlindungan Baterai:

  • Gunakan Pengisi Daya Asli: Gunakan pengisi daya asli Samsung yang disertakan dengan perangkat Anda untuk memastikan pengisian daya yang aman dan optimal.
  • Hindari Pengisian Daya Berlebihan: Sebaiknya cabut pengisi daya setelah baterai mencapai 85%.
  • Hindari Suhu Ekstrem: Hindari mengisi daya baterai di tempat yang panas atau dingin.
  • Perbarui Perangkat Lunak: Pastikan perangkat lunak Anda selalu diperbarui ke versi terbaru untuk mendapatkan performa baterai yang optimal.

Baik fitur yang ada maupun yang akan datang bertujuan untuk mengurangi frekuensi siklus pengisian daya dari waktu ke waktu, memastikan kesehatan baterai ponsel Anda bertahan lama. Sederhananya, semakin sering Anda mengisi dan mengosongkan daya ponsel, semakin sedikit daya yang dapat ditampung baterai dalam jangka panjang.

Itu saja. Ini adalah bagaimana Anda dapat mengaktifkan dan menggunakan fitur perlindungan baterai pada seri Samsung S24. Menariknya, fitur ini tampaknya tidak eksklusif untuk seri Galaxy S24. Jadi, jika Anda memiliki ponsel Galaxy lama dan mengkhawatirkan kesehatan baterai, fitur ini dirancang untuk Anda.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar