--> Skip to main content

Cara Melihat IP Address di HP Android dengan Mudah Terbaru 2023

 

Cara Melihat IP Address di HP Android dengan Mudah Terbaru 2023
Cara Melihat IP Address di HP Android dengan Mudah Terbaru 2023

Buatkuingat.com - Dalam dunia digital yang semakin berkembang, pengetahuan tentang IP address di perangkat sendiri adalah hal yang berguna.


Artikel ini akan membantu kamu dalam memahami cara sederhana dan mudah untuk memeriksa IP address di ponsel tanpa perlu mengunduh aplikasi tambahan.


Panduan berikut akan menjelaskan mengenai langkah demi langkah memeriksa IP Address di perangkat untuk membantumu melakukannya.


Apa itu IP Address?


Internet Protocol Address (IP Address) adalah serangkaian angka yang digunakan untuk mengidentifikasi perangkat di jaringan internet.


IP Address berperan penting dalam komunikasi antar perangkat di jaringan internet sehingga data dapat dikirimkan ke perangkat yang tepat.


Fungsi IP Address


IP Address atau alamat IP memiliki sederet fungsi penting dalam konteks jaringan, seperti:


Mengidentifikasi Perangkat


IP Address merupakan identitas unik yang dimiliki setiap perangkat yang terhubung ke internet. Dengan IP Address, perangkat dapat dikenali satu sama lain di jaringan internet.


Melacak Lokasi Perangkat


IP Address dapat digunakan untuk melacak lokasi perangkat. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan layanan pelacakan IP Address.


Mengatur Akses ke Jaringan


IP Address dapat digunakan untuk mengatur akses ke jaringan. Misalnya, administrator jaringan dapat menggunakan IP Address untuk membatasi akses ke situs web tertentu.


Mengapa Kita Perlu Mengecek IP Address?


Ada beberapa alasan mengapa kita perlu mengecek IP Address di perangkat sendiri, antara lain:


Mengetahui Identitas Perangkat


Mengecek IP Address dapat membantu kita mengetahui identitas perangkat yang kita gunakan. Dengan mengetahui IP Address, kita dapat membedakan perangkat kita dengan perangkat lain yang terhubung ke jaringan internet.


Mengatasi Masalah Koneksi Internet


Terkadang, masalah koneksi internet dapat disebabkan oleh kesalahan IP Address. Mengecek IP Address dapat membantu kita mengetahui apakah IP Address perangkat kita sudah benar atau belum.


Meningkatkan Keamanan Perangkat


IP Address dapat digunakan oleh orang lain untuk melacak lokasi perangkat kita. Dengan mengecek IP Address secara berkala, kita dapat mengetahui apakah ada perubahan IP Address perangkat kita. Jika terjadi perubahan IP Address, kita perlu waspada terhadap kemungkinan serangan siber.


Pelajari juga tutorial seputar cara mengatasi WiFi tidak stabil dan no internet access dan cara setting TP-Link TL WR840N menjadi access point.


Cara Melihat IP Address di HP dengan Mudah dan Cepat


Simak selengkapnya mengenai informasi cara melihat IP address di HP pada penjelasan langkah-langkah yang tertera di bawah ini:


1. Hubungkan Perangkat ke Internet


Langkah pertama dalam memeriksa IP address di ponsel adalah dengan memastikan bahwa koneksi internet sudah aktif di perangkat yang sedang digunakan. Pastikan ponsel kamu telah terhubung ke jaringan internet yang tersedia.


2. Buka Browser HP


Selanjutnya, buka atau cari aplikasi web browser seperti Google Chrome di ponsel. Google Chrome adalah salah satu browser paling populer dan dapat digunakan untuk melakukan banyak hal, termasuk memeriksa IP address di perangkat yang terhubung ke jaringan.

Cara Melihat IP Address di HP Android dengan Mudah Terbaru 2023

3. Masuk ke Website ipsaya.com


Setelah membuka Google Chrome, ketikkan "ipsaya.com" tanpa tanda petik pada bar pencarian. Langkah ini akan membawa pengguna ke situs web yang memungkinkan untuk melihat IP address perangkat.

Cara Melihat IP Address di HP Android dengan Mudah Terbaru 2023

4. Lihat IP Address


Setelah berada di situs web tersebut, pengguna akan melihat IP address yang sedang digunakan pada perangkat. Ini adalah informasi yang akan membantumu memahami IP address pada ponsel.

Cara Melihat IP Address di HP Android dengan Mudah Terbaru 2023

Selain IP address, pada website ini juga tertera informasi lain seperti jenis koneksi, ISP, kota, negara, device dan OS yang digunakan, dan ukuran resolusi layar perangkat.

Cara Melihat IP Address di HP Android dengan Mudah Terbaru 2023

Alternatif Lain


Selain metode di atas, kamu juga dapat mencoba alternatif lain dengan menggunakan website whoer.net untuk melihat IP address.

Cara Melihat IP Address di HP Android dengan Mudah Terbaru 2023

Cara ini mungkin berbeda dari satu perangkat ke perangkat lainnya, tetapi ini adalah opsi lain yang dapat dicoba untuk mengetahui IP address pada perangkat.


Akhirnya, kita telah tahu tentang cara mudah untuk memeriksa IP address di ponsel sendiri. Semua langkah di atas dapat dilakukan tanpa perlu mengunduh aplikasi tambahan.


Harapannya, informasi ini bermanfaat bagi pembaca dalam hal mengetahui IP address dan terima kasih telah membaca artikel ini hingga selesai, selamat mencoba!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar