--> Skip to main content

7 Tips Memilih Spesifikasi Laptop untuk Desain Grafis

 

7 Tips Memilih Spesifikasi Laptop untuk Desain Grafis

Bagi para desainer grafis, tak hanya butuh bakat dan kreativitas, tetapi juga laptop desain grafis yang powerful.


Tanpa perangkat yang sesuai dan memadai, mengejar dan mewujudkan semua ide dan imajinasi yang kamu miliki akan terasa sulit.


Oleh karena itu, kamu memerlukan laptop yang dapat membantu pekerjaan desainmu secara efektif dan efisien.


Tips Memilih Spesifikasi Laptop untuk Desain Grafis


Berikut ini adalah informasi yang mungkin kamu butuhkan saat hendak memilih laptop untuk desain grafis dengan spesifikasi yang sesuai untuk kinerja yang optimal.


1. Resolusi Layar


Aspek pertama yang harus kamu perhatikan adalah layar laptop. Pastikan resolusi layarmu setidaknya 1920 x 1080 piksel atau biasa disebut Full HD (FHD).


Resolusi ini sudah umum digunakan bahkan untuk kegiatan komputasi sehari-hari. Selain itu, ukuran layar juga tidak boleh diabaikan. Semakin besar layar, semakin nyaman untuk membuat karya-karya grafismu.


2. Panel Layar


Faktor penting lainnya saat menentukan spesifikasi laptop untuk desain grafis adalah memperhatikan penggunaan panel IPS yang menawarkan akurasi warna yang tinggi.


Dengan panel ini, kamu dapat memperoleh warna yang lebih akurat dan reproduksi visual yang lebih baik.


Pastikan panel IPS yang kamu pilih di laptop memiliki Delta x kurang dari 2000 untuk hasil yang lebih presisi.


3. Processor dan RAM


Ketika membuat desain, pengolahan data menjadi faktor krusial. Kamu perlu memilih laptop dengan processor yang memiliki jumlah core yang banyak.


Hal ini akan sangat membantu dalam pembuatan desain, pengeditan video, atau rendering 3D. Processor dengan banyak core dapat membagi beban kerja sehingga tugas dapat terselesaikan lebih cepat.


Selain prosesor, memori juga memegang peranan penting. Semakin besar kapasitas RAM, semakin banyak tugas yang dapat diproses oleh laptop secara bersamaan.


Bagi kamu para desainer grafis pemula, pastikan memilih laptop dengan RAM minimal 8 GB agar performa tetap optimal.


4. Kartu Grafis


Kartu grafis memiliki peran penting dalam mendukung pekerjaan desainmu. Pilihlah kartu grafis mid-end seperti NVidia GeForce GTX, Iris, atau AMD RX.


Kartu grafis jenis ini mampu menampilkan warna yang kaya dan visual yang mencolok sehingga hasil karyamu akan berkualitas tinggi.


5. Media dan Kapasitas Penyimpanan


SSD (Solid State Drive) menjadi dukungan penting untuk laptop desain grafis. Adanya dukungan SSD membuat proses rendering dan loading sejumlah project dapat terselesaikan dalam waktu yang sangat singkat.


Namun, jangan lupa melihat kapasitas penyimpanan terlebih dahulu. Memilih laptop dengan kombinasi SSD dan HDD dinilai cukup untuk menyimpan semua karya-karyamu sekaligus memasang semua aplikasi desain grafis.


Pasang SSD di laptop atau PC, tapi tidak terbaca oleh perangkat? pantau cara mengatasi SSD tidak terbaca di laptop atau PC.


6. Kapasitas Baterai dan Sistem Pendingin


Pasti kamu tahu bahwa mendesain satu gambar atau mengedit video membutuhkan waktu yang cukup lama. Apalagi jika ada revisi yang perlu dilakukan, waktu pengerjaan akan semakin bertambah.


Oleh karena itu, kamu butuh laptop desain grafis dengan baterai yang tahan lama. Laptop dengan baterai yang mampu bertahan hingga seharian adalah pilihan yang sangat direkomendasikan agar kamu dapat menggunakan laptop dengan nyaman selama berjam-jam.


Selain itu, pastikan laptop kamu dilengkapi dengan sistem pendingin yang handal. Poin ini bisa dibilang cukup penting, terutama karena kipas pendingin dapat mengurangi risiko laptop menjadi panas ketika menjalankan aplikasi yang berat.


Dengan demikian, kinerja laptop milikmu akan tetap optimal dan tidak terganggu oleh masalah panas yang berlebihan.


7. Desain Tipis dan Ringan


Terakhir, jika memungkinkan, pilihlah laptop dengan desain tipis dan ringan. Hal ini akan memudahkanmu dalam mobilitas, sehingga kamu dapat produktif di mana pun, seperti saat meeting dengan klien di coffee shop atau menyelesaikan deadline dalam perjalanan.


Laptop dengan desain tipis, ringan, dan mudah dibawa juga akan memberikan kenyamanan ekstra saat kamu bekerja.


Itulah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat memilih laptop desain grafis yang tepat. Dengan laptop yang sesuai, kamu akan dapat mengoptimalkan kreativitas dan kemampuan desainmu.


Laptop kamu leletnya minta ampun? jangan lupa untuk menyimak tutorial cara meningkatkan kinerja laptop agar tidak lemot.


Semoga artikel ini bermanfaat bagi para desainer grafis yang sedang mencari laptop dengan spesifikasi yang ideal. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar