--> Skip to main content

10 Cara Meningkatkan Kinerja Laptop Agar Tidak Lemot

10 Cara Meningkatkan Kinerja Laptop Agar Tidak Lemot

10 Cara Meningkatkan Kinerja Laptop Agar Tidak Lemot

Sobat punya laptop ? apakah kadang terasa lemot ?

Pada postingan kali ini akan dibahas tentang 10 cara meningkatkan kinerja laptop agar tida lemot alias lambat. Memiliki laptop yang dirasa lambat memang sangat menguji kesabaran, hal ini bisa menyebabkan sobat kesal bahkan malas untuk melakukan pekerjaan di depan laptop.

Laptop yang baru dibeli pastinya akan terasa cepat, namun seiring waktu berjalan dan semakin banyak aplikasi yang di installkan, akan mulai berakibat laptop terasa berat. Kunci dari hal tersebut adalah sobat harus dapat merawatnya, dengan berpikir secara logis bahwa sobat harus tau dulu spesifikasi dari laptop, terutama pada kecepatan komponen processor dan RAM yang dimiliki.

Oke deh, kali ini sobat perlu memperhatikan 10 cara untuk meningkatkan kinerja dari laptop:

1. Pilih laptop dengan processor kecepatan diatas rata-rata.

Sebuah laptop yang memiliki kecepatan di bawah normal misal 1,8 Ghz tentunya sangat minim sekali bila mengerjakan beberapa aplikasi grafis atau melakukan banyak pekerjaan secara multitasking. Minimal kecepatan processor yang harus dimiliki adalah 2.0 Ghz. Processor itu ibarat otak pada manusia, bila dia memiliki kecepatan yang baik maka akan mempengaruhi organ lain untuk dapat bekerja secara optimal. Jadi ketika sobat ada rencana membeli laptop, belilah laptop yang memiliki kecepatan processor di atas normal. Eumm.. tapi kalo sudah terlanjur beli, ya mari kita rawat dengan baik.

2. Tambah kapasitas RAM

Multitasking adalah kemampuan sebuah komputer untuk dapat membuka dan memproses banyak aplikasi dalam satu waktu. Kemampuan tersebut harus di tunjang dengan adanya RAM yang tinggi pada laptop, menambah kapasitas RAM pada laptop adalah solusi terbaik. Lihat baca manual book sebelum sobat melakukan pembelian RAM.

3. Perhatikan Kapasitas Harddisk

Seiring waktu berjalan semakin bertambah juga aplikasi yang diperlukan sobat untuk menyelesaikan banyak pekerjaan, banyaknya aplikasi yang di install menjadikan harddisk pada partisi tertentu menjadi limit atau berkurang. Sisakanlah 10% dari kapasitas sebuah drive misal sobat pada Drive C: memiliki kapasitas 200Gb maka sisakan 20Gb sebagai cadangan. Solusi lain yang dapat dilakukan adalah meng-upgrade harddisk sobat ke jenis SSD (Solid State Drive)

4. Rajin menghapus file-file sampah pada Recycle Bin.

Sampah yang semakin bertumpuk dan lama tidak dibuang, pastinya akan membuat suasana tidak nyaman terlebih menimbulkan penyakit. Begitu juga pada komputer, berbagai sampah yang di hapus sementara tersimpan di Recycle Bin harus secara rutin untuk di empty (dikosongkan).

5. Hapuslah program yang dirasa sudah tidak penting.

Banyak program yang kadang di tinggalkan begitu saja, karena setelah pekerjaan selesai tidak sering lagi digunakan, alangkah baiknya program tersebut di un-install, agar tidak menjadi beban baik bagi harddisk maupun RAM.

6. Minimalkan program yang berjalan pada startup.

Program tersebut dapat kita non aktifkan dengan masuk ke msconfig, dengan bijak memilih dan menggunakan program yang hanya akan digunakan, maka dipastikan beban sistem pada laptop akan sedikit berkurang.

7. Install anti virus

Gunakan salah satu anti virus yang menurut sobat bagus, pilih anti virus yang dapat di update secara offline dan memiliki kemampuan untuk mengamankan sistem dari serangan luar, baik terhadap hardware maupun software. Karena virus biasanya masuk selain dari media penyimpanan, juga bisa dari internet. Jangan lupa secara rutin anti virus tersebut di update, karena percuma banyak anti virus, bila satupun tidak ada yang di update.

8. Lakukan Disk Cleanup dan Defragmenter secara rutin

Kegiatan disk cleanup adalah cara untuk menghapus file-file sampah yang terdapat di drive dan posisinya tersembunyi. Lanjutkan dengan defragmenter secara rutin, agar struktur penempatan file pada harddisk kembali rapi, sehingga proses pembacaan akan semakin cepat.

9. Minimalisir efek visual pada sistem

Sobat yang suka efek-efek yang disediakan pada sistem, alangkah baiknya digunakan secara bijak. Terlalu banyak efek yang digunakan akan membebani sistem sehingga terasa berat. Laptop adalah perangkat yang digunakan untuk menyelesaikan masalah dengan cepat, membantu manusia dalam berbagai pekerjaan, efek yang banyak lebih tepat bila laptop diperuntukan untuk display atau sebagai media presentasi.

10. Hapus gadget di dekstop

Menampilkan beberapa gadget di layar monitor atau dekstop dapat memperindah tampilan laptop sobat, namun perlu diketahui penampilan indah tersebut dapat mempengaruhi kinerja dari laptop sendiri, sekali lagi gunakan secara bijak, terlalu banyak gadget yang di tampilkan, pastinya membebani kinerja laptop.

Demikian 10 cara meningkatkan kinerja laptop, semoga bermanfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar