--> Skip to main content

8 Fungsi Fitur NFC pada Smartphone yang Menarik dan Perlu Kamu Ketahui

 

Fungsi Fitur NFC pada Smartphone
8 Fungsi Fitur NFC pada Smartphone

Punya smartphone dengan fitur NFC, tetapi belum tahu apa saja kegunaannya? artikel berikut ini akan membahas seputar fungsi-fungsi yang ada pada smartphone yang memiliki NFC. Simak sampai selesai, ya!


Akhir-akhir ini, kamu mungkin sering melihat produk smartphone yang dilengkapi dengan fitur bernama NFC.


NFC merupakan singkatan dari Near Field Communication, sebuah teknologi yang memungkinkan smartphone kamu berinteraksi dengan perangkat elektronik lain yang berada dalam jarak dekat.


Berbeda dengan koneksi melalui Wi-Fi, LPI, atau sinyal lainnya, NFC tidak memerlukan koneksi tersebut. Jadi, kamu tak perlu bingung ketika tidak ada sinyal.


Kegunaan NFC sangat beragam dan salah satu yang paling terkenal di Indonesia adalah kemampuannya untuk menyimpan data kartu elektronik pembayaran.


Fitur ini biasa digunakan ketika kamu menggunakan fasilitas KRL dan sejenisnya. Namun, sebenarnya NFC memiliki lebih banyak kegunaan yang perlu kamu ketahui.


8 Fungsi Fitur NFC pada Smartphone


Berikut ini adalah 8 fungsi NFC pada smartphone yang patut kamu ketahui.


1. Terkoneksi dengan Wifi


Fungsi NFC yang pertama adalah untuk memudahkan terkoneksi dengan wifi di beberapa tempat, seperti hotel.


Kini telah ada alat bernama WiFi Porter yang memungkinkanmu langsung mengakses wifi umum tanpa perlu memasukkan kata sandi.


Cukup dengan menempelkan smartphone yang memiliki NFC, kamu akan langsung terhubung dengan jaringan wifi yang tersedia.


2. Memindahkan Data ke Komputer Tanpa Kabel


Beberapa laptop saat ini juga menyediakan fitur NFC. Dengan fitur ini, kamu yang memiliki smartphone NFC dapat dengan mudah memindahkan foto dan data ke laptop tanpa perlu menggunakan kabel atau menyalakan Bluetooth.


3. Pembayaran dengan Mudah


Dengan NFC, kamu dapat melakukan pembayaran menggunakan data kartu kredit atau debitmu yang dapat dimasukkan ke dalam smartphone.


Hal ini memungkinkanmu untuk melakukan pembayaran tanpa perlu mengeluarkan kartu fisik, hanya dengan menggunakan smartphone saja.


4. Mengirim Nomor Telepon


NFC juga memungkinkanmu untuk mengirimkan nomor telepon seseorang dengan mudah. Cukup dengan mendekatkan smartphone yang memiliki fitur NFC ke smartphone lainnya, kamu tak perlu lagi mengetik nomor tersebut.


5. Mengirim Data Antar Smartphone


Selain mengirimkan nomor telepon, NFC juga memungkinkan kamu untuk mengirimkan data ke smartphone lainnya. Cukup dengan menempelkan bagian belakang smartphone, data dapat dengan mudah dipindahkan.


6. Merekomendasikan Aplikasi kepada Teman


Fungsi NFC juga dapat digunakan untuk saling merekomendasikan aplikasi kepada teman. Misalnya, kamu dapat langsung mengarahkan temanmu ke aplikasi yang ingin kamu rekomendasikan. Hal ini sangat berguna bagi para gamer untuk saling berbagi rekomendasi game.


7. Menjalankan Aplikasi di Smartphone Lain


Jika kamu memiliki aplikasi tertentu yang ingin dijalankan di smartphone temanmu, NFC dapat membantumu. Dengan NFC, kamu dapat langsung menjalankan aplikasi yang sama di smartphone temanmu tanpa perlu mencarinya lagi.


8. Membuka Pintu


Fitur NFC juga dapat digunakan untuk membuka pintu, misalnya pintu kantor yang menggunakan sistem kartu.


Dengan menggunakan NFC, data kartu akses dapat disimpan di smartphone, sehingga kamu tak perlu lagi membawa kartu fisik untuk membuka pintu.


Namun, perlu diingat bahwa fitur NFC juga memiliki potensi risiko keamanan. Misalnya, jika smartphone kamu dicuri dan pencuri tersebut mengetahui bahwa rumahmu menggunakan kunci kartu, maka ada kemungkinan pencuri tersebut dapat mengakses kediamanmu.


Oleh karena itu, tetap berhati-hati dalam menggunakan fitur NFC ini agar tidak disalahgunakan oleh pihak tidak bertanggung jawab.


Tidak hanya fungsi-fungsi di atas, masih ada banyak lagi fungsi NFC yang mungkin belum kamu ketahui. Misalnya, NFC dapat digunakan untuk mengecek saldo dan masih banyak lagi.


Ketahui juga cara mengatasi WiFi status terhubung, tetapi tidak ada internet dan cara mengatasi sinyal WiFi laptop lemah.


Demikian fungsi-fungsi yang dimiliki oleh NFC yang perlu diketahui bagi kamu yang memiliki smartphone dengan fitur tersebut.


Semoga artikel tentang NFC ini bermanfaat bagi pembaca dan terima kasih telah menyimak artikel ini sampai habis.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar