--> Skip to main content

Cara Mengelola Data Responden Di Google Form

 Cara Mengelola Data Responden Di Google Form


Selamat datang dan salam jumpa kembali sobat semua para pengunjung setia blog buatkuingat.com, semoga kalian dalam kondisi sehat selalu. Berbagai pembahasan artikel dengan tema dunia komputer dan jaringan telah dipublish, baik pemaparan tentang teori yang bisa menjadi referensi maupun artikel praktis untuk hanya sekedar konfigurasi.

Pada artikel sebelumnya telah saya tuliskan beberapa hal tentang kelebihan dari google form, nah, kali ini saya akan kembali menuliskan masih pada tema yang sama, namun pada bagian Cara Mengelola Data Responden di Google Form

Untuk apa Form dibuat ?

Tentu, jawabannya adalah untuk mendapatkan data dari responden yang kemudian diolah dan menjadi sebuah informasi yang diperlukan untuk sebuah acara, kegiatan, administrasi dll. Data yang diinginkan adalah data yang benar dan lengkap. Pertanyaan berikutnya adalah bila form dibuat melalui google form.

Dimana data hasil responden di simpan dan bagaimana cara mengelolanya ?


Google membuat layanan google drive yang didalamnya terdapat beberapa aplikasi diantaranya adalah google doc, spreadsheet dan slide yang tentunya tidak asing dan tidak harus saya jelaskan fungsi dari masing-masing aplikasi tersebut. 

Dengan berkembangnya inovasi maka terciptalah aplikasi baru yakni google form, yang berfungsi untuk membuat lembar sebar atau kuesioner, guna mempermudah orang untuk mendapatkan data secara masif. Data responden tersebut aman dan tersimpan baik pada layanan Google Drive, dan sewaktu-waktu sobat dapat cetak atau unduh.


Baca juga artikel tentang :


Untuk mengelola data responden pada google form, terdapat  3 pengelolaan yang harus diketahui, diantaranya adalah :
  1. Review data responden
  2. Cetak data responden
  3. Unduh data responden
Mari kita bahas satu persatu, agar sobat semua bisa mendapatkan petunjuk dan manfaat dari data responden :

Review Data Responden Google Form

Pada kegiatan review data, anda bisa masuk ke bagian Responses di Tab Summary dan Tab Question. Anda bisa melihat data responses satu per satu bahkan bisa berbentuk sebuah diagram bila data tersebut berupa data pilihan. (lihat contoh summary data pada gambar di bawah ini)

summary data ukuran baju
Summary data ukuran baju

Begitu juga pada Tab Question, kita bisa melakukan review data responden pada setiap input data. (lihat pada gambar di bawah ini)

review question
Review data question


Cetak Data Responden Google Form

Sementara untuk mengelola data responden ke arah pencetakan, bisa menggunakan Tab Individual. Pada Tab ini setiap data dapat kita cetak. Terdapat tombol cetak pada sudut kanan atas (lihat pada gambar di bawah ini)

data cetak individu
Data cetak individu


Unduh Data Responden Google Form

Data responden tersimpan pada sebuah file spreadsheet di google drive dan file csv, yang dapat kita unduh kapan saja. Di bawah ini cara unduh dokumen spreadsheet dan file csv dari hasil entri data google form.

Download file Spreadsheet dari Google Drive

  • Klik pada tombol Spreadsheet yang berwarna hijau, untuk membuat file spreadsheet agar tersimpan ke google drive. 
  • Akan terbuka kotak dialog untuk memberi nama file (lihat pada gambar di bawah ini)
membuat dan memilih tempat penyimpanan
Membuat nama file

Create a new spreadsheet artinya membuat spreadsheet dengan nama baru

Select existing spreadsheet artinya menggunakan file sebelunya yang sudah ada (rewrite)

  • Jika sudah dipilih klik tombol Create
  • Masuk ke halaman google drive dan download file tadi yang telah dibuat.

download data responden dalam format spreadsheet
Download data responden dalam format spreadsheet


Download File CSV Google Form 

  • Untuk mendownload file CSV cukup klik tombol tiga titik sebelah kanan simbol spreadsheet, kemudian klik Download responses (.csv) (lihat pada gambar di bawah ini.

download file csv google form
Download file csv google form

  • Selanjutnya anda buka dengan menggunakan aplikasi Microsoft Excel


Menonaktifkan Pengisian Data Responden

Bila pengisian data sudah melewati waktu yang telah ditentukan, maka google form bisa kita non-aktifkan untuk tidak menerima data dari responden, dengan cara meng-klik tombol Accepting responses ke posisi off. (lihat pada gambar di bawah ini)

menonaktifkan pengisian data responden
Menonaktifkan pengisian data responden


Memutuskan Link Form ke File Spreadsheet

Bila file spreadsheet sudah di download dan anda hendak mengganti dengan nama yang baru, maka bisa menggunakan menu Unlink Form sehingga google form dengan  file spreadsheet akan terputus dan anda bisa membuat file baru dengan mengklik Select response destination.

unlink form google form
Unlink form google form


Menghapus Data Responden

Bila data responden sudah tidak diperlukan lagi, maka anda bisa menggunakan menu Delete all responses agar data responden pada google form kosong dan bisa diisi kembali dengan data baru.


Demikian penjelasan saya pada artikel ini tentang Cara Mengelola Data Responden di Google Form, semoga dapat bermanfaat bagi anda yang membutuhkan. Tidak lupa bila terdapat hal yang tidak dipahami, untuk berkenan meninggalkan pesan pada kolom komentar di bawah.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar