--> Skip to main content

Cara Membuat Soal Dengan Activity Wizard Di Packet Tracer

Cara Membuat Soal Dengan Activity Wizard Di Packet Tracer


Selamat berjumpa kembali sobat semua pada pembahasan materi Cisco Packet Tracer, setelah pada beberapa materi dijelaskan tentang berbagai konfigurasi jaringan melalui aplikasi packet tracer, kali ini saya akan mencoba menjelaskan tentang Cara Membuat Soal Dengan Activity Wizard di Packet Tracer.

Fungsi Activity Wizard

Activity Wizard yang terdapat pada Cisco Packet Tracer merupakan sebuah fitur yang berfungsi untuk membuat soal simulasi dalam konfigurasi jaringan. Dengan fitur ini sobat semua bisa memberikan tugas latihan kepada siapa saja yang akan dan sedang belajar Cisco Packet Tracer, dengan mudah dan instruksi terperinci serta menentukan nilai dan waktu yang terencana.
icon activity wizard
Logo Activity Wizard


Kenapa Packet Tracer Saya Tidak Ada Activity Wizard nya ?

Sebelum ke pembahasan untuk membuat soal, saya temukan sebuah pertanyaan dari beberapa pengguna, mengapa packet tacer saya tidak terdapat fitur Activity Wizard ?. Packet Tracer terdiri dari 2 versi yakni versi  Tutor dan Student.

Untuk versi Student memang tidak terdapat fitur Activity Wizard dan sobat semua harus mendownload packet tracer untuk versi tutor, bila belum memiliki aplikasi Packet Tracer tutor bisa mendownload secara gratis di halaman ini download


Baca juga artikel tentang :

Bagaimana Menggunakan Activity Wizard ?

Setelah mendapatkan Packet Tracer Tutor yang sesuai dengan spesifikasi dari sistem operasi PC/Laptop sobat, selanjutnya silahkan untuk di install dan dalam pembahasan ini saya menggunakan Cisco Packet Tracer versi 7.2.0.026 tahun 2018.

Secara gambaran awal untuk bisa menggunakan Activity Wizard dalam rangka membuat soal, sobat harus memiliki 2 file dalam format PKT untuk soal dan PKT untuk jawaban, selanjutnya soal yang dibuat menggunakan Activity Wizard akan disimpan dalam ekstensi PKA.

Berikut topologi yang akan dibuat untuk soal ujian :

Berikut langkah-langkah untuk membuat soal menggunakan Activity Wizard.

  • Membuat Topologi sebagai file soal.
Topologi soal dalam kondisi kosong

Disini saya akan mencoba untuk membuat topologi sederhana untuk konfigurasi Routing static menggunakan 2 Router. Sobat semua nanti bisa mengembangkan dengan bentuk soal yang lebih komplek.

Silahkan dibuat topologi seperti di atas, tanpa melakukan konfigurasi pada setiap perangkat. Kemudian di simpan dengan nama file soal.pkt

 

  • Membuat Topologi sebagai file jawaban.
Langkah selanjutnya adalah sobat semua melakukan konfigurasi untuk mengisi IP address PC dan konfigurasi routing pada Router. Jangan lupa di tes keterhubungan antara PC0 dengan PC1 atau soal sudah bisa dikatakan benar. Setelah selesai silahkan untuk melakukan Save as dan berikan nama jawaban.pkt

  • Mengatur Activity Wizard 
Jika sobat sudah membuat 2 file .pkt di atas baik soal maupun jawaban, langkah selanjutnya adalah tahapan untuk menggunakan Activity Wizard. Langlah-langkahnya sebagai berikut :

Buka baru Packet Tracer kemudian klik tombol Activity Wizard. Pada Tab Answer Network klik pada menu Import File to Answer Network masukan file jawaban.pkt yang telah sobat buat sebelumnya. (lihat pada gambar di bawah)

import answer network
Import answer network

Kemudian klik Tab Initial Network kemudian klik Import File to Initial Network  masukan file soal.pkt yang telah sobat simpan sebelumnya (lihat pada gambar di bawah)

Import File to Initial Network
Import File to Initial Network

Kemudian kembali ke Tab Answer Network untuk menentukan lamanya waktu pengerjaan. Klik Menu Setting dan tentukan Countdown berapa jam : menit : detik. (lama waktu pengerjaan).

mengatur waktu pengerjaan
Mengatur Countdown (waktu pengerjaan)

Selanjutnya sobat juga atur pada menu Overall Feedback untuk memberikan hasil pada akhir pengerjaan baik Complete maupun Incomplete (pesan berhasil atau tidak berhasil).

Memberikan Overall feedback
Memberikan Overall feedback

Masih pada Tab Answer Network, sobat klik menu Assesment Tree, disini kita akan menentukan skore dari pengerjaan, Untuk Router A dan B silahkan di ceklis pada bagian :

1. IKE : Hostname :

    - ROUTER_A

2. Port : GigabitEthernet0/0 dan GigabitEthernet0/1

    - Subnet Mask 

    - IP Address 

    - Link to Hostname : Router B ceklik bagian Connects 

3. Routes

    - Static Routes ceklik pada Route0:... (lihat pada gambar)

 

Assesment Item
Assesment Item Router

Setelah selesai kemudian masuk ka bagian PC0 dan PC1 :

1. Power

2. Port Fast Ethernet

    - IP Address

    - Subnet Mask 

    - Link to hostname  (lihat pada gambar)

3. Default Gateway 

Assesment Item PC
Assesment Item PC

Jika sudah tahapan akhir adalah sobat memberikan instruksi pada Tab Instructions

Sobat bisa membuat instruksi pengerjaan secara terperinci, agar yang mengerjakan soal bisa memahami langkah-langkah yang harus dikerjakan. Gunakan kode HTML seperti gambar di bawah ini :

Instructions Activity Wizard
Instructions Activity Wizard

 

Setelah itu silahkan sobat untuk melakukan pengetesan dengan klik menu Test Activity

Test Activity Packet Tracer
Test Activity Packet Tracer

 

Langkah terakhir adalah melakukan Save as dengan nama  soal_ujian.pka dan sampai disini selesai sudah proses pembuatan soal dengan Activity Wizard di Packet Tracer. Semoga bisa bermanfaat untuk seobat semua.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar