Pengertian Packet Tracer dan Fungsinya Pada Jaringan Komputer

Pengertian Packet Tracer dan Fungsi Pada Jaringan Komputer

Apa yang dimaksud dengan Packet Tracer ?


Packet tracer adalah Sebuah simulator yang berisi alat-alat jaringan dari cisco untuk digunakan sebagai media pembelajaran, pelatihan dan juga penelitian dengan mode simulasi jaringan komputer.

Aplikasi ini dirilis oleh Cisco System serta diberikan secara gratis untuk mahasiswa, siswa alumni dan orang-orang yang telah berpartisipasi pada Cisco Networking Academy. Adapun tujuan dibuatnya aplikasi ini adalah untuk memberikan literasi bagi siswa dan pengajar agar dapat memahami prinsip dan cara kerja jaringan komputer serta membangun keterampilan khususnya perangkat cisco.

Baca juga :


Sejarah Packet Tracer

Pengertian Packet Tracer dan Fungsi Pada Jaringan Komputer
Leonard Bosack

Packet Tracer dibuat oleh sebuah perusahaan yang bernama Cisco System yang berada di Amerika. Berdiri pada mulai tahun 1984 oleh Leonard Bosack dan Sandy K Lerner. Perusahaan ini bergerak dalam bidang pembuatan perangkat keras jaringan seperti Hub, switch, Bridge, Router dll. 

Pada awalnya pendiri Cisco hanya melakukan riset untuk tujuan ilmiah dan pendidikan saja, namun adanya investasi dari Leonard Bosack dan Sandy K Lerner, mulai dikembangkan multi-protocol router yang disematkan pada sebuah perangkat keras kemudian di beri label Cisco.

Di tahun 2005 awal Cisco mulai mengembangkan aplikasi simulasi untuk perangkat keras yang dimiliki dengan nama Packet Tracer, dari sinilah simulai sejarah baru promosi perangkat dengan menggunakan aplikasi simulasi. Pengguna secara bebas dapat menggunakan aplikasi ini untuk melakukan percobaan dan penelitian, sampai mengetahui beberapa seri dari perangkat Cisco, dan sengajanya cisco memberikan nama perangkat sesuai dengan aslinya.

Sehingga sampai kini aplikasi ini sangat melekat pada dunia pendidikan jaringan komputer, hampir setiap universitas dan sekolah yang berkonsentrasi di bidang jaringan, menggunakan dan menjelaskan aplikasi ini untuk membantu memahami perencanaan jaringan dalam bentuk simulasi.


Fitur Fitur Packet Tracer

Beberapa fitur dari aplikasi simulasi packet tracer diantaranya :
    1. Dapat melakukan simulasi pada layer aplikasi
    2. Memiliki fitur Routing dasar RIP
    3. Memiliki fitur Routing OSPF
    4. Memiliki fitur Routing EIGRP
    5. Terdapat fitur BGP pada versi 6.2
    6. Simulasi ini termasuk materi untuk mendapatkan sertifikat licensee CCNA maupun CCNP


    Fungsi dan Kegunaan Packet Tracer

    Packet tracer berfungi sebagai perangkat simulator jaringan komputer yang telah banyak digunakan oleh universitas, sekolah hingga developer untuk melakukan pembelajaran dan penelitian. Dengan harga perangkat asli yang masih relatif mahal, aplikasi ini bisa menjadi solusi untuk melakukan percobaan.

    Dengan kapasitas aplikasi yang tidak lebih dari 200 MB, dapat di pasang pada berbagai jenis sistem operasi maupun type dari sistem operasi baik 32/64 bit untuk windows. 

    Packet tracer juga berguna untuk pemahaman abstrack terhadap konsep jaringan seperti, Enchanced Interior Gateway Routing Protocol (EIGRP) dengan mengaktifkan unsur-unsur dalam bentuk visual atau animasi. Dalam dunia pendidikan juga bisa digunakan sebagai fungsi sistem authoring protocol jaringan simulasi untuk penilaian.

    Versi Packet Tracer

    Versi terbaru hingga saat ini adalah versi 7.1.1.
    Beberapa versi sebelumnya adalah :
    1. Packet Tracer v5.3.3 Application
    2. Packet Tracer v6.2.0 Application


    Download Aplikasi Simulator Packet Tracer

    Aplikasi ini bersipat gratis dan dapat digunakan tanpa risau terhadap sebuah license, dapat di unduh di situs resminya di : https://www.netacad.com/courses/packet-tracer


    Pengenalan User Interface Packet Tracer


    Pengertian Packet Tracer dan Fungsi Pada Jaringan Komputer

    1. Menubar dan Toolbar : Bagian ini menampilkan File, Pilihan, serta Menu Bantuan. Sobat akan temukan perintah dasar seperti membuka, menyimpan, mencetak, dan Pilihan di dalam menu ini. Anda juga bisa mengakses aktifitas wizard dari Menu File.
    2. Logical : Untuk memilih Workspace logical atau Physical
    3. Tool bar Umum & Drawing : Menampilkan penggunaan workspace, memilih dan memindahkan objek pada area kerja, menambah catatan, menghapus, menambahkan PDU sederhanam dan menambahkan DPU kompleks.
    4. Bar Simulasi (Realtime) : Untuk membuat jaringan dengan animasi pengiriman data.
    5. Perangkat
    6. Media Penghantar
    7. Skenario Simulasi
    8. Area kerja (worksspace)




    Demikian artikel tentang Pengertian Packet Tracer dan Fungsinya Pada Jaringan Komputer, semoga bisa bermanfaat.

    Saya seorang penulis berusaha mengabadikan setiap pengalaman dan keahlian. Karena ilmu pengetahuan akan tetap abadi hingga manusia tidak bisa berdiri lagi dimuka bumi ini.

    1 Comments

    Keren,semua terkait komputer jadi teringat masa lalu sewaktu masih magang hehehehe

    Pergunakan komentar yang bijak, saran yang baik dan kritikan yang membangun.
    EmoticonEmoticon