--> Skip to main content

Pengertian VPN : Fungsi dan Cara Kerja VPN Server Lengkap Bagi Pemula

Pengertian VPN Fungsi dan Cara Kerja VPN Server Lengkap Bagi Pemula

Pengertian VPN

Apa yang dimaksud dengan VPN ?

VPN (Virtual Private Network) adalah merupakan koneksi antara satu jaringan dengan jaringan yang lain dengan cara private (pribadi) melewati jaringan internet.

VPN dapat berfungsi apabila terdapat 2 jaringan yang difungsikan dan terdapat koneksi internet. Berikut adalah penjelasan tentang arti dari istilah kata pada Virtual Private Network :
  1. Virtual : hal yang bersipat semu atau maya
  2. Private : jalur pribadi yang tidak dapat diketahui orang bayak
  3. Network : jaringan yang dibuat agar perangkat saling terhubung.

Sehingga bisa kita tarik kesimpulan dari pemaknaan kata di atas, bahwa pengertian VPN adalah konektivitas dua jaringan yang lebih yang dilakukan secara pribadi dan bersifat maya.

Dibaca juga artikel :

Fungsi VPN Secara Global

Dengan banyaknya komputer yang telah terhubung jaringan secara global, diperlukan sebuah teknologi dalam upaya untuk melakukan hubungan atau konektivitas secara aman dan lancar, Penggunaan VPN merupakan salah satu cara yang tepat untuk mengakses jaringan Lokal area network (LAN), untuk menghindari adanya penyusup yang mencuri atau menganggu transmisi data.

Dari pengertian VPN di atas didapatkan beberapa fungsi VPN secara global diantaranya :
1. Untuk Menjaga Kerahasiaan Data (Data Confidentially)
Jaringan yang bersipat publik saat ini rentan akan kebocoran, sehingga diperlukan sebuah cara agar dapat terjaga kerahasiaan sebuah data. VPN memiliki fungsi untuk dapat menerima dan mengirim data dengan melalui metode enkripsi.

2. Untuk Menjaga Keutuhan Data (Data Integrity)
VPN juga berfungsi sebagai cara untuk menyelamatkan data dari oknum yang tidak bertanggung jawab. Aplikasi VPN akan memastikan proses transmisi selesai dan diterima oleh penerima sesuai dengan permintaan user, tanpa adanya kekurangan sedikitpun atau menipulasi.

3. Sebagai Otentikasi Sumber (Origin Authentication)
VPN menggunakan motede autentikasi terhadap sumber pengirim data dan melakukan pengecekan data yang akan masuk. Bila proses autentikasi berjalan dengan baik maka dipastikan data aman.

Manfaat VPN

Beberapa manfaat yang dimiliki oleh VPN diantaranya :
  1. Privasi : keterjagaan proses pengiriman dan penerimaan dari kebocoran, sehingga identitas pengirim maupun penerima dalam kondisi aman.
  2. Remote Access : dari jarak jauh kita dapat mengakses jaringan local, di kantor di rumah dan dimanapun ketika jaringan internet ada.
  3. Keamanan : VPN mampu menjaga keamanan jaringan internet dari serangan hacker, apabila menggunakan jaringan wifi umum.
  4. Hemat Biaya : Akses terhadap jaringan local bisa dilakukan dimanapun sehinga bisa menekan biasa transportasi dan akomodasi selama proses berlangsung.

Cara Kerja VPN

Cara kerja VPN
Cara kerja VPN

Umumnya, ketika kita mengakses sebuah website di internet, maka kita akan terhubung dengan ISP (Internet Service Provider). Semua trafik data permintaan untuk website yang kita akses akan melewati server ISP dan bisa dilihat oleh pihak ISP.

Berbeda halnya dengan komputer yang menggunakan VPN saat mengakses internet. VPN akan mengenkripsi data sehingga hanya pengguna server VPN yang bisa mengetahui trafik data pengguna dan situs yang dibuka oleh pengguna.

Melihat cara kerja VPN ini, maka:
  • ISP tidak akan mengetahui aktivitas pengguna VPN di internet
  • Alamat IP yang terlihat adalah IP server VPN
  • Penggunaan hotspot WiFi publik menjadi lebih aman karena data terenkripsi
  • Provider VPN bisa melihat aktivitas pengguna VPN di internet

Demikian artikel tentang Pengertian VPN : Fungsi dan Cara KErja VPN server lengkap bagi pemula, semoga dapat bermanfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar