Pengertian Motherboard dan Fungsi Komponen Motherboard Lengkap Bagi Pemula

Pengertian Motherboard dan Fungsi Komponen Motherboard

Berjumpa lagi bersama saya di pembahasan artikel tentang hardware, pada artikel sebelumnya telah di jelaskan tentang Central Processing Unit (CPU) yang merupakan sebuah perumpamaan otak dari sebuah komputer, nah motherboard bisa dikibaratkan dengan kerangka tulang dari sebuah komputer. Oke, kita langsung saja ke beberapa penjelasannya sobat.

Pengertian Motherboard dan Fungsi Komponen Motherboard Lengkap Untuk Pemula

Definisi Motherboard

Apa yang dimaksud dengan motherboard ?

Motherboard adalah sebuah papan induk yang penuh dengan sirkuit dari logam, tempat berbagai komponen elektronik terpasang dan dapat saling berkomunikasi satu sama lain. Terdapat banyak sebutan yang lain untuk motherboard seperti mainboard, systemboard, logicboard, baseboard ada juga yang menyebutnya dengan nama mobo.

Pada motherboard inilah berbagai komponen elektronika terpasang seperti, slot processor, slot RAM, slot Power, slot VGA, slot PCI, port VGA, USB, PS2, HDMI dll. Oleh karenanya tepat dikatakan bahwa motherboard adalah sebuah papah induk yang mampu menghubungkan berbagai komponen untuk dapat saling berkomunikasi.

Sejarah Motherboar

Steve Jobs dan Wozniak

Sejarah mencatat bahwa motherboard pertama kalinya di buat oleh pendiri perusahaan apple yaitu Steve Jobs dan Wozniak. Pada tahun 1977 saat itu, sedang dikembangkan perangkat Apple II dengan bentuk yang lebih sederhana, namun kondisi dari setiap komponen masih terpisah-pisah menjadi beberapa bagian yang dihubungkan dengan kabel. Pendiri Apple tersebut sempat berpikir cara untuk menempatkan setiap komponen yang terpisah pada tempat khusus yang terpusat. Sehingga terciptalah awal mula ide menyatukan komponen pada Apple II, yang diikuti juga oleh beberapa perusahaan lain seperti AMI, DFI, Orchid Tech,  Huppauge, Micronic dan Ellitegroup dan beberapa pengembang lain dari Taiwan.

Pada tahun 1980 sampai 1990 mulai juga dikembangkan untuk meng-integrasikan beberapa port seperti port keyboard dan port mouse, port serial dan floppy disk drive pada tempat yang sama, dan mendorong penampilan motherboard ke dalam bentuk yang lebih ekonomis, namun papan motherboard saat itu masih dalam ukuran yang sukup besar. 

Mulai pada tahun 2000-an motherboard di integrasikan dengan beberapa pripheral laiinya seperti sound card dan VGA card dengan kondisi tersemat di motherboard (onboard), dan dari tahun ke tahun terus berlanjut hingga saat ini bisa sobat lihat bentuk motherboard yang sangat kecil, berkinerja baik dan ekonomis.

Fungsi Motherboard

Jelaskan fungsi motherboard donk ?

Beberapa fungsi motherboard adalah sebagai berikut :
  1. Sebagai tempat berbagai komponen elektronik
  2. Sebagai tempat slot dan port yang dipergunakan untuk peripheral lain
  3. Mengatur komunikasi antar komponen satu sama lain
  4. Mengatur basic input output system (BIOS) yang terdapat pada read only memory (ROM)

Bagian bagian Motherboard dan Fungsinya

Sebutkan beberapa komponen motherboard ?

Komponen dalam motherboard terdiri dari :

1. Socket atau Slot Prosesor

Bila personal komputer tidak memiliki processor pada motherboard, maka tentunya komputer tidak akan berjalan, karena prosesor adalah otak dari komputer. Semakin tinggi kecepatan sebuah processor dalam satuan Herz, maka semakin baik kinerja dari sebuah komputer. Terdapat 2 model colokan processor yang terdapat pada motherboard.

  • Model Zero Insertion Force (ZIF) yang populer dengan istilah socket 7 adalah model socket lama sampai dengan generasi 233 MHz dan kompetible dengan beberapa merk processor jenis Intel, AMD dan Cyrix. Model. Socket 370 dari Intel dan Socket A Athlon dari AMD, adalah salah satu merk processor yang menggunakan model ZIF.
  • Model Low Insertion Force (LIF) yang populer dengan istilah socket ini adalah Slot processor , yang banyak digunakan dari komputer processor pentium III hingga zamannya core. LIF processor memiliki gaya gesekan yang lebih rendah bila dibandingkan dengan model ZIF. Jenis processor 386 dan 486 awal mulai diterapkannya model processor LIF. 

2. South Bridge dan North Bridge

  • North Bridge adalah sebuah chip yang posisinya yang terdekat dengan processor, dan merupakan salah satu komponen penting dari motherboard dengan fungsinya adalah menjembatani arus data pada processor, RAM, Front Side Bus (FSB) dan Accelerated Graphics Port (AGP). 
  • South Bridge adalah chip yang posisinya sedikit jauh dari processor yang memiliki kendali penuh atas perangkat seperti Integrated Development Environment (IDE Controller), Peripheral Component Interconnect (PCI), Read Only Memory (ROM), Keyboard, Mouse, Universal Serial Bus (USB), Ethernet Local Area Network (LAN), dll

3. Slot Random Access Memory (RAM)

Slot RAM

Slot Random Access Memory (RAM) adalah tempat dimana RAM di letakan, fungsi dari RAM adalah sebagai daya ingat komputer dan kapasitasnya bisa di upgrade atau di tambah sampai batas maksimal. Terdapat beberapa jenis slot RAM diantaranya Single Data Rate (SDRAM), Double Data Rate (DDR1, DDR2, DDR3). Slot yang terdapat di motherboard dapat diketahui jenis RAM yang digunakan. Jumlah Slot RAM setiap merk motherborad bermacam-macam.


4. Slot AGP dan PCI

Slot AGP dan PCI

Slot Accelerated Graphics Port (AGP) adalah sebuah subsistem yang dapat mentrasfer data sebagai komponen pendukung agar komputer memiliki kinerja tinggi, pada sebuah motherboard biasanya hanya terdpat 1 slot AGP, berbeda dengan slot lainya yang bisa lebih dari satu. AGP ini berhubungan erat dengan peningkatan kualitas video, semakin tinggi kecepatan dari AGP, maka semakin baik kualitas dari gambar yang ditampilkan.
Slot Peripheral Component Interconnect (PCI) adalah slot yang digunakan untuk berbagai perangkat tambahan seperti Sound Card. Ethernet LAN, TV Tunner dll. Jumlah slot PCI terdiri dari 2 hingga 4 slot dalam satu motherboard.


5. Baterai Complimentary Metal Oxide Semicondutor (CMOS)

Baterai CMOS

Sebuah baterai terletak dibagian tepi dari motherboard yang berfungsi untuk memasok power, agar setingan tanggal dan waktu yang ada di ROM. CMOS biasa juga disebut dengan Real Time Clock (RTC), CMOS RAM, Non Volatile RAM (NVRAM), Non Volatile BIOS Memory atau Complementary Symmetry Metal Oxide Semiconductor (COS-CMOS). Terdapat 2 jenis CMOS yakni :
  • IC TTL (Integrated Circuit Transistor Transistor Logic) : Merubakan salah satu jenis komponen elektronika yang sejenis dengan CMOS, memiliki daya sekitar 4,75 v sampai 5,25 v.
  • IC CMOS (Integrated Circuit Complimentary Metal Oxide Semicondutor) : Menggunakan sepasang sistem transistor MOSFET (Metal Oxide Semiconductor Field Effect transistor) dan mendukung daya sangat rendah, kadang pada posisi perangkat "off" tidak digunakan sedikitpun daya, sehingga baterai CMOS cukup irit.

6. Primary dan Secondary IDE (Integrated Development Environment) Interface 


Orang umumnya menyebutkan konektor IDE atau PATA atau ATA (Paralell Advanced Technology Attachment) yang terletak di motherboard berfungsi untuk menghubungkan motherboard dengan Harddisk. Konektor IDE terdiri dari Male dan Female. Konektor Male IDE pada posisi motherboard sementara Konektor IDE Female pada posisi konektor.


7. Konektor SATA (Serial Advanced Technology Attachment)


Konektor yang di desain untuk melakukan tansfer data antara komputer dengan media penyimpanan seperti harddisk dan optical drive di dalam komputer. Konektor SATA mempunyai kecepatan transfer sangat tinggi yang melebihi konektor PATA.


8. Basic Input Output System (BIOS)


Salah satu CHIP dalam bentuk ROM yang sangat diperlukan, jika tidak ada BIOS maka komputer tidak dapat digunakan. Fungsi dari BIOS adalah untuk melakukan proses Power On Self Test (POST), yaitu kondisi awal untuk mengecek perangkat input dan output komputer.


9. Konektor Power Supply


Komputer yang rusak konektor power supply dipastikan tidak akan hidup, karena dari situlah power listrik diberikan. Konektor male power berada di motherboard, sementara female power pada kabel. Terdapat beberapa jenis konektor power yang ada :
  • Konektor 20/24 pin ATX 
  • Konektor 4/8 pin 12v
  • Konektor 6 pin 12v 
  • Konektor 4 pin 5v
  • Konektor Floppy
  • Konektor SATA

Jenis jenis Motherboard Komputer

Motherboard dibuat dengan berbagai jenis, ukuran, bentuk dan teknologi yang ada, mengenali jenis motherboard yang dimiliki adalah hal penting. Di bawah ini beberapa jenis motherboard :

1. Motherboard AT (Advanced Technology)
Motherboard jenis AT merupakan salah satu jenis motherboard yang pertama kalinya diluncurkan oleh IBM pada Agustus 1984, dan kemudian digunakan secara luar di tahun 1980-an. Ukuran motherboard ini cukup besar yakni 12 x 13.8 inci. Kelemahan lain adalah sulitnya saat melakukan instalasi troubleshooting.
2. Motherboard Micro ATX
Micro-ATX sama dengan jenis ATX, adapun manfaat yang ditawarkan juga sama, yang membedakannya hanyalah pada ukuran motherboard yang lebih kecil, hal tersebut dilakukan dengan mengurangi jumlah slot I/O yang didukung pada motherboard.
3. Motherboard LPX (Low Profile Extended)
Moterhboard low profile extension diciptakan setelah motherboard AT ditahun 1990-an. Motherboard jenis ini dirancang untuk digunakan pada casing Slimline atau low profile, yang memang didesain sedemikian rupa untuk mengurangi penggunaan space ruangan dan biaya.
4. Motherboard BTX (Balnced Technology Extended)
Motherboard BTX diproduksi untuk mengurangi atau menghindari beberapa masalah yang muncul pada saat menggunakan teknologi terkini. Teknologi yang lebih baru cenderung menggunakan daya yang lebih besar dan juga menghasilkan panas yang lebih. Tidak seperti motherboard jenis lainnya, BTX secara total melepaskan diri dari bentuk jenis ATX yang saat ini populer.
5. Motherboard Mini-ITX (Information Technology Extended)
Mini ITX adalah merupakan sebuah jenis motherboard berdaya rendah dengan ukuran cukup kecil yaitu 17 x 17 cm. Mini-ITX ini dirancang oleh VIA Technologies pada tahun 2001. Motherboard Mini-ITX ini digunakan pada komputer yang memiliki bentuk yang kecil, selain itu motherboard jenis ini juga tidak menimbulkan panas yang lebih karena menggunakan konsumsi daya yang rendah sehingga tidak membutuhkan kipas yang besar.


Gambar Layout Motherboard



Sumber : support.hp.com

Macam macam Merk Motherboard

Beberapa merk brand motherboard yang dipasarkan di Indonesia yang merupakan 4 brand motherboard terpopuler asal Taiwan diantaranya :
  • ASUS
  • Gigabyte
  • MSI
  • ASRock

Demikian artikel yang saya tulis tentang pengertian dan fungsi dari komponen motherboard lengkap bagi sobat seorang pemula. Semoga bermanfaat.


Saya seorang penulis berusaha mengabadikan setiap pengalaman dan keahlian. Karena ilmu pengetahuan akan tetap abadi hingga manusia tidak bisa berdiri lagi dimuka bumi ini.

Pergunakan komentar yang bijak, saran yang baik dan kritikan yang membangun.
EmoticonEmoticon