Cara Membuat Animasi Di Sparkol Videoscribe Dengan Fitur Rahasia


Cara Membuat Animasi Dengan Videoscribe Sparkol


Hello sobat semua para pengunjung  yang setia, kembali bersama saya di www.buatkuingat.com, sebuah portal web yang berisi berbagai informasi tentang Dunia IT. Mungkin sudah hampir 3 hari saya tidak membuat postingan tentang videoscribe, ada yang kangen ga ..? :).

Kali ini saya akan mencoba kembali menulis untuk sobat semua, masih kelanjutan dari artikel sebelumnya yang masih berkisar memaksimalkan fitur yang ada di aplikasi Sparkol Videoscribe.


Baca Artikel Sebelumnya :


Menghapus dan Menyalin Image di Sparkol

Berbagai jenis image telah di sediakan oleh Sparkol, yang terdiri dari beberapa kategori yang dapat dipilih diantaranya :
  • Arrows
  • Business Icons
  • Business
  • Callout
  • Emoticon
  • Household
  • Individuals
  • Money
  • People
  • Process
  • Shapes
  • Sign
  • Social Media

Dari setiap kategori yang ada, terdapat banyak image yang dapat digunakan sebagai ilustrasi dari animasi yang sobat buat. Semua image yang digunakan di sparkol berekstensi .SVG (Scalable Vector Graphics) sebuah format gambar yang menggunakan XML (eXtensible Markup Language) sebagai dasar untuk membentuk gambar vektor dua dimensi.

Selain dari image yang disediakan pada aplikasi Sparkol, sobat juga bisa import image format SVG dari harddisk atau media penyimpanan, namun perlu di ingat format harus SVG. Dengan mengklik tombol Import SVG yang berada di sudut kiri bawah pada tampilan gambar di atas.

Mencari image SVG dari internet pun bisa dilakukan, dengan sarat komputer tehubung internet dengan mengetikan keyword atau kata kunci yang diinginkan pada form bagian atas. Secara otomatis akan di carikan dari sumber SVGstudio.com


Bisa juga dengan mengklik tombol Bola dunia dan memasukan link URL yang dituju.


Adakalanya sobat salah memasukan image, maka perlu dilakukan penghapusan dengan cara mengklik tombol Gunting yang ada di sudut kanan bawah, begitu juga bila hendak melakukan penyalinan gambar terdapat tombol Copy tepat di bawah tombol gunting (cut). 


Caranya adalah dengan melakukan seleksi terlebih dahulu terhadap image, baru kemudian melakukan penghapusan atau menyalinan image.


Memilih Jenis Animasi Penulisan (Select Hand) Sparkol

Image yang kita masukan ke dalam canvas akan di berikan animasi penulisan tangan secara standar, sementara Sparkol menyedikan banyak pilihan yang dapat digunakan, agar animasi lebih menarik dan beragam. Berikut adalah langkah-langkahnya.
  • Masukan sebuah image ke dalam canvas
  • Kemudian klik image pilih tombol Select a different base hand for this scribe
  • Kemudian sobat pilih jenis animasi tangan yang dinginkan berdasarkan kategori diantaranya : Pens, Rosie, Matt, Hannah, Mike, Hiswill, Daniel, Sibin, Suneeta, Joe, Yasmin, Jacob, Billy dan Jonny
  • Bila sudah di pilih klik tombol Ceklish



Mengatur Tampilan image di Canvas

Banyak orang mempertanyakan tentang area canvas yang tidak seperti aplikasi presentasi yang lain, area kerja atau canvas sparkol dibuat tanpa batas layaknya sebuah papan tulis putih tak berujung. Sparkol tidak menyediakan dan membatasi animasi dalam satu halaman, jadi sobat bisa secara leluasa untuk membuat presentasi dalam canvas.

Cara menggunakan tampilan dalam canvas tersebut disini perlu saya jelaskan. Pertama silahkan sobat masukan objeck gambar atau teks ke dalam canvas.

Kemudian seleksi semua objek dengan menekan tombol Ctrl.


Lalu sobat berikan Set Camera, kemudian geser ke arah yang dinginkan, bisa juga dengan cara memperkcil tampilan baru kemudian bergeser.


Perlu di ingat menggeser objek maupun memperkecil objek, harus dalam posisi image telah di Set Camera agar menjadi animasi perpindahan terhadap objek baru.


Mengatur Animate, Pause dan Transition

Istilah tersebut pastinya sudah sobat ketahui, namun disini saya hanya akan mejelaskan tips menggunakan durasi waktu animate, pause dan transition
  • Durasi Animate adalah lamanya waktu objek di tulis atau di gambar
  • Durasi Pause adalah lamanya waktu saat objek selesai di tulis atau di gambar
  • Durasi Transition adalah lamanya waktu antar objek dalam satu canvas.
Indikator sebuah presentasi baik adalah ketika pesan atau informasi yang ditampilkan dapat memenuhi jumlah durasi waktu membaca, artinya apakah orang memiliki beberapa detik untuk dapat membaca pesan yang disampaikan ?, lama tidaknya pesan itu disampaikan tergantung dari banyak atau tidaknya konten yang disuguhkan.

Seperti pada tampilan gambar di bawah ini :
Durasi Animate : 2.0 second
Durasi Pause : 2.5 second
Durasi Transition : 0.5 secon

Jadi audiens hanya memiliki waktu sekitar 2.5 detik untuk melihat dan memastikan gambar tersebut.


Perlu diketahui bahwa hasil akhir Sparkol Videscribe akan di simpan dalam format video, sehingga agar tidak menggunakan pause (menghentikan video secara manual), maka perlu disiasati dengan pengaturan durasi tersebut.

Hasil akhir dalam format video ini, dapat digunakan baik untuk presentasi, display di TV, di publish di media sosial, maupun di simpan pada gadget audiens, sehingga lebih mudah dan lebih friendly.


Sampai disini dulu sobat, artikel tentang Cara Membuat Animasi Di Videoscribe Sparkol Dengan Fitur Rahasia, nantikan artikel berikutnya dengan masih topik yang sama. Semoga bermanfaat.


Saya seorang penulis berusaha mengabadikan setiap pengalaman dan keahlian. Karena ilmu pengetahuan akan tetap abadi hingga manusia tidak bisa berdiri lagi dimuka bumi ini.

2 Comments

info yang menarik, ada video hasil akhirnya dari animasi ini gak ya?

Masih dalam proses gan, tunggu saja video tutorialnya beberapa minggu kedepan. Alhamdulillah bisa bermanfaat. Terimakasih atas kunjungannya.

Pergunakan komentar yang bijak, saran yang baik dan kritikan yang membangun.
EmoticonEmoticon