Pulau Panjang Paleleh Buol Destinasi Wisata Yang Tersembunyi



Kabupaten Buol adalah salah satu kabupaten di provinsi Sulawesi Tengah, dengan ibu kotanya adalah Kota Buol. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 3.507 km persegi, dengan topografi wilayah yang terdiri dari pantai, dataran rendah, perbukitan hingga gunung-gunung yang mencapai keinggian 2.400 meter.

Saya adalah seorang guru sekolah menengah kejuruan yang di tempatkan di Kabupaten Buol sejak September 2017, bersama dengan beberapa teman lain yang tersebar di beberapa wilayah kecamatan di Kabupaten Buol.

Saat ini cuaca begitu cerah, ketika saya bersama 3 orang lainnya bergegas pergi menggunakan motor untuk mengunjungi teman lainya di kecamatan Paleleh. Paleleh merupakan kecamatan paling ujung utara Kabupaten Buol, yang berbatasan langsung dengan Provinsi Gorontalo, jarak dari kota Buol menuju kecamatan Paleleh sekitar 120 km, dapat ditempuh menggunakan motor ataupun mobil dengan estimasi waktu 2 s.d 3 jam perjalanan.

Pulau Panjang Paleleh Buol Destinasi Wista Yang Tersembunyi
Peta Lokasi Pulau Panjang Kec. Paleleh Kab. Buol

Kondisi jalan yang kami rasakan cukup mulus dan lebar itu ternyata tidak bertahan lama, tepatnya di desa matinan, kami menemukan kondisi jalan yang berlubang hampir menyeluruh, sehingga kami harus mengurangi laju kendaraan. Tetapi kondisi tersebut tidak mengurangi rasa senang dan semangat kami untuk secepatnya sampai di tempat tujuan.

Sebelum tiba di paleleh, wilayah Kecamatan Gadung tepatnya di desa diapatih kami bertiga disambut teman-teman lain yang sudah menunggu. Perjalanan menuju Paleleh masih sekitar 1 jam perjalanan lagi, sekarang kami berdelapan bergegas menyelesaikan perjalanan menuju Kecamatan Paleleh. Kami singgah sejenak di air Terjun Talokan

Jembatan Diapatih Kec. Gadung
Pulau Panjang Paleleh Buol Destinasi Wista Yang Tersembunyi
Air Terjun Talokan

Setibanya di Paleleh, perut ini terasa meminta sesuatu, he…. ternyata waktu sudah siang, dari berangkat pukul 09.00 pagi hingga tiba pukul 12.00, 3 jam sudah perjalanan kami ditempuh, belum sempat kami isi perut dengan nasi, teman kami dari gadung merasakan juga hal yang sama, maka kami mencari tempat parkiran motor pas di sebuah rumah makan dekat dermaga paleleh. Kami semua menikmati sajian kuliner berupa ikan laut bakar dan beberapa hidangan lain.

Setelah kenyang makan, kami di ajak teman yang dari gadung dan paleleh untuk mengunjungi sebuah destinasi wisata tersembunyi yang ada di Paleleh, yaitu Pulau Panjang. Untuk menuju kesana kami harus naik perahu dengan waktu 15 menit, dalam perjalanan di atas perahu kami melihat begitu indahnya pegunungan yang ada di sekitaran kecamatan paleleh, dan birunya air yang membuat hati ingin segera sampai di lokasi.

Pulau Panjang Paleleh Buol Destinasi Wista Yang Tersembunyi
Bukit di Pulau Panjang Kec. Paleleh Kab. Buol 

Sesampainya di Pulau panjang kami harus bersusah payah, bercucuran keringat menaiki bukit dengan kemiringan 30 derajat, huh…lelah sekali….. namun setelah di atas, sebuah panorama yang luar biasa yang belum saya lihat sebelumnya. Sebuah keindahan alamiah yang terwujud karena proses alam. Terbayar sudah jarak yang jauh, rasa lelah dan keringat, dengan keindahan alam sang pencipta di Pulau Panjang Kecamatan Paleleh, Kaputen Buol Provinsi Sulawesi Tengah.

Pulau Panjang Paleleh Buol Destinasi Wista Yang Tersembunyi
Teman Perjuangan Guru Daerah Khusus

Saya seorang penulis berusaha mengabadikan setiap pengalaman dan keahlian. Karena ilmu pengetahuan akan tetap abadi hingga manusia tidak bisa berdiri lagi dimuka bumi ini.

2 Comments

Pergunakan komentar yang bijak, saran yang baik dan kritikan yang membangun.
EmoticonEmoticon