Tips dan Trik Rahasia Menjawab Soal TKD CPNS



Dimulai sejak tahun 2015 untuk pelaksanaan tes CPNS, pemerintah telah menggunakan sistem komputerisasi dengan aplikasi secara online yang dinamakan dengan Computer Asisstmen Test (CAT). Hal ini dilakukan agar mendapatkan CPNS yang berkualitas sesuai dengan bidangnya, transparansi nilai yang diperoleh secara langsung dapat diketahui, serta tentunya dapat menghemat anggaran negara serta dengan hasil yang sangat cepat.

Selain itu juga peserta yang berada di luar rungan atau khalayak ramai, dapat melihat perolehan sementara hasil dari setiap peserta yang melakukan tes pada sebuah layar yang telah di sediakan oleh panitia. Bagi penonton diluar sungguh menjadi keseruan tersendiri, ya... mirip banget seperti nonton piala dunia atau menonton pacuan kuda di layar yang hanya menampilkan nama yang naik maupun turun berdasarkan peringkat hasil.

Untuk melaksanakan CAT guna lolos menjadi CPNS, memerlukan persiapan yang cukup di bawah ini saya coba berikan tips dan trik rahasia yang telah saya coba, sehingga lolos menjadi CPNS.

  1. Siapkan buku soal CAT : tidak ada keberhasilan tanpa pengorbanan, sobat semua ya sebisanya untuk membeli buku yang membahas akan soal-soal CPNS.
  2. Pelajari cara menjawab bukan jawaban : artinya bahwa percuma mengingat jawaban, toh soal hanya sekian persen saja yang pastinya sama dengan apa yang dihapal, tetapi apabila sobat mencoba memahami cara penyelesaian dari soal tersebut maka, soal bentuk apapun yang di modifikasi tentunya tidak akan sulit untuk di jawab.
  3. Kesabaran dan focus dalam membaca soal : berdasarkan pengalaman bahwa soal-soal CAT itu sebagian besar terdiri dari soal yang panjang artinya diperlukan kesabaran dan focus yang baik dalam memahami soal. Bila soal tidak dapat dipahami ya...bagaimana dengan jawabannya ?
  4. Mengatur waktu pengerjaan dengan baik : artinya bahwa 100 butir soal yang disuguhkan hanya 1-2 menit setiap soal, tentunya sobat harus benar-benar mengatur waktu dengan baik, dengan mengerjakan soal yang mudah dan yakin akan jawabannya.
  5. Rileks tanpa terpengaruh suasana dari peserta lain : artinya dalam mengerjakan soal CAT sobat semua jangan sedikitpun terpengaruh akan kondisi ruangan, atau bahkan peserta lain yang sobat anggap dia adalah sainga, mencoba rileks bahwa ini adalah ujian biasa, namun tetap focus terhadap soal yang sobat hadapi.
  6. Loncat-loncat dalam menjawab : artinya Soal CAT terdiri dari 3 bagian yaitu soal wawasan kebangsaan (TWK), soal intelegensi umum (TIU), dan soal karakteristik pribadi (TKP), sobat semua dapat mengerjakannya secara random, contoh pengalaman saya adalah dengan focus mengerjakan soal Wawasan Kebangsaan terlebih dahulu yang dianggap paling mudah, kemudian lanjut ke soal Intelegen disini soal-soal yang kemungkinan ada bila sobat tau rumus atau cara menyelesaikannya, pastikan focus dan selesaikan untuk menghitungnya, selanjutnya baru ke soal Kepribadian, disini sobat kalo bisa isi tanpa bersisa artinya kerjakan soal dengan memilih jawaban yang paling ideal, bukan menurut sobat, tapi disini kita sedang sebagai manusia yang sempurna atau ideal, kerjakan semua soal kepribadian. Nah...kemudian sisa waktu pergunakan untuk kembali menjawab soal TWK, apabila benar-benar tidak tau jawaban. Pastikan sobat menjawabnya, mana jawaban yang diyakini oleh sobat.
  7. Lihat jawaban sebelum membaca wacana : terdapat beberapa soal dalam bentuk wacana, biasanya satu wacana untuk beberapa soal, nah sobat harus lakukan terbalik, yaitu lihat dulu pertanyaan baru baca dan lihat wacananya. Jangan habiskan waktu untuk baca wacana.
  8. Untuk soal logika, tampaknya sangat sederhana, tetapi sebenarnya sangat menguras pikiran. Coba Anda lihat dulu alternatif jawabannya. Pilih alternatif jawaban yang kira-kira berbeda dengan alternatif jawaban yang lain. Kemudian baca soal dan pahami pola soalnya, cocokkan pilihan jawaban pertama Anda dengan soal. Apabila tidak cocok, baru Anda pilih jawaban yang paling benar
  9. Jangan lupa untuk berdoa sebelum mengerjakan, bahkan sertakan doa dari setiap jawaban yang dipilih.
Baca juga : Download Aplikasi Soal TKD Sistem CAT CPNS

SKD adalah soal tes yang berasal dari Badan Kepegawaian Negara (BKN). Tes ini terdiri atas tiga bagian, yaitu:
  1. Test Wawasan Kebangsaan (TWK) berisi 35 soal
  2. Test Intelegensi Umum (TIU) berisi 30 soal 
  3. Test Karakteristik Pribadi (TKP) berisi 35 soal

SKD berisi 100 soal dan setiap soalnya berisi pilihan ganda. Setiap satu soal ada lima pilihan jawaban (a, b, c, d, dan e). Dan untuk kelulusan dalam tahap ini ditentukan melalui ambang batas  atau yang populer disebut PG alias passing grade. PG bagi ketiga soal tersebut jika mengacu pada Permenpan nomor 22 tahun 2017 sebagai berikut:

  1. TWK = nilai ambang batasnya 75 (setiap 1 soal jika benar nilainya 5, jika salah nilainya 0. Berarti minimal harus benar 15 soal dari 35 soal) 
  2. TIU = nilai ambang batasnya 80 (setiap 1 soal jika benar nilainya 5, jika salah nilainya 0. Berarti minimal harus benar 16 soal dari 30 soal)
  3. TKP = nilai ambang batasnya 143 (dalam 1 soal nilai tertinggi atau jawaban terbaik skornya 5, dan nilai terendah skornya 1. Jadi setiap pilihan ganda a, b, c, d, dan e mengandung skor 1 sampai 5)

Sedangkan waktu yang diberikan untuk mengerjakannya 90 menit. Karena ada 100 soal berarti setiap soal harus dikerjakan 54 detik. Bisa dipastikan disini kita harus bermain dengan kecepatan. Kecepatan! 

Contoh hasil perolehan nilai CAT
Contoh hasil perolehan nilai CAT

Demikian tips dan trik dalam mengerjakan soal CAT CPNS ini, tulisan ini saya buat berdasarkan atas mengalaman saya dan jangan lupa untuk selalu berdoa kepada Tuhan yang maha kuasa, meminta doa juga kepada Orang tua, saudara, istri atau suami bila sudah berumah tangga. Semoga sobat semua dapat lolos di tes CAT CPNS kali ini.

Saya seorang penulis berusaha mengabadikan setiap pengalaman dan keahlian. Karena ilmu pengetahuan akan tetap abadi hingga manusia tidak bisa berdiri lagi dimuka bumi ini.

Pergunakan komentar yang bijak, saran yang baik dan kritikan yang membangun.
EmoticonEmoticon