--> Skip to main content

Memahami Remote Server Dengan Mudah di Debian 8

Memahami Remote Server Dengan Mudah di Debian 8


Selamat datang dan salam jumpa kembali bersama saya di Buatkuingat.com, blog yang menyuguhkan berbagai artikel tentang dunia komputer dan jaringan. Pada kesempatan ini saya akan mencoba menjelaskan tentang Memahami Remote Server Dengan Mudah di Debian  8.

Pengertian Remote Access

Apa itu remote access ?


Remote  Access  adalah  kemampuan  untuk  terhubung  dengan  resource pada suatu jaringan sentral dari suatu lokasi. Ini berarti menggunakan sebuah PC dan  modem  di  satu tempat,  melalui  kabel  telepon,  terhubung  ke  suatu  PC  atau server  pada  network  utama  suatu perusahaan.

Kondisi geografis yang luas memerlukan biaya akomodasi yang besar, seorang administrator jaringan harus secara rutin berkunjung ke setiap Network Operating System (NOC) jika remote access tidak digunakan. Sehingga dengan remote access sebuah NOC dapat dikendalikan jarak jauh, dan operator jaringan tidak harus datang atau memeriksa langsung ke tempat dimana Server atau router berada.

Fungsi Remote Access

Beberapa perusahan pun  memilih  remote  access untuk  mengurangi  jumlah  dan  ruang kantor  yang diperlukan.  Dengan  banyak  pekerja berada  di  luar  kantor,  ruang kantor   dapat digunakan   sebagai   part   time   basis,   dan   ruang kantor   dapat dikonsolidasi. Aplikasi yang banyak menggunakan remote access adalah :
  1. Pertukaran surat elektronik (email)
  2. Tranfer file 
  3. Akses database 
  4. Remote scheduling 
  5. Remote printing
  6. Manajemen jaringan (network management)

Baca juga artikel tentang :

Manfaat Remote Access

Beberapa kegunaan remote access yang lazim diantaranya :
  1. Mengendalikan komputer lain dari lokasi yang remote, misalnya untuk mengakses software di komputer yang ada di divisi atau bagian lain di perusahaan oleh pengguna technical support perusahaan diruang kerjanya. 
  2. Mematikan komputer dari jarak jauh. 
  3. Menghidupkan ulang komputer/restart dari jarak jauh. 
  4. Memodifikasi  setting registry  komputer lain dari jarak jauh. 
  5. Mengawasi penggunaan komputer lain dari jarak jauh. 
  6. Membantu pengguna lain memecahkan masalah di PC-nya dari jarak jauh. 
  7. Mengawasi penggunaan program berjalan / internet dari jarak jauh. 
  8. Pemeliharaan (maintenance) komputer dari jarak jauh.
  9. Sharing resource  dari jarak jauh.
Keuntungan  dari jaringan komputer  yaitu memudahkan kita dalam berbagi resource hardware ataupun  software  yang  ada.  Remote  Access adalah  salah  satu teknologi yang  digunakan untuk mengakses suatu system melalui media  jaringan. Sehingga kita  dapat mengkonfigurasi suatu system, dimanapun kita berada asalkan terkoneksi ke Internet  atau  Jaringan  tersebut.

Type Remote Access

Secara umum, Remote Access dibagi menjadi dua jenis :
  1. Mode  Desktop  /  GUI (Graphical  User  Interface), misalnya Remote Desktop, VNC, dan Radmin, Netschool Manager, Team Viewer 
  2. Mode Teks, misalnya telnet, ssh, raw, Rlogin dan serial.

Demikian artikel tentang memahami remote access server, semoga bisa bermanfaat untuk sobat semua, dan bila terdapat hal yang tidak dipahami, silahkan berkenan meninggalkan pesan di kolom komentar di bawah.
 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar