Cara Memahami IP Address Untuk Pemula



Jaringan komputer terbesar dan terluas saat ini adalah "Internet". Internet adalah rangkaian jaringan komputer yang terhubung satu dengan yang lainnya di seluruh dunia. Sementara untuk dapat saling terhubung, maka komputer harus memiliki identitas bukan hanya nama komputer itu sendiri, melainkan sebuah kode yang diatur oleh organisasi internasional yang dinamakan IP address. IP address adalah sebuah instrumen identitas dari komputer dalam bentuk angka.

Internet Protocol Address (IP Address) merupakan sebuah identitas numerik yang disematkan kepada sebuah perangkat yang dapat saling terhubung. Beberapa perangkat tersebut antaralain :
  1. Personal Computer (PC)
  2. Laptop
  3. Netbook
  4. Printer
  5. Smartphone, dll
Beberapa fungsi dari IP address sebagai berikut :
  1. Sebagai identitas pada suatu host (PC) bila hendak terhubung dengan host (PC) lain : Ilustrasi untuk fungsi ini adalah seorang manusia dipastikan harus memiliki sebuah nama dan nomor identitas tertentu untuk dapat berkomunikasi dengan orang lain. Bukankah bila kita hendak menginap di hotel, resepsionis selalu meminta KTP (Kartu Tanda Penduduk).
  2. Sebagai alamat letak jaringan : Ilustrasi dari fungsi ini adalah bahwa manusia diharuskan memiliki tempat tinggal untuk dapat mengirim maupun menerima paket informasi. Sebuah rute atau jalan yang telah terkenal, bukankah paket akan lebih cepat sampai ?
IP address versi 4 memiliki 4 bagian dan setiap bagian memiliki nilai 8 bit, sehingga total nilainya adalah 32 bit. IP Address Versi 4 ini masih banyak orang menggunakannya, walaupun IP Address Versi 6 pada tahun 1995 telah di luncurkan, guna mengatasi keterbatasan jumlah IP address pada versi 4. Seiring bertambahnya manusia dan kebutuhan akan perangkat yang saling terhubung, maka suatu saat sudah dapat dimungkinkan IP address yang digunakan adalah versi 6.

Penulisan IP address
Pada dasarnya komputer hanya mengenal satu bentuk bilangan, yakni bilangan desimal yang terdiri dari angka 1 dan 0, sehingga IP address pun sebenarnya merupakan sebuah bilangan biner. Namun, supaya pengguna atau manusia mudah untuk mengingat, maka IP address dituliskan dalam angka desimal, yang setiap bagian dipisahkan dengan koma (,). Penulisan IP address tersebut dikenal dengan dotted-decimal-notation.

Contoh :
192.168.1.1

Bila diubah ke dalam bentuk bilangan biner maka :
11000000.10101000.1.1

Coba di lihat, menurut sobat semua, manakan yang mudah untuk kita ingat ?

Kelas IP address
Sebuah organisasi internasional telah menatur bahwa IP address terbagi menjadi 5 kelas, yakni kelas A, B, C, D dan E. Adapun letak perbedaan pada setiap kelas adalah pada Ukuran dan jumlahnya. IP address kelas A, B dan C dipergunakan untuk jaringan kecil lingkup Local Area Network (LAN), sedangkan kelas D dan E adalah IP address yang digunakan oleh developer untuk keperluan eksperimen. Lanjutkan untuk Memahami Kelas IP Address.

Network ID dan Host ID
Pembagian kelas IP di atas erat kaitannya dengan 2 hal, yaitu Network ID dan Host ID. Network ID adalah bagian dari IP address yang menunjukan letak jaringan komputer, sementara Host ID adalah menunjukan jumlah Host IP yang ada pada letak jaringan tersebut. Lanjutkan untuk Memahami Host ID dan Network ID.

Saya seorang penulis berusaha mengabadikan setiap pengalaman dan keahlian. Karena ilmu pengetahuan akan tetap abadi hingga manusia tidak bisa berdiri lagi dimuka bumi ini.

Pergunakan komentar yang bijak, saran yang baik dan kritikan yang membangun.
EmoticonEmoticon