--> Skip to main content

Cara Memahami IP Address Untuk Pemula

Cara Memahami IP Address Untuk Pemula


Apa itu Internet ?

Buatkuingat.com - Jaringan komputer terbesar dan terluas saat ini adalah "Internet". Internet adalah rangkaian jaringan komputer yang terhubung satu dengan yang lainnya di seluruh dunia. Sementara untuk dapat saling terhubung, maka komputer harus memiliki identitas bukan hanya nama komputer itu sendiri, melainkan sebuah kode yang diatur oleh organisasi internasional yang dinamakan IP address. 

Pengertian IP Address 

Apa itu IP Address ?

IP address adalah sebuah instrumen identitas dari komputer dalam bentuk angka. Internet Protocol Address (IP Address) merupakan sebuah identitas numerik yang disematkan kepada sebuah perangkat yang dapat saling terhubung. Beberapa perangkat tersebut antara lain :
  1. Personal Computer (PC)
  2. Laptop
  3. Netbook
  4. Printer
  5. Smartphone, dll
IP address tidak secara otomatis terisi pada perangkat seperti MAC address, IP address adalah sebuah identitas nomor yang diberikan oleh pengelola atau kita baik secara statik dengan mengisikannya manual, atau juga membuat DHCP server, dengan range IP tertentu, untuk kemudian perangkat mendapatkan IP dinamis dari range tersebut.

Fungsi IP Address

Beberapa fungsi dari IP address sebagai berikut :
  1. Sebagai identitas pada suatu host (PC) bila hendak terhubung dengan host (PC) lain : Ilustrasi untuk fungsi ini adalah seorang manusia dipastikan harus memiliki sebuah nama dan nomor identitas tertentu untuk dapat berkomunikasi dengan orang lain. Bukankah bila kita hendak menginap di hotel, resepsionis selalu meminta KTP (Kartu Tanda Penduduk).
  2. Sebagai alamat letak jaringan : Ilustrasi dari fungsi ini adalah bahwa manusia diharuskan memiliki tempat tinggal untuk dapat mengirim maupun menerima paket informasi. Sebuah rute atau jalan yang telah terkenal, bukankah paket akan lebih cepat sampai ?

Baca juga artikel tentang :

IP Address Versi 4

IP address versi 4 memiliki 4 bagian dan setiap bagian memiliki nilai 8 bit, sehingga total nilainya adalah 32 bit. IP Address Versi 4 ini masih banyak orang menggunakannya, walaupun IP Address Versi 6 pada tahun 1995 telah di luncurkan, guna mengatasi keterbatasan jumlah IP address pada versi 4. Seiring bertambahnya manusia dan kebutuhan akan perangkat yang saling terhubung, maka suatu saat sudah dapat dimungkinkan IP address yang digunakan adalah versi 6.

Penulisan IP address

Pada dasarnya komputer hanya mengenal satu bentuk bilangan, yakni bilangan desimal yang terdiri dari angka 1 dan 0, sehingga IP address pun sebenarnya merupakan sebuah bilangan biner. Namun, supaya pengguna atau manusia mudah untuk mengingat, maka IP address dituliskan dalam angka desimal, yang setiap bagian dipisahkan dengan koma (,). Penulisan IP address tersebut dikenal dengan dotted-decimal-notation.

Contoh :
192.168.1.1

Bila diubah ke dalam bentuk bilangan biner maka :
11000000.10101000.1.1

Coba di lihat, menurut sobat semua, manakan yang mudah untuk kita ingat ?

Pembagian Kelas IP Address

Kelas IP address

Sebuah organisasi internasional telah menatur bahwa IP address terbagi menjadi 5 kelas, yakni kelas A, B, C, D dan E. Adapun letak perbedaan pada setiap kelas adalah pada Ukuran dan jumlahnya.

IP address kelas A, B dan C dipergunakan untuk jaringan kecil lingkup Local Area Network (LAN), sedangkan kelas D dan E adalah IP address yang digunakan oleh developer untuk keperluan eksperimen. Lanjutkan untuk Memahami Kelas IP Address.

Network ID dan Host ID

Pembagian kelas IP di atas erat kaitannya dengan 2 hal, yaitu Network ID dan Host ID. Network ID adalah bagian dari IP address yang menunjukan letak jaringan komputer, sementara Host ID adalah menunjukan jumlah Host IP yang ada pada letak jaringan tersebut. Lanjutkan untuk Memahami Host ID dan Network ID.

Demikian penjelasan saya tentang Cara Memahami IP Address, semoga bisa membantu sobat semua yang sedang belajar dunia komputer jaringan. Bila terdapat hal yang tidak dipahami, silahkan untuk meninggalkan pesan pada kolom komentar di bawah.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar