Bagaimana Menjadi Blogger Profesional ?



Untuk sekedar membuat blog sih tidak lama dan cukup mudah, apa sih modal yang harus dimiliki untuk menjadi seorang blogger ?. Kadang saya sendiri heran, ada orang yang suka menulis bahkan dia menjual tulisannya kepada orang lain yang notabene adalah para blogger, bayaran dari nulis ga seberapa bila dibandingkan dengan penghasilan internet marketing. Kenapa ga mencoba membuat blog sendiri dan menulis sendiri.

Ada orang yang pintar buat blog, he...tapi dia tidak pandai menulis alhasil cepet jenuh 
Ada juga orang yang pandai menulis, eh...dianya tidak tau bagaimana cara membuat blog

Dari selintas yang saya pikir mungkin akan lebih bagus bila digabungkan yah, yang pintar buat blog ayo..belajar menulis. Juga yang pandai menulis cobalah untuk membuat blog. Sobat semua yang saya cintai, pertanyaan berikutnya, apakah cukup dengan bisa buat blog kemudian menulis ? jawbanya ternyata 2 hal antara pintar buat blog dan pandai menulis itu tidak cukup, untuk mencapai titik dimana blog kita banyak di kunjungi orang.

Nah, pada artikel ini akan saya coba paparkan, Bagimana sih menjadi blogger profesional ?

Saya akan jelaskan dulu bahwa saat ini terdapat 3 kategori para blogger :
1. Blogger kelas pemula : para pemula ini baru bisa membuat blog dan sedikit kemampuan menulis
2. Blogger kelas menengah : blogger ini sudah bisa buat blog dan rajin menulis artikel, namun sembarangan dalam memposting artikel dan tidak terarah.
3. Blogger kelas mahir : blogger ini dia bisa buat blog sekaligus paham ngutak-ngatik blognya, tau cara optimasi SEO, ditambah rajin sekali secara rutin menulis artikel sesuai keahliannya alias terarah.

Ayo jujur, sobat ada di posisi mana ?

Oke jadi apa sajakah syarat menjadi seorang blogger profesional ?


1. Menentukan topik blog yang jelas 

Blog itu layaknya sebuah toko yang akan sobat buat, pertanyaanya sobat mau jual apa ?. Mau jual makanan atau minuman, barang, pakaian atau mau juga buat toko serba ada. Pertanyaan selanjutnya Ilmu atau pengalaman apa yang sobat miliki terkait keahlian yang sekarang sobat geluti ?.

Baiknya buat blog itu mengikuti keahlian sobat misal : sobat adalah pekerja di otomotif, buatlah blog tentang otomotif. Alasan ini semua tiada lain adalah agar lebih mudah dalam membuat artikel-artikel yang secara rutin harus di buat. Jadi sobat buat nama blog misal : otomotivemania.blogspot.com


2. Produksi artikel terkait keahlian sobat secara rutin dan berkala.

Kembali ke permasalah tentang menentukan topik di atas, coba kalo sobat pilih jenis blog yang serba ada, sementara sobat ahlinya di bidang otomotif. Pasti akan merasa kesulitan untuk membuat satu artikel saja, karena artikel yang dibuat asing dan tidak dipahami, bisa jadi salah kaprah dan menjadi kurang informatif.

Nah kalo sobat pilih sesuai dengan keahlian, lain cerita tuh, sobat akan secara optimis dan semangat terus menggali kemampuan sementara menuliskannya pada media blog, pastinya pengunjung akan menerima informasi yang maksimal, karena pastinya artikelnya berkualitas.

Buatlah artikel secara rutin dan berkala, misal 1 hari sobat melakukan posting dengan 2 atau 3 artikel, maka sebulan pastinya akan dapat 50 artikel, semakin banyak artikel yang di posting dan berkualitas, yakin trafik kunjungan akan mulai meningkat.


3. Pelajari informasi yang sedang trending, bisa juga mulai belajar Search Engine Optimizer (SEO)

Pada tahapan ini sobat harus mencoba mendengar, melakukan survey, menganalisis dan menentukan jenis artikel berdasarkan judul yang sedang trend, pada bidang yang digeluti sobat. Kadang 2 artikel dalam 1 minggu dengan judul yang tepat sasaran akan jauh lebih cepat dalam meningkatkan trafic, sehingga beban sobat untuk rutin setiap hari akan mulai berkurang, namun tetap trafic terjaga.


4. Menanggapi komentar dari pengunjung

Bukti bahwa blog kita di urus atau tidak adalah dengan respon terhadap komentar para pengunjung. Pengunjung yang memberikan komentar pastinya akan senang bila di balas oleh si pemilik blog, apalagi bila pengunjung tersebut mendapatkan solusi atas jawaban yang dia tanya. Secara psikologi bahwa pengunjung nyaman dan mendapatkan tempat untuk bertanya, sehingga dia akan kembali lagi mengunjungi blog sobat bahkan bisa jadi blog sobat akan di simpan di bookmark-nya agar mudah dibuka.


5. Posting Konten yang berkualitas.

Hidangkan makanan yang memiliki citarasa tersendiri dan tentunya enak, begitu pula artikel yang sobat suguhkan selalu jaga dari kulitas. Jangan suguhkan artikel yang kurang informatif atau bahkan mendekati hoax atau bertentangangan dengan norma-norma. Pelajari gaya sobat dalam penulis, awalnya pasti sulit tapi yakin lama-kelamaan akan menjadi suatu kebiasaan yang tidak lagi menjadi beban.


6. Belajar scripting HTML dan CSS untuk mempercantik tampilan blog

Sekali lagi bahwa blog sobat identik dengan sebuah toko, toko yang tidak bersih, tidak rapih tidak wangi, kotor dan lain sebagainya, pastinya tidak akan membuat nyaman pengunjung, pengunjung akan malas dan hanya satu kali saja berkunjung. Maka dari itu mulailah sobat mempelajari tutorial-tutorial tentang bagaimana belajar yang namanya Hyper Text Markup Language (HTML) atau Cace Cadding Style (SCC), focus untuk mempercantik tampilan blog sobat.

Oke sobat semua sudah saya jelaskan 6 tips di atas tentang Bagaimana menjadi blogger yang profesional, semoga bisa diterapkan dan sukses untuk mendapatkan kunjungan dari para teman dunia maya. Semoga bermanfaat.


Saya seorang penulis berusaha mengabadikan setiap pengalaman dan keahlian. Karena ilmu pengetahuan akan tetap abadi hingga manusia tidak bisa berdiri lagi dimuka bumi ini.

Pergunakan komentar yang bijak, saran yang baik dan kritikan yang membangun.
EmoticonEmoticon