--> Skip to main content

Fungsi Tombol Keyboard Screenshot di Windows 11

Fungsi Tombol Keyboard Screenshot di Windows 11

Berikut fungsi tombol keyboard screenshot di Windows 11. Tombol keyboard screenshot di Windows 11 adalah pintasan keyboard yang digunakan untuk mengambil tangkapan layar (screenshot) dari layar komputer.

Tombol ini biasanya terletak di bagian atas keyboard, di sebelah kanan tombol panah ke atas. Tombol ini memiliki nama yang berbeda-beda di setiap keyboard, tetapi umumnya disebut sebagai "Print Screen" atau "PrtSc".

Fungsi tombol keyboard screenshot di Windows 11 adalah untuk mengambil tangkapan layar dari layar komputer dan menyalinnya ke clipboard. Clipboard adalah area penyimpanan sementara untuk data yang disalin dari suatu aplikasi atau sumber ke aplikasi atau sumber lainnya.

Setelah tangkapan layar disalin ke clipboard, Anda dapat menyisipkannya ke aplikasi lain, seperti Paint atau Microsoft Word.

Untuk mengambil tangkapan layar menggunakan tombol keyboard screenshot di Windows 11, tekan tombol PrtSc pada keyboard. Tangkapan layar akan disalin ke clipboard. Anda kemudian dapat menyisipkan tangkapan layar ke aplikasi lain dengan menekan Ctrl+V.

Selain menggunakan tombol PrtSc, Di Windows 11/10, ada beberapa pintasan keyboard untuk mengambil tangkapan layar. Jadi, jika satu pintasan keyboard tidak berfungsi, Anda dapat mencoba pintasan lainnya.

  1. Print Screen (PrtScn) Key
  2. ALT + Print Screen
  3. Logo Windows + Print Screen
  4. Fn + logo Windows + Spasi

Selain itu, pintasan keyboard yang berbeda berguna dalam skenario yang berbeda.

1. Print Screen (PrtScn) Key

Ini adalah cara paling sederhana untuk mengambil tangkapan layar di komputer Anda. Yang harus Anda lakukan adalah mencari dan menekan tombol Print Screen (PrntScn) pada keyboard Anda, dan gambar seluruh layar Anda akan disalin ke clipboard.

Setelah itu, Anda dapat membuka Paint dan Ctrl + V untuk menempelkan gambar yang diambil dan menyimpannya dalam format yang Anda inginkan.

2. ALT + Print Screen

Tidak selalu Anda ingin menangkap seluruh layar; di sinilah kombinasi tombol pintas ALT + PrtScn bisa berguna.

Kombinasi keyboard ini hanya akan menangkap jendela aktif dan menyalinnya ke clipboard. Kemudian, Anda dapat membuka Paint dan menempelkan gambar tersebut untuk menyimpannya.

3. Logo Windows + Print Screen

Ini akan menangkap seluruh layar dan secara otomatis menyimpan tangkapan layar sebagai file. Jadi, tidak perlu menempelkan gambar ke Paint dan menyimpannya.

Untuk menemukan tangkapan layar yang Anda simpan, Anda harus membuka Pictures > Screenshots. Ini adalah opsi bagus jika Anda ingin mengambil tangkapan layar dengan cepat dan tidak perlu langsung mengedit atau membagikannya.

4. Fn + logo Windows + Spasi

Dalam kasus yang jarang terjadi, laptop Anda mungkin tidak memiliki tombol PrtScn. Dalam kasus seperti itu, ambil tangkapan layar menggunakan kombinasi tombol Fn + Tombol Logo Windows + Spasi.

Setelah tangkapan layar diambil, Anda harus menggunakan Paint atau editor gambar apa pun untuk menyimpan gambar.

Cara mengambil screenshot di Windows 11 tanpa tombol Print Screen

Ada cara lain untuk mengambil tangkapan layar di komputer Windows Anda , yaitu:

  • Snipping Tool : Snipping Tool memungkinkan Anda menangkap bagian tertentu dari layar Anda. Anda harus meluncurkan alat Snipping, memilih area di layar Anda, dan menyimpannya sebagai tangkapan layar.
  • Game Bar: Anda juga dapat mencoba Game Bar, sebuah fitur yang dibuat untuk para gamer. Namun, Anda dapat menggunakannya untuk mengambil tangkapan layar. Untuk menggunakannya, Anda harus menekan Tombol Windows + G lalu klik ikon Kamera untuk menyimpan seluruh layar sebagai tangkapan layar. Selain itu, untuk menemukan hasil tangkapan Anda, Anda harus membuka Video > Screenshot.

Bagaimana cara Screenshot dengan tombol F12?

Untuk mengambil screenshot, biasanya Anda tidak bisa langsung menggunakan tombol F12 kecuali Anda memetakannya ke tombol Print Screen. Namun, beberapa keyboard baru, terutama pada laptop, mungkin mengharuskan Anda menahan tombol “Fn” atau “Function” dan menekan F12 untuk mengambil tangkapan layar.

Itu saja yang perlu Anda ketahui tentang pintasan keyboard untuk mengambil tangkapan layar di Windows. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar