--> Skip to main content

Cara Menyembunyikan Recycle Bin di Windows 11

Cara Menyembunyikan Recycle Bin di Windows 11

Berikut panduan cara menyembunyikan Recycle Bin di Windows 11 dengan langkah sederhana dan menjaga ruang kerja Anda terlihat rapi dan teratur.

Recycle Bin adalah salah satu dari sedikit ikon yang hadir secara default di PC desktop Windows 11 baru. Ikon tersebut akan selalu ada di desktop Anda karena, tidak seperti ikon lainnya, ikon Recycle Bin tidak dapat dihapus.

File yang dihapus tidak benar-benar terhapus sampai Recycle Bin dikosongkan. Siapa pun yang memiliki akses ke komputer Anda dapat dengan mudah membuka Recycle Bin dan melihat konten sensitifnya.

Jika PC desktop Windows 11 Anda penuh dengan terlalu banyak ikon, menyembunyikan Recycle Bin dan menghapus ikon tidak berguna lainnya dari desktop Anda adalah cara mudah untuk mendapatkan tampilan yang lebih bersih.

Jika Anda jarang menggunakan Recycle Bin atau tidak ingin Layar PC Anda berantakan, berikut cara menyembunyikan atau menghapus Recycle Bin di Windows 11.

Sembunyikan Ikon Recycle Bin di Windows 11

Tidak seperti di Windows 7 dan Windows 10, Microsoft telah menyembunyikan Pengaturan Ikon Desktop di Windows 11, sehingga menyulitkan rata-rata pengguna untuk menemukannya. Inilah cara Anda melakukannya:

  1. Buka Settings/Pengaturan Windows dan buka bagian 'Personalization'. Lalu, klik 'Themes' di sebelah kanan. Cara lainnya, ketik desk.cpl ,,5 dan tekan Enter.
  2. Pada halaman pengaturan Tema, klik 'Desktop icon settings'.
  3. Di jendela Pengaturan Ikon Desktop, hapus centang 'Recycle Bin' di bawah ikon Desktop dan klik 'Apply'.
  4. Kemudian, klik 'OK'.

Cara Menyembunyikan Recycle Bin di Windows 11-a

Sembunyikan Semua Ikon di Windows 11

Jika lebih menyukai layar desktop yang bersih, Anda juga dapat menyembunyikan semua ikon dari desktop Anda, termasuk Recycle Bin. Anda dapat mengembalikan ikon kapan pun Anda mau. Menyembunyikan ikon dapat melindungi file sensitif dari mata-mata di komputer bersama.

  1. Klik kanan pada ruang kosong mana pun di layar desktop Anda dan pilih 'view'.
  2. Kemudian, klik opsi 'Show desktop icons' untuk mematikannya. 

Cara Menyembunyikan Recycle Bin di Windows 11-b

Ini akan menyembunyikan recycle bin bersama dengan semua hal lain di desktop, termasuk ikon dan file. Namun, melakukan ini hanya akan menyembunyikan ikon, bukan menghapusnya. Anda masih dapat mengakses item yang dihapus dari Recycle Bin di File Explorer.

Menghapus Recycle Bin di Windows Via Group Policy Editor

Dengan Group Policy Editor, Anda dapat mengubah berbagai pengaturan dan kebijakan penting di PC Anda. Dalam kasus ini, kita juga dapat menggunakan untuk menghapus ikon Recycle Bin dari desktop. Berikut langkah-langkah untuk melakukannya:

Editor Kebijakan Grup Lokal hanya tersedia untuk edisi Windows 11 Pro, Windows 11 Education, dan Windows 11 Enterprise.

  1. Tekan Win + R untuk membuka kotak dialog RUN. Ketik 'gpedit.msc' dan tekan  Enter untuk meluncurkan Group Policy Editor.
  2. Di dalam jendela Group Policy Editor, navigasikan ke lokasi berikut di panel kiri:
  3. User Configuration > Administrative Templates > Desktop
  4. Kemudian, temukan dan klik dua kali pada 'Remove Recycle Bin from Desktop'.
  5. Sekarang, pilih 'Enabled' dan klik 'Apply' untuk menyimpan perubahan.
  6. Kemudian, klik 'OK' dan restart PC Anda. Setelah restart, ikon Recycle Bin akan hilang dari desktop.

Meskipun Anda mungkin tidak lagi melihat Recycle Bin di desktop, bukan berarti Recycle Bin hilang selamanya. Tidak seperti menghapus file, menghapus ikon Recycle Bin tidak benar-benar menghapus bin itu sendiri, melainkan hanya menyembunyikannya.

File Anda yang dihapus masih aman dan sehat di dalam Recycle Bin, meskipun Anda tidak dapat melihat Bin. Anda masih dapat memulihkan file dari Recycle Bin, sama seperti sebelumnya.

Ada tiga cara mudah untuk mengakses Recycle Bin tersembunyi Anda:

  • Menggunakan Bilah Pencarian: Buka Start menu atau bilah pencarian taskbar. Ketik 'Recycle Bin' dan tekan Enter. Akan muncul Recycle Bin, siap digunakan.
  • Navigasi dengan File Explorer: Buka File Explorer, ketik 'Recycle Bin' di bilah alamat dan tekan Enter. Ini akan langsung membuka Recycle Bin.
  • Menggunakan perintah Run: Buka kotak perintah Run, ketik sell:RecycleBinFolder dan tekan Enter.

Setelah Anda membuka Recycle Bin, Anda dapat menelusuri berkas-berkas yang terhapus, memulihkan berkas-berkas yang terhapus secara tidak sengaja, atau mengosongkan tong sampah secara permanen jika penuh dengan sampah. Bahkan jika Anda sudah mengosongkan Recycle Bin, beberapa perangkat lunak pemulihan data masih dapat mengembalikan file yang hilang, tergantung pada berapa lama file tersebut dihapus.

Jadi, jika nanti Recycle Bin Anda hilang, ingatlah bahwa Recycle Bin itu tersembunyi. Gunakan metode sederhana ini untuk menemukannya dan mengakses file Anda yang terhapus kapan pun Anda membutuhkannya.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar