--> Skip to main content

Cara Menginstal Windows Subsystem for Linux (WSL) di Windows 11

Cara Menginstal Windows Subsystem for Linux (WSL) di Windows 11

Berikut tutorial cara menginstal Windows Subsystem for Linux (WSL) di Windows 11. Windows 11 membawa angin segar bagi para pengguna yang ingin merasakan kekuatan Linux tanpa meninggalkan kenyamanan Windows.

Windows Subsystem for Linux (WSL) memungkinkan Anda menjalankan berbagai distribusi Linux, seperti Ubuntu, Debian, dan openSUSE, langsung di dalam Windows.

Dengan menggunakan WSL, Anda dapat menginstal distribusi Linux sebagai aplikasi dari Windows Store. Windows memiliki driver yang berada di antara kernel NT dan mode kernel Linux yang melakukan terjemahan dan mengekspos file virtual.

Apa itu Windows Subsystem for Linux (WSL)?

WSL bukan mesin virtual (VM) tradisional. Ini adalah sebuah lapisan kompatibilitas yang memungkinkan Windows untuk menjalankan biner Linux secara native. WSL menggunakan Hyper-V untuk mengisolasi lingkungan Linux dari Windows, sehingga Anda dapat menjalankan kedua sistem operasi secara bersamaan tanpa konflik.

Lapisan kompatibilitasnya untuk menjalankan biner Linux yang dapat dieksekusi secara asli di windows 10/11. Antarmuka kernel ini dikembangkan oleh Microsoft yang kemudian dapat menjalankan link diatasnya terlebih lagi dapat mendukung semua jenis distribusi Linux.

Manfaat Menginstal WSL:

  • Menjalankan alat dan aplikasi Linux: WSL memungkinkan Anda menggunakan berbagai alat dan aplikasi Linux yang tidak tersedia di Windows, seperti Git, Bash, dan Apache.
  • Pengembangan web dan aplikasi: WSL ideal untuk pengembangan web dan aplikasi dengan stack LAMP (Linux, Apache, MySQL, PHP) atau MEAN (MongoDB, Express.js, AngularJS, Node.js).
  • Meningkatkan alur kerja: Bagi para pengembang yang terbiasa dengan lingkungan Linux, WSL menghadirkan pengalaman yang familiar di dalam Windows.
  • Hemat ruang dan sumber daya: WSL lebih hemat ruang dan sumber daya dibandingkan dengan menjalankan VM Linux.

Cara Menginstal Windows Subsystem for Linux (WSL) di Windows 11

Berikut langkah-langkah Menginstal WSL di Windows 11

1. Aktifkan WSL

  1. Buka Settings > Apps > Apps & features > Optional features.
  2. Klik View all optional features.
  3. Cari Windows Subsystem for Linux.
  4. Centang kotak di sebelahnya dan klik Install.
  5. Restart komputer Anda setelah instalasi selesai.

2. Instal Distribusi Linux

  1. Buka Microsoft Store.
  2. Cari distribusi Linux yang Anda inginkan, seperti Ubuntu, Debian, atau openSUSE.
  3. Klik Get untuk menginstal distribusi.
  4. Buka aplikasi distribusi Linux yang telah diinstal.
  5. Ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan konfigurasi awal.

3. Instal WSL di Windows 11 menggunakan Command prompt

  1. Buka Command prompt sebagai adminstrator, atau Anda dapat menggunakan Terminal Windows.
  2. Sekarang ketik perintah berikut dan tekan enter.: wsl --list --online
  3. Perintah ini akan mencantumkan nomor distribusi Linux yang valid, sekarang Anda dapat memilih distribusi Linux dari daftar dan menginstalnya.
  4. Ketik perintah berikut untuk menginstal distro Linux tertentu di Windows 11: wsl --install -d < NAMA DISTRO>

Perintah ini akan menginstal distro Linux tertentu. Jika Anda mengalami kesalahan apa pun saat meluncurkan distro Linux, Anda perlu memperbarui WSL. Ikuti langkah-langkah yang disebutkan di bawah ini untuk memperbarui WSL.

4. Perbarui WSL di Windows 11

  1. Buka Command prompt sebagai adminstartor
  2. Ketik perintah berikut untuk memperbarui WSL: wsl --update

Perintah ini akan memeriksa pembaruan terkini dan kemudian mengunduh dan menginstal. Setelah pembaruan, restart sistem sekali dan coba luncurkan Linux WSL.

Jika Anda ingin kembali ke versi WSL sebelumnya, ketikkan perintah berikut.

wsl --update rollback

Perintah ini akan mengembalikan WSL ke versi sebelumnya. Ada berbagai perintah yang dapat Anda gunakan di WSL, ketik: wsl –help untuk melihat semua perintah di command prompt.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar