--> Skip to main content

Cara Menggunakan Microsoft Edge Workspaces

Cara Menggunakan Microsoft Edge Workspaces

Artikel ini akan menjelaskan cara menggunakan Microsoft Edge Workspaces. Bukankah menakjubkan jika Anda dan tim Anda bisa berbagi, menjelajah, dan berkolaborasi di internet bersama-sama?

Semua itu akan terwujud dengan Microsoft Edge Workspaces, sebuah fitur yang tidak hanya memungkinkan Anda bekerja dengan lancar bersama rekan satu tim, namun juga memberi Anda gambaran sekilas secara real-time tentang apa yang sedang dilakukan semua orang.

Apa Itu Microsoft Edge Workspaces?

Microsoft Edge memiliki fitur pengelompokan tab, yang memungkinkan Anda mengatur tab yang terbuka ke dalam berbagai kategori. Ini berguna untuk mengumpulkan tab yang terkait dengan topik atau penelitian tertentu dalam satu atap.

Namun, salah satu batasan fitur ini adalah Anda tidak dapat berbagi grup tersebut dengan orang lain. Di sinilah Workspaces berperan.

Workspaces mirip dengan fitur grup tab, tetapi fitur ini selangkah lebih maju dengan memungkinkan Anda berbagi grup tersebut dengan orang lain. Setelah Anda berbagi Workspaces dengan rekan satu tim, tab apa pun yang Anda atau mereka buka akan diperbarui secara otomatis untuk semua orang.

Manfaat Microsoft Edge Workspaces

Ada beberapa cara mengapa penggunaan Microsoft Edge Workspaces dapat bermanfaat bagi alur kerja Anda, namun alasan terbesarnya adalah karena ini memungkinkan Anda mengelola proyek dengan lebih efisien.

Misalnya, sebagai pemimpin proyek, Anda dapat meninggalkan komentar di tab tertentu dan menandai anggota tim yang relevan untuk mengambil tindakan. Hal ini menghilangkan kebutuhan akan alat terpisah hanya untuk mendiskusikan proyek.

Selain itu, tab dalam Workspaces diperbarui secara real-time, memastikan semua orang di tim Anda terus mengetahui status proyek.

Fitur berharga lainnya dari Workspaces adalah perlindungan privasi untuk konten pribadi. Saat Anda membuka tab dalam Workspaces yang berisi akun pribadi Anda, seperti OneDrive, Outlook, atau Microsoft Word, tab placeholder dibuat untuk orang lain.

Mereka tidak akan melihat konten Anda; sebagai gantinya, mereka akan diminta untuk masuk ke akun mereka sendiri setelah mengklik tab tersebut. Ini berlaku untuk semua tab yang berisi informasi pribadi seperti spreadsheet, dokumen, atau email.

Cara Membuat Microsoft Edge Workspaces

Untuk membuat Microsoft Edge Workspaces, klik ikon Workspaces dan pilih "Buat Baru". Microsoft Edge Workspaces memerlukan Edge versi 111.0.1661.51 atau lebih baru.

Untuk memeriksa versi yang terinstal di komputer Anda, klik tiga titik di sudut kanan atas, arahkan kursor ke "Bantuan dan Masukan", dan pilih "Tentang Microsoft Edge". Jika Anda perlu memperbarui Edge ke versi yang lebih baru, Anda juga dapat melakukannya di halaman "Tentang Microsoft Edge".

Selain memiliki versi Edge yang terbaru, Anda juga harus masuk dengan akun Microsoft Anda di Edge.

Setelah Anda memenuhi persyaratan di atas, Anda siap untuk membuat Workspaces pertama Anda. Untuk membuatnya, klik ikon Workspaces di pojok kiri atas dan pilih "Buat Baru" dari prompt yang muncul.

Berikan nama yang tepat untuk Workspaces Anda, pilih warna, lalu klik tombol "Selesai".

Edge akan membuka jendela terpisah yang berisi Workspaces Anda. Anda sekarang dapat membuka tab di dalamnya dan membaginya dengan rekan satu tim Anda.

Anda juga dapat membuat Workspaces dengan tab yang sudah dibuka di Edge. Untuk melakukannya, klik kanan pada tab yang terbuka, dan pilih opsi "Pindahkan Semua Tab ke Workspaces Baru".

Sekarang, beri nama lagi Workspaces, pilih warna pilihan Anda, lalu klik tombol "Selesai".

Cara Menggunakan Microsoft Edge Workspaces

Menggunakan Workspaces Anda semudah membuatnya! Namun, sebelum Anda ikut serta, Anda harus mengundang rekan satu tim Anda. Untuk melakukan ini, buka Workspaces dan klik opsi "Undang" di bilah atas.

Anda dapat mengundang kolaborator ke Workspaces Anda dengan dua cara. Anda dapat memasukkan alamat email mereka dan mengirimi mereka undangan atau menyalin tautan Workspaces dan membagikannya langsung kepada mereka.

Jika Anda mengirimkan undangan melalui email, orang yang Anda undang akan menerima email dengan opsi untuk bergabung ke Workspaces.

Begitu seseorang bergabung dengan Workspaces, inisialnya akan muncul sebelum tombol "Undang".

Anda juga dapat melihat tab mana yang sedang dilihat oleh kolaborator di perangkat mereka—inisial mereka yang akan muncul di tab yang mereka gunakan secara aktif. Ini bisa sangat membantu bagi manajer proyek yang ingin mengetahui tab mana yang menjadi fokus rekan satu timnya.

Misalnya, Anda sedang mengerjakan peluncuran situs web baru. Anda dapat membuat Workspaces dengan tab untuk berbagai bagian seperti repositori kode, file desain, lingkungan pengujian, dan platform obrolan tim seperti Slack. Semua orang di Workspaces dapat mengakses semua tab secara bersamaan dan melacak perubahan secara real time.

Opsi untuk melihat siapa yang melihat tab mana memungkinkan Anda memantau kemajuan tim Anda dan memastikan mereka mengerjakan tab yang seharusnya mereka gunakan daripada membuang waktu untuk orang lain.

Untuk menambahkan komentar ke Workspaces Anda, Anda harus mengaktifkan fitur komentar terlebih dahulu melalui Edge Flags. Buka Workspaces Anda, lalu ketikkan yang berikut ini ke dalam kolom alamat dan tekan Enter:

edge://flags/

Di bidang Pencarian, ketik "Enable Workspaces Comments" dan tekan Enter.

Klik panah drop-down di samping "Enable Workspaces Comments" dan pilih "Enabled". Kemudian, klik tombol "Restart".

Setelah Edge dimulai ulang, Anda akan melihat ikon komentar baru di Workspaces Anda.

Untuk menambahkan komentar, buka tab tempat Anda ingin menambahkan komentar dan klik ikon komentar.

Ketik komentar Anda di kolom teks dan tekan Enter.

Sekarang, anggota lain yang merupakan bagian dari Workspaces akan melihat komentar tersebut dengan beralih ke tab tersebut dan mengklik ikon komentar. Ini adalah cara yang sangat mudah untuk berbagi pemikiran dan ide, dan membuat catatan singkat.

Itulah panduan cara menggunakan Microsoft Edge Workspaces. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar