--> Skip to main content

Cara Mengatasi Error Not All of the Updates Were Successfully Uninstalled di Windows 11

Cara Mengatasi Error Not All of the Updates Were Successfully Uninstalled di Windows 11

Berikut panduan cara mengatasi error Not All of the Updates Were Successfully Uninstalled di Windows 11. Keuntungan terbesar memiliki sistem operasi Windows adalah Anda mendapatkan kebebasan untuk menginstal & menghapus update sistem secara manual. Anda dapat menjeda update Windows untuk sementara waktu dan kemudian melanjutkannya.

Di sisi lain, jika ada update Windows yang bermasalah, Anda dapat menghapus instalasi update dari Control Panel atau Settings. Ada berbagai cara untuk menghapus update Windows; yang termudah adalah dari aplikasi Settings.

Terkadang, pengguna mungkin menghadapi masalah saat mencopot instalasi update tertentu. Update tersebut dapat berupa patch keamanan, update fitur, atau apa pun; pengguna dapat menghadapi masalah saat mencopot pemasangannya.

Baru-baru ini, banyak pengguna Windows 10 dan 11 melaporkan error "Not All of the Updates Were Successfully Uninstalled"' saat menghapus instalasi update tertentu. Jika Anda melihat kesalahan ini, berarti penghapusan instalasi update telah gagal, dan Anda perlu menemukan & menghentikan masalah yang mencegah penghapusan instalasi tersebut.

Pada artikel ini, kita akan membahas beberapa metode yang akan membantu Anda memperbaiki pesan kesalahan 'Not All of the Updates Were Successfully Uninstalled' di Windows 10/11. 

Penyebab Error Not All of the Updates Were Successfully Uninstalled

Pesan kesalahan 'Not All of the Updates Were Successfully Uninstalled' biasanya muncul ketika proses tertentu mencegah proses penghapusan instalasi update. Bisa jadi malware, masalah dengan file instalasi, instalasi update yang salah, dll.

Jika Anda tidak dapat menghapus update Windows, Anda harus mencari cara lain untuk menghapusnya. Anda dapat mengambil bantuan PowerShell, Command Prompt, atau Reset Komponen update Windows untuk mengatasi pesan kesalahan ini.

Karena penyebab sebenarnya dari kesalahan tersebut masih belum diketahui, kita mengandalkan solusi umum untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Cara Mengatasi Error Not All of the Updates Were Successfully Uninstalled di Windows 11

Berikut adalah beberapa hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah penghapusan instalasi update Windows ini.

1. Gunakan PowerShell untuk Menghapus Instalasi update Windows

Jika Anda tidak dapat menghapus update Windows 11 tertentu, gunakan utilitas PowerShell. Inilah cara Anda dapat menggunakan PowerShell untuk menghapus update Windows 11.

1. Ketik PowerShell di Pencarian Windows. Klik kanan pada PowerShell & pilih Run as administrator.

2. Saat PowerShell terbuka, jalankan perintah ini:

wmic qfe list brief /format:table

3. Sekarang catat HotFixID (nomor KB) update Windows yang ingin Anda hapus instalasinya.

4. Sekarang jalankan perintah ini. Ganti 'number' dengan nomor KB yang Anda catat pada langkah sebelumnya.

wusa /uninstall /kb:number

5. Prompt Penginstal Mandiri update Windows akan muncul. Klik tombol Yes untuk melanjutkan.

Itu dia! Sekarang, tunggu beberapa menit hingga update dicopot pemasangannya di perangkat Anda. Setelah mencopot pemasangan, mulai ulang PC Windows Anda.

2. Gunakan alat DISM untuk Menghapus update Windows

Meskipun alat DISM terutama digunakan untuk memperbaiki file sistem yang rusak, alat ini dapat menghapus update yang tidak dapat dihapus, bahkan setelah beberapa kali mencoba.

Berikut cara menggunakan alat DISM di Windows untuk menghapus update Windows yang membandel.

1. Tekan tombol Windows + tombol S untuk membuka Pencarian Windows. Ketik Command Prompt, klik kanan pada aplikasi CMD dan pilih Run as administrator.

2. Saat Command Prompt terbuka, jalankan perintah ini:

DISM /Online /Get-Packages | clip

3. Sekarang buka Notepad dan tekan tombol CTRL + V. Ini akan menempelkan output dari perintah DISM.

4. Anda perlu mengidentifikasi paket update yang ingin Anda hapus instalasinya. Setelah diidentifikasi, salin value text di sebelah Package Identity.

5. Kembali ke Command Prompt dan jalankan perintah ini:

dism /Online /Remove-Package /PackageName:Package_ID

Penting: Ganti 'Package_ID' dengan value text yang Anda salin pada langkah sebelumnya.

Itu dia! Ini akan menghapus instalasi ID Paket dari komputer Anda. Pastikan untuk me-restart komputer Anda setelah proses selesai.

3. Reset Komponen update Windows

Seperti disebutkan di atas, masalah dengan Komponen update Windows sering kali menjadi alasan utama Windows gagal menghapus instalasi update. Jadi, yang terbaik adalah mengatur ulang Komponen update Windows untuk mengatasi masalah ini. Berikut cara mereset Komponen update Windows dengan langkah mudah.

1. Tekan tombol Tombol Windows + S pada keyboard Anda. Pada Pencarian Windows, ketik PowerShell, klik kanan pada aplikasi PowerShell & pilih Run as administrator.

2. Sekarang jalankan setiap perintah di bawah ini satu per satu.

net stop wuauserv

net stop cryptSvc

net stop bits

net stop msiserver

ren C:\Windows\SoftwareDistribution SoftwareDistribution.old

ren C:\Windows\System32\catroot2 catroot2.old

net start wuauserv

net start cryptSvc

net start bits

net start msiserver

Setelah menjalankan semua perintah ini, restart komputer Anda. Ini akan mengatur ulang Komponen update Windows.

4. Mulai ulang Windows Update Service

Banyak pengguna Windows 11 mengklaim dapat memperbaiki kesalahan 'Tidak semua update berhasil dihapus instalasinya' dengan memulai ulang layanan update Windows. Oleh karena itu, Anda dapat mencoba melakukannya juga. Inilah yang perlu Anda lakukan.

1. Ketik "service" pada Pencarian Windows 11. Selanjutnya, buka aplikasi service dari daftar hasil pencocokan terbaik.

2. Saat aplikasi Service terbuka, temukan layanan Windows Update.

3. Klik kanan pada Windows Update dan pilih Restart.

Itu dia! Pastikan untuk me-restart PC Windows 11 Anda setelah melakukan perubahan. Setelah restart, buka Settings> update Windows untuk memeriksa update yang tersedia.

5. Bersihkan Boot Windows

Clean Boot adalah fitur Windows yang memaksa sistem operasi untuk memulai hanya dengan program & proses penting. Melakukan Clean Boot mungkin akan menonaktifkan semua aplikasi & proses pihak ketiga.

1. Tekan tombol Tombol Windows + R pada keyboard Anda. Pada kotak dialog run, ketik msconfig.msc dan tekan Enter.

2. Pada Konfigurasi Sistem, alihkan ke tab Service.

3. Sekarang centang kotak Hide all Microsoft Services dan klik Disable All.

4. Sekarang buka Task Manager dan beralih ke Tab Startup. Di Startup, klik kanan pada semua aplikasi pihak ketiga dan pilih Disable.

Setelah melakukan perubahan, restart komputer Anda. PC Anda akan boot ke keadaan bersih tanpa aplikasi pihak ketiga. Anda dapat mencoba mencopot pemasangan update Windows.

Itulah panduan cara mengatasi error Not All of the Updates Were Successfully Uninstalled di Windows 11. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar