--> Skip to main content

Cara Mewarnai Tabel di Word dengan Cepat dan Mudah

Cara Mewarnai Tabel di Word dengan Cepat dan Mudah

Cara Mewarnai Tabel di Word dengan Cepat dan Mudah

Ada kah sebagian dari kamu yang belum tahu bagaimana cara membuat tampilan tabel yang menarik di Microsoft Word?

Pasti kamu bosan jika melihat tampilan tabel hanya berupa garis-garis dengan warna hitam putih. Nah, artikel ini akan membahas mengenai bagaimana cara mengubah warna atau tampilan dari tabel di Word.

Umumnya, cara mengubah warna tabel ini hampir sama di semua versi Word. Jadi, kamu tidak perlu khawatir jika versi yang kamu gunakan berbeda tahunnya dengan tutorial ini.

Contoh berikut ini adalah cara mewarnai tabel di Microsoft Word 2010 ini berlaku untuk hampir semua versi Microsoft Word.

Cara Mewarnai Tabel di Word

Berikut adalah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mewarnai tabel:

1. Buatlah dokumen baru di Microsoft Word

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat dokumen baru di Microsoft Word. Kamu bisa klik icon pada desktop, melalui Start, maupun melalui icon yang ada pada Taksbar.

Pilih New Blank Document untuk membuat halaman baru yang masih kosong.

Perhatikan juga cara mengatasi tampilan layar monitor tidak penuh atau full screen, untuk memudahkanmu dalam mengerjakan file Word.

2. Buat Tabel yang Ingin Diwarnai

Langkah kedua yang harus dilakukan yaitu membuat tabel sesuai dengan jumlah baris dan kolom yang diinginkan.

Buka Tab Insert kemudian pilih Table. Klik pada gambar yang menunjukkan jumlah baris dan kolom. Selain itu kamu juga bisa memasukkan jumlahnya secara manual menggunakan menu Insert Table.

Buat tabel yang akan diwarnai

3. Blok Tabel yang akan diwarnai

Jika kamu ingin mewarnai seluruh tabel, kamu bisa klik tanda plus (+) di bagian pojok kanan atas tabel tersebut. Namun, jika kamu hanya ingin mewarnai kolom atau baris tertentu, blok manual dengan klik dan drag sampai semua bagian berhasil di blok.

Blok tabel yang akan diwarnai

4. Mewarnai Tabel

Ada dua cara yang bisa digunakan untuk mewarnai tabel yaitu menggunakan Tab Table Design dan klik kanan table.

• Menggunakan Tab Table Design

Setelah tabel di blok, klik Tab Table Design. Kemudian pilih template warna yang sudah disediakan. Jika warna yang ditampilkan kurang banyak, kamu bisa klik panah ke bawah pada bagian Table Styles untuk melihat semua pilihan warna.

Mewarnai tabel menggunakan Table Styles

Table Styles umumnya menyediakan pilihan template dengan 2 sampai 3 warna dalam satu tabel yang disusun secara bergantian.

Jika kamu ingin mewarnai tabel menggunakan satu warna, kamu bisa memilih menu Shading dengan klik panah ke bawah, kemudian akan tampil pilihan warna yang bisa kamu gunakan.

Mewarnai tabel menggunakan Shading

• Menggunakan klik kanan Tabel

Cara ini hanya bisa digunakan jika kamu ingin mewarnai tabel menggunakan satu warna yang sama. Setelah tabel di blok, arahkan kursor berada di dalam tabel lalu klik kanan.

Pada bagian atas kursor akan terlihat beberapa pilihan menu untuk mengedit tabel. Klik pada menu Shading dengan bentuk icon seperti kaleng cat. Gunakan warna yang kamu inginkan.

Mewarnai tabel dengan klik kanan tabel

Selain mewarnai tabel, kamu juga bisa mempercantik tampilan data mu dengan mengatur warna huruf dan sel-sel tertentu.

• Mengubah Warna Huruf

Blok huruf atau kata yang akan kamu ubah warnanya. Kemudian pilih Tab Home, pada bagian Font kamu bisa memilih Font Color yaitu icon huruf A dengan garis berwarna merah di bawahnya.

Mengubah font color

• Memberi Efek Highlight pada Huruf

Highlight digunakan ketika kita ingin menonjolkan sebuah data penting pada tabel. Caranya hamper sama seperti mengubah warna huruf.

Blok kata yang ingin di highlight. Pilih Tab Home, kemudian klik menu Text Highlight Color yang berada di sebelah Font Color.

Klik panah ke bawah kemudian pilih warna yang kamu inginkan. Cara memberi highlight juga sama seperti mengubah warna huruf.

Memberi efek highlight pada huruf dalam tabel

Itulah cara mewarnai tabel di Word dengan mudah dan cepat yang bisa kamu gunakan untuk mempercantik tampilan tabel datamu.

Kombinasikan antara warna tabel, warna huruf, dan highlight agar tabel semakin eye catching.

Dalam mengisi tabel, ada beberapa simbol yang mungkin kamu butuhkan. Perhatikan juga cara mengetik simbol @ di keyboard laptop lenovo dengan cepat dan mudah.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar